Comscore Tracker

5 Tips Berbisnis Frozen Food, Dijamin Laku! 

Usaha frozen food terus meningkat pesat

Jakarta, IDN Times - Bisnis frozen food merupakan salah satu ide usaha yang bisa dijadikan pilihan. Namun, dalam memulai bisnisnya, perlu adanya pengetahuan tersendiri bagaimana cara menjual dan prospek kedepannya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sejumlah tips yang perlu terapkan agar bisa sukses melakoni bisnis ini. Jadi, selain niat menjalankan bisnis, kamu akan mengetahui prospek dari bisnis frozen food itu sendiri. 

Beberapa tips ini juga bisa diterapkan pada model bisnis serupa dengan frozen food. 

Baca Juga: 7 Tips Berbisnis Frozen Food, Banyak Diburu Kala PPKM Darurat!

1. Bangun komitmen dan disiplin

5 Tips Berbisnis Frozen Food, Dijamin Laku! unsplash.com

Komitmen tentu sangat dibutuhkan dalam halnya berbisnis. Bagian dari komitmen, disiplin juga perlu terus ditanamkan, jika benar-benar ingin memulai bisnis ini. Tanpa adanya komitmen dan disiplin, maka bisnis akan sulit untuk berkembang sesuai harapan.

Komitmen dan disiplin tersebut bisa menjadi pegangan yang kuat agar rencana dan tujuan awal bisnis dapat berjalan sebagaimana mestinya. Komitmen ini juga perlu diseimbangkan dengan kesabaran dengan segala risiko bisnis yang akan dihadapi nantinya.

Baca Juga: 7 Tips Sukses dan Mujur Bisnis Frozen Food saat PPKM Darurat, Tokcer!

2. Tentukan modal awal

5 Tips Berbisnis Frozen Food, Dijamin Laku! Ilustrasi Modal. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ketika memutuskan ingin menjalankan bisnis atau reseller frozen food, tentunya membutuhkan modal awal terlebih dahulu, seperti menghitung kebutuhan apa saja yang diperlukan sejak awal memulai bisnis tersebut. Tentunya, jangan sampai ada yang terselip, bila perlu buat juga daftar rancangan belanjaan kebutuhan lainnya.

3. Tentukan jenis produk

5 Tips Berbisnis Frozen Food, Dijamin Laku! bukalapak.com/larizzoshop

Selanjutnya, kamu bisa menentukan jenis produk frozen food apa yang ingin dijual. Kamu dapat memilih produk dari olahan daging, ayam maupun produk praktis lainnya seperti kentang goreng food, bakso, nugget, sosis dan sebagainya. 

Jika kamu sudah menentukan jenis produknya, selanjutnya pastikan izin edar dari frozen food tersebut, baik produk tersebut berasal dari reseller ataupun hasil produksi sendiri. 

Baca Juga: BPOM Buka Suara soal Penjual Frozen Food Terancam Denda Rp4 Miliar

4. Siapkan perlengkapan operasional

5 Tips Berbisnis Frozen Food, Dijamin Laku! pinterest.com/packageinspiration

Jika produk dan modal sudah terkumpul, tips bisnis frozen food selanjutnya adalah menyiapkan perlengkapan operasional untuk kebutuhan penjualan. 

Jadi, selain membeli produk jualan, kamu juga perlu fokus untuk membeli berbagai perlengkapan operasional, seperti mesin pendingin guna menyimpan stok frozen food tersebut. Jika memang sangat dibutuhkan dikarenakan stok banyak, kamu bisa menginvestasikan anggaran dengan membeli mesin pendingin bagus.

Tidak hanya mesin pendingin, kamu juga mesti mengalokasikan anggaran kepada pengemasannya. Pengemasan yang baik, tentu akan mendukung kualitas produk frozen food tersebut. 

Baca Juga: 5 Tips Membuat Frozen Food, Tahan Lama dan Tetap Enak

5. Lakukan penjualan lewat online atau offline

5 Tips Berbisnis Frozen Food, Dijamin Laku! Ilustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Kini, dengan melakukan penjualan via toko online, seperti marketplace yang tersebar di Indonesia, maka jangkauan pasar akan kian meluas dan tentunya bisa menambah keuntungan penjualan. 

Namun, jika kamu ingin mengekspansinya kepada toko offline juga tidak menjadi masalah, akan tetapi pastikan untuk memilih lokasi yang strategis. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan acara tertentu yang menyediakan tempat untuk berjualan makanan. 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya