Comscore Tracker

Daftar Pinjaman Online Syariah, Ini yang Sesuai Prinsip Islam!

Pinjaman online syariah dapat menghindari riba

Jakarta, IDN Times - Bukan hal yang asing lagi dikalangan umat Islam bahwa praktik pinjam meminjam dengan bunga secara jelas dan tegas tidak dianjurkan dalam ajaran Islam. Pinjam meminjam tersebut dapat menimbulkan riba atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari pinjaman pokok.

Di era serba mudah ini, perusahaan perbankan maupun fintech melakukan inovasi dengan memperluas layanan dan produk ke ranah syariah. Hal ini dilakukan mengingat produk dan layanan syariah penting keberadaannya. Salah satu produk yang sering ditawarkan adalah produk pinjaman. 

Bagi perbankan, produk dan layanan pinjam meminjam sudah tidak jarang ditemukan, baik dengan prinsip syariah atau konvensional. Namun, bagi perusahaan fintech, yang lebih sering melayani secara online, pinjaman seringnya ditawarkan dengan prinsip konvensional dan jarang yang berbasis syariah. Hanya beberapa perusahaan fintech yang menawarkan produk dengan prinsip syariah. 

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan pinjaman online dengan basis syariah. Berikut ini beberapa perusahaan fintech dengan prinsip syariah yang telah berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga: Mengenal P2P Lending Syariah, Pinjaman Online Halal Tanpa Riba

1. Investree

Daftar Pinjaman Online Syariah, Ini yang Sesuai Prinsip Islam!Investree

Investree adalah salah satu fintech yang menawarkan produk pinjaman syariah. Perusahaan fintech yang berperan sebagai online marketplace pinjaman ini menghubungkan pencari dan pemberi pinjaman bertemu. Investree juga telah memperoleh izin dari OJK.

Selain menawarkan pinjaman konvensional, fintech ini juga memberikan layanan syariah, yaitu Pembiayaan Usaha Syariah dan Online Seller Financing Syariah. Kedua layanan inilah yang bisa menjadi pilihan pinjaman syariah online.

2. Ammana

Daftar Pinjaman Online Syariah, Ini yang Sesuai Prinsip Islam!Ammana

Fintech kedua, Ammana, merupakan fintech online pertama di Indonesia yang menawarkan pinjaman syariah tanpa agunan dan mudah dalam pencairannya. Ammana telah memperoleh izin dari OJK sejak akhir tahun 2020 lalu.

Sistem pembiayaan yang dilakukan Ammana terbilang cukup aman untuk pencari maupun pemberi pinjaman karena setiap calon peminjam harus terlebih dahulu menjadi anggota mitra keuangan syariah yang telah memiliki kerjasama dengan Ammana.

Baca Juga: 5 Tips Cegah Utang Pinjaman Online Tak Membengkak

3. Berkah Finteck Syariah

Daftar Pinjaman Online Syariah, Ini yang Sesuai Prinsip Islam!Berkah Finteck Syariah

Pinjaman online P2P lending ini telah memperoleh izin dari OJK untuk beroperasi sebagai fintech syariah dengan sistem pembiayaan sesuai syariat Islam utamanya akad Murabahah, Ijarah Multijasa, dan Ijarah Muntahiya bitTamlik (IMBT). 

Sebagai perusahaan jasa keuangan nonbank, Berkah Finteck Syariah cukup menarik karena perusahaan ini secara transparan menampilkan legalitasnya di website resmi.

4. Papitupi Syariah

Daftar Pinjaman Online Syariah, Ini yang Sesuai Prinsip Islam!Papitupi

Platform fintech PT Piranti Alphabet Perkasa ini secara resmi mengantongi surat tanda terdaftar OJK sejak 2020 lalu.

Papitupi Syariah menawarkan dua produk pinjaman yang bernama Papifund dan Papiplafond yang pembiayaannya dilakukan dengan perjanjian sesuai syariat Islam sehingga aman dan tanpa riba.

5. Qazwa

Daftar Pinjaman Online Syariah, Ini yang Sesuai Prinsip Islam!Qazwa

Fintech P2P syariah selanjutnya adalah Qazwa oleh PT Qazwa Mitra Hasanah yang beroperasi dengan cara mempertemukan investor dengan pencari pinjaman online tanpa riba. Pembiayaan Qazwa secara khusus diberlakukan hanya bagi UMKM dengan bisnis yang bergerak di berbagai sektor. Mulai dari peternakan, produksi, perdagangan, perkebunan, dan lainnya.

Karena pinjaman online ini dengan sistem syariah, usaha yang menjadi objek terdanai harus memenuhi kriteria sesuai syariat. Qazwa telah terdaftar di OJK sejak 2019 silam. Sayangnya, saat ini pembiayaan Qazwa baru bisa diajukan oleh pelaku UMKM di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi saja. 

6. BSalam

Daftar Pinjaman Online Syariah, Ini yang Sesuai Prinsip Islam!BSalam

Bsalam diselenggarakan oleh PT Maslahat Indonesia Mandiri dan sudah resmi memperoleh tanda terdaftar dari OJK. Bsamal diperuntukan khusus untuk mempertemukan investor dan penyelenggara ibadah Umroh yang membutuhkan pinjaman online.

Tidak jarang, perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU), perusahaan jasa dengan modal besar, mencari dana talangan untuk modal kerja khususnya biaya tiket dan akomodasi sebelum anggotanya melunasi biaya. Disinilah Bsalam dapat berperan sebagai peminjam dana.

7. Duha Madani Syariah

Daftar Pinjaman Online Syariah, Ini yang Sesuai Prinsip Islam!Duha Madani

Bagi kamu yang lebih tertarik untuk peminjaman lewat aplikasi online, PT. Duha Madani Syariah bisa menjadi solusi. Dengan ini, pencari pinjaman dapat mengajukan pembiayaan syariah dengan mudah. Duha Madani Syariah juga berada di bawah pengawasan OJK sehingga transaksinya aman dilakukan.

Berbeda dengan kebanyakan fintech syariah lainnya, Duha Syariah menawarkan dua produk pinjaman online, yakni pembiayaan konsumtif dan pembiayaan umrah serta wisata halal.

Baca Juga: Minta Maaf atas Teror Debt Collector, Kredivo Janji Perbaiki Layanan

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya