Comscore Tracker

5 Jenis Kartu Kredit Mastercard, Pengguna Wajib Tahu! 

Jenis kartu ini tersedia di seluruh dunia

Jakarta, IDN Times - Selain kartu debit, orang-orang juga menggunakan kartu kredit sebagai sarana transaksi. Kartu kredit biasanya digunakan untuk membayar belanjaan, tagihan, cicilan barang, bahkan tarik tunai pada ATM. Hampir tidak jauh berbeda dengan kartu debit. Bedanya kartu kredit tidak perlu mengisi saldo. 

Di kalangan masyarakat, kartu kredit yang lumrah biasanya berlogo Visa atau Mastercard. Keduanya memiliki jenis masing-masing dan memberi keuntungan yang sama bagi para penggunanya. Pada Mastercard, jenis kartu kreditnya terbagi dalam list berikut ini.

1. Mastercard Classic

5 Jenis Kartu Kredit Mastercard, Pengguna Wajib Tahu! Ilustrasi kredit Mastercard (idownloadblog.com)

Jenis kartu kredit Mastercard yang pertama ini memiliki limit atau batas kredit yang cukup rendah, yaitu hanya berkisar Rp5 juta.

Jika kamu ingin memiliki kartu kredit jenis ini, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah nasabah harus berpenghasilan minimal sebesar UMR atau paling tidak 50 juta per tahun.

Baca Juga: 7 Perbedaan Kartu Debit dan Kredit, Jangan Salah Kaprah! 

2. Mastercard Gold

5 Jenis Kartu Kredit Mastercard, Pengguna Wajib Tahu! Ilustrasi kartu kredit (Pixabay.com)

Jenis Mastercard selanjutnya memiliki batas kredit hingga 100 juta. Dengan limit yang cukup tinggi, maka iuran per bulannya menjadi lebih tinggi.

Untuk memiliki kartu kredit ini, penghasilan yang dimiliki harus sama seperti nasabah Mastercard Classic atau minimal Rp50 juta per tahun.

3. Mastercard Platinum

5 Jenis Kartu Kredit Mastercard, Pengguna Wajib Tahu! Fitur debit online di aplikasi BCA Mobile (Dok. BCA)

Berbeda dari Classic dan Gold, kartu kredit Mastercard Platinum menyediakan fitur yang lebih banyak untuk dinikmati oleh para penggunannya.

Biasanya, jenis kartu kredit ini memiliki program poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah maupun program promo lainnya. Mastercard Platinum ini memiliki limit minimal 75 juta hingga tak terbatas.

Baca Juga: Tips Memilih Kartu Kredit Buat Kamu yang Punya Gaji Rp3 Jutaan

4. World Mastercard

5 Jenis Kartu Kredit Mastercard, Pengguna Wajib Tahu! Paul Felberbauer on Unsplash" target="_blank">Ilustrasi kartu kredit (Unsplash/@servesuspaul)

Jenis kartu kredit ini memiliki limit hingga 75 juta dan lebih dapat diterima di berbagai negara, sehingga bisa melakukan reservasi dan transaksi untuk banyak layanan.

Selain itu, nasabah juga akan mendapatkan layanan Identity Theft Resolution Service, yaitu layanan yang berguna untuk melindungi identitas. 

5. World Elite Mastercard

5 Jenis Kartu Kredit Mastercard, Pengguna Wajib Tahu! ilustrasi kartu kredit (IDN Times/Mela Hapsari)

Terakhir, World Elite Mastercard, merupakan jenis tertinggi dari semua kartu debit dan kredit Mastercard di Indonesia dan negara lainnya.

Dengan adanya kartu kredit ini, nasabah bisa memperoleh kemudahan, mulai dari reservasi hotel berbintang lima, bandara, restoran mewah, dan lain-lainnya. 

Baca Juga: Hore! Denda Telat Kartu Kredit Sampai Akhir Tahun Cuma 1 Persen 

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya