Comscore Tracker

Ini 8 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengatur Keuangan dengan Baik

Kaya bukanlah tujuan utamanya

Percaya atau tidak, kondisi keuanganmu saat ini adalah cerminan dari cara kamu mengelola pemasukan dan pengeluaran bulanan. Jika kamu mampu mengelola dengan baik, niscaya kamu juga akan sejahtera.  

Dilansir dari Insider dan Lifehack, jika kamu mengalami 8 hal berikut ini, artinya kamu patut berbangga karena pengelolaan keuanganmu sudah berhasil.

1. Kamu tahu seberapa yang kamu hasilkan, yang kamu keluarkan, dan juga yang kamu pinjam

Ini 8 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengatur Keuangan dengan BaikUnsplash.com/ rupixen.com

Pengelolaan umum keuangan adalah seputar pengetahuan tentang uang yang berputar di kehidupanmu. Artinya, kamu tahu berapa nominal yang kamu hasilkan sebulan, bisa juga merinci jumlah-jumlah pengeluaran umum untuk memenuhi kebutuhan, serta terakhir, memiliki kemampuan yang baik untuk membayar yang kamu pinjam.

2. Punya cukup dana untuk membayar tagihan bulanan

Ini 8 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengatur Keuangan dengan BaikUnsplash.com/ Sharon McCutcheon

Mampu memenuhi kebutuhan bulananmu secara mandiri sudah menjadi tanda awal dari pengelolaan keuangan yang baik. Artinya, dengan berada di tahap ini, kamu sudah memiliki penghasilan yang cukup untuk sekadar memenuhi kebutuhan pribadi.

Selain itu, kamu juga sudah mampu mengalokasikan danamu dengan baik sehingga tidak ada tunggakan untuk dibayar bulan depan. Poin ini juga mencangkup utang atau kewajiban pada pihak lain.

Tidak memiliki utang bukanlah tanda mutlak yang mendandakan bahwa pengelolaan keuanganmu sudah baik. Dalam beberapa kasus, utang tersebut malah bagus untuk keuangan di masa depan.

Asalkan, kamu mampu untuk memenuhi kewajiban saat jatuh tempo tanpa menimbulkan utang lain.

3. Tidak stres di akhir bulanan

Ini 8 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengatur Keuangan dengan BaikUnsplash.com/Nik Shuliahin

Jika stres melanda di akhir bulan dan kamu mati-matian menunggu gaji, ada kemungkinan bahwa kamu tidak mampu mengelola keuangan dengan baik.

Sebaliknya, jika kamu tidak mencemaskan isi dompet  karena yakin masih punya cukup simpanan hingga hari gajian tiba, maka berbanggalah karena artinya, kamu mampu mengatur pengeluaranmu agar tidak melebihi yang seharusnya.

4. Punya perencanaan dan juga catatan untuk pengeluaran-pengeluaran rutin

Ini 8 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengatur Keuangan dengan BaikUnsplash.com/ Scott Graham

Tahu seberapa banyak uang dihasilkan, sadar pula seberapa banyak uang yang dibelanjakan. Dengan menyusun perencanaan untuk pengeluaran rutin, kamu akan bisa mengalokasikan dana dengan lebih baik.

Artinya, kamu memiliki pencatatan keuangan yang bagus sehingga tahu ke mana saja arah uangmu. Catatan keuangan sangat bermanfaat untuk menelusuri bidang-bidang mana saja yang mendominasi pengeluaranmu.

Artinya, dengan tahu pengeluaranmu lebih detail, kamu bisa membuat keputusan yang tepat di masa depan.

Baca Juga: Begini Cara Ampuh Atur Keuangan saat Ramadan di Tengah COVID-19

5. Punya prioritas keuangan

Ini 8 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengatur Keuangan dengan BaikUnsplash.com/Adeolu Eletu

Meski banyak diskon, tetapi kamu tidak tergoda karena sedang mengumpulkan uang demi membeli atau membayar sesuatu yang lebih penting. Artinya, kamu tahu prioritas yang harus kamu utamakan dalam keuangan dan tidak mengorbankannya demi nafsu belanja semata.

6. Kamu bisa menabung setiap bulan

Ini 8 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengatur Keuangan dengan BaikUnsplash.com/ Annie Spratt

Menabung bukan hanya soal nominal, tetapi tentang seberapa berhasil kamu menyisihkan pendapatan setiap bulannya untuk masa depan. Meski menyisakan sepuluh ribu rupiah itu juga bisa disebut menabung, anehnya tidak semua orang bisa melakukannya, salahnya di mana? Apakah di penghasilan yang kecil?

Meski kurangnya penghasilan juga menjadi salah satu faktor, tetapi sebagian besar orang yang tidak bisa menabung disebabkan oleh ketidakmampuan mengatur pengeluaran.

7. Punya dana darurat

Ini 8 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengatur Keuangan dengan BaikUnsplash.com/William Iven

Apa sih beda dana darurat dengan tabungan?

Tabungan  merupakan simpanan masa depan yang memiliki tujuan spesifik, entah itu untuk pembelian rumah, pernikahan, biaya sekolah, atau yang lain. Sementara dana darurat, biasanya dialokasikan khusus untuk kondisi genting seperti kehilangan pekerjaan atau masa pandemi seperti sekarang.

Pada beberapa orang, tabungan juga berlaku sebagai dana darurat. Akan tetapi, jika kamu sudah bisa membedakan fungsi tabungan dan juga dana darurat atau malah sudah mempersiapkan keduanya, artinya kamu sudah memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Siapkan uang setidaknya enam kali jumlah pengeluaranmu sebulan untuk kondisi-kondisi yang tidak diprediksi.

8. Bisa membeli sesuatu yang kamu inginkan

Ini 8 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengatur Keuangan dengan BaikUnsplash.com/ Pablo Merchán Montes

Baca Juga: 5 Cara Atur Gaji Selama Pandemik, Hitung Kembali Pengeluaran Bulanan

Jika kamu bisa berbelanja sepatu tanpa harus menabung atau bisa makan malam di restoran mewah tanpa khawatir akan isi dompet, maka mungkin kamu tidak terlalu buruk dalam menghemat uang. Artinya, kamu memiliki persediaan uang yang cukup untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Yah, hidup seperti sultan bukanlah dominasi orang kaya. Kamu juga bisa melakukannya asalkan tahu cara mengelola uang dengan baik.

Nah, itulah delapan tanda bahwa kamu sudah melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Kira-kira, dari delapan poin di atas, kamu sudah sampai tahap mana saja, nih?

Suarcani Photo Verified Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya