Comscore Tracker

Hati-hati! 7 Kebiasaan Kecil Ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Tambah Boros

Bad money habit yang bisa ganggu kesehatan dompet, nih!

Berhemat merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan keuangan. Tidak hanya dalam kondisi krisis seperti sekarang ini, berhemat sangat dianjurkan dalam kehidupan normal. Semakin dibiasakan, maka memanfaatkan uang sebaik mungkin akan sangat bagus untuk kondisi keuangan kamu di masa depan.

Akan tetapi, ada beberapa kebiasaan yang tanpa sadar malah menghabiskan lebih banyak tanpa kamu sadari. Kebiasaan-kebiasaan ini disebut bad money habit dan bisa saja menghancurkan keuanganmu secara perlahan. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Melewatkan sarapan di rumah

Hati-hati! 7 Kebiasaan Kecil Ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Tambah BorosUnsplash.com/Sander Dalhuisen

Apa kamu terburu-buru sehingga melewatkan sarapan di rumah dan akhirnya membeli makan di jalan? Hal ini mungkin terasa lebih praktis karena bisa mengirit waktu, tetapi apa kabar dengan dompetmu?

Anggap saja biaya untuk sarapan di luar per hari adalah Rp10 ribu dan kamu melewatkan sarapan di rumah setidaknya tiga kali seminggu, maka dalam sebulan, dipastikan Rp120 ribu melayang. Nilai segitu bisa kamu untuk biaya dapur selama beberapa hari.

2. Membeli kopi di kafe

Hati-hati! 7 Kebiasaan Kecil Ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Tambah BorosUnsplash.com/Ben White

Tidak seperti teh, kopi yang enak memang sukar dibuat sendiri. Karena itu, tidak sedikit orang yang memilih untuk mampir ke kafe. Padahal, harga untuk segelas kopi di kafe populer minimal Rp25 ribu dan di kafe-kafe lokal sekitar Rp15 ribu.

Anggap saja kamu membeli kopi minimal 3 kali seminggu, maka uang yang kamu habiskan tersebut lebih dari Rp2 juta selama setahun.

Jika kamu mau sedikit berhemat, kamu bisa membuat kopi sendiri. Meski rasanya tidak seenak jika kamu membeli di kafe, setidaknya mampu memuaskan keinginan kamu untuk menikmati kopi. Tetapi sekali lagi, semua kembali pada prioritasmu, sih. Apa hendak berhemat, atau memenuhi keinginan.

Baca Juga: 8 Tips Sederhana Mencegah Perilaku Boros, Saatnya Berhemat!

3. Menyimpan data kartu kredit di toko online

Hati-hati! 7 Kebiasaan Kecil Ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Tambah BorosUnsplash.com/rupixen.com

Belakangan, banyak toko daring yang memberi kemudahan bagi pelanggan dalam bertransaksi salah satunya adalah dengan menggunakan kartu kredit. Sekali data kamu tersimpan, maka transaksi selanjutnya akan sangat mudah, terlalu mudah sehingga membuat kamu terlena.

Kelemahan bertransaksi dengan uang tunai adalah adanya jeda waktu antara transaksi serta pembayaran. Dalam jeda tersebut, rasa ragu atau pertimbangan bisa saja muncul, membuat kamu membatalkan transaksi. Nah, jeda tersebutlah yang berusaha dihapus toko online yang menyediakan penyimpanan data kartu kredit.

Selain untuk alasan keamanan, maka solusi terbaik adalah dengan menghapus semua detail kartu kredit di akun toko online. Kamu akan dipaksa menginput ulang data setiap ada transaksi. Ini akan memberi kamu lebih banyak waktu untuk merenungkan pembelian dan memutuskan apakah benar-benar membutuhkan barang yang hendak dibeli.

4. Berlangganan layanan online

Hati-hati! 7 Kebiasaan Kecil Ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Tambah BorosUnsplash.com/Austin Distel

Netflix, Spotify Premium, VIU,  dan layanan-layanan daring lain memang sangat menggoda untuk mengusir jenuh selama di rumah saja. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk berlangganan, apakah kamu sudah menghitung ulang jumlah kocek yang harus kamu keluarkan demi kenyamanan tersebut?

Meski berguna, tetapi biaya tahunan untuk langganan layanan seperti ini cukup menguras dana. Terlebih, untuk mengakses, kamu juga butuh layanan data tambahan dan syukur-syukur layanan tersebut kamu manfaatkan dengan baik.

Solusinya adalah pastikan hanya membeli layanan yang memang dibutuhkan dan pantau jumlah pemakaian, apakah sebanding dengan uang yang kamu bayarkan atau tidak.

5. Last minute shopping

Hati-hati! 7 Kebiasaan Kecil Ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Tambah BorosUnsplash.com/freestocks

Melihat dress lucu dan akhirnya impulsif melakukan check out? Yah, tidak bisa dielakkan lagi jika industri fashion yang modern dan juga cepat juga mendorong kamu untuk melakukan pembelian secara impulsif. Kamu bisa membeli pakaian di mana saja dengan harga terjangkau, padahal belum tentu kamu membutuhkannya.

Pembelian pakaian secara impulsif (dan bahkan seringnya tidak terpakai) seperti ini memang kebanyakan dilakukan oleh wanita. Nah, mungkin mulai sekarang kamu harus mulai menahan diri untuk membuka butik online jika tidak ingin keuanganmu kacau.

6. Berburu produk kecantikan musiman

Hati-hati! 7 Kebiasaan Kecil Ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Tambah BorosUnsplash.com/Blake Wisz

Salah satu godaan kaum hawa adalah produk kecantikan musiman yang seringkali dikeluarkan oleh sebuah merk. Entah itu kutek dengan warna menarik atau skin care yang promonya gila-gilaan padahal setelah dibeli, jarang kita pakai.

Yah, itulah wanita, kadang rela puasa asalkan bisa membeli skin care yang diinginkan. Akan tetapi, tetaplah cerdas karena akan selalu ada produk musiman yang promosinya luar biasa dan mampu menarik minatmu.

Jika skin care yang sekarang sudah membuat kulit kamu glowing, buat apa berburu diskonan produk lain lagi?

Ingat kantong!

7. Lupa mengatur batas maksimal pemakaian data selular

Hati-hati! 7 Kebiasaan Kecil Ini Tanpa Sadar Bikin Kamu Tambah BorosUnsplash.com/Austin Distel

Browsing resep kue favorit atau foto kece idola kadang membuat lupa waktu. Ditambah bermain media sosial yang berisikan banyak video-video lucu. Awas, jika kamu tidak mengatur batas maksimal pemakaian data seluler, kamu bisa kehabisan kuota di tengah bulan. Akibatnya, kamu harus mengisi ulang kartu telekomunikasi kamu dan itu artinya, pengeluaran tambahan.

Setiap Smartphone biasanya dilengkapi dengan fitur pembatasan pemakaian data seluler. Memanfaatkan fitur ini bisa membuat kamu mengatur pemakaian Internet agar tidak melewati batas kuota yang kamu punya.

Nah, itulah beberapa kebiasaan kecil yang tanpa sadar bisa membuat kamu tambah boros. Cobalah cek poin-poin mana yang sering kamu alami dan bulan depan, kamu bisa mengatur ulang dan memastikan bagian itu tidak membuat kamu boros lagi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Mengelola Keuangan, Jangan Tunda

Suarcani Photo Verified Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya