Comscore Tracker

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Banyak Orang Susah Menabung

Apakah kamu juga sedang kesulitan menabung?

Menabung adalah kegiatan di mana kita menyisihkan sebagian dari uang yang kita miliki sebagai bentuk cadangan atau simpanan untuk hal lain yang kita butuhkan. Fungsi dan manfaat menabung tentunya sangat banyak, bahkan tanpa perlu dijelaskan, orang-orang sudah pasti tahu akan fungsi dan manfaat menabung.

Meskipun begitu, ternyata masih ada banyak orang di luaran sana yang masih kesulitan untuk menabung lho. Alasannya pun juga beragam. Nah, kira-kira apa saja ya alasan yang membuat orang kesulitan menabung?

1. Sulit menahan godaan untuk jajan

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Banyak Orang Susah MenabungPixabay.com/gonghuimin468

Hidup di zaman serba ada membuat keinginan seseorang menjadi beragam dan tidak pernah habis. Terlebih dengan segala kemudahan untuk memperoleh keinginannya tersebut membuat orang-orang semakin sulit untuk menahan godaan untuk tidak membeli sesuatu, entah itu memang dibutuhkan atau tidak. Alhasil uang bulanan selalu habis tak tersisa sehingga tidak dapat menabung.

Buat kamu yang terlalu sering menghabiskan uang untuk jajan, sebaiknya sedikit dikurangi agar kamu tidak kehabisan uang supaya ke depannya bisa menabung, ya!

2. Hanya berusaha menyisakan, bukan menyisihkan

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Banyak Orang Susah MenabungPixabay.com/stevepb

Jika masih berorientasi pada menyisakan uang jajan, berapapun jumlahnya, maka bisa jadi kesulitan untuk menabung akan terasa. Hal ini disebabkan karena metode menyisakan menghasilkan sesuatu yang tidak pasti. Kadang ada dan kadang tidak ada.

Sebaiknya, buat kamu yang masih menggunakan metode ini, mulai mencoba metode menyisihkan. Artinya, kamu sudah memiliki jumlah yang pasti untuk tabunganmu di setiap bulannya. Misalnya dengan uang sebanyak satu juta dalam sebulan, maka kamu bisa menyisihkan total 20% dari uang bulananmu tersebut. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi pada tabunganmu tiap bulannya.

Baca Juga: 5 Cara Supaya Bisa Menabung Setengah Gaji Sekaligus, Penasaran?

3. Khawatir kekurangan uang bulanan

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Banyak Orang Susah MenabungPixabay.com/Chronomarchie

Yang satu ini biasanya banyak menimpa orang-orang yang tidak terlalu pandai mengatur pengeluaran bulanannya.

Khawatir kekurangan uang berarti dia masih belum bisa mengontrol dirinya sendiri. Memang, bisa saja dia berhemat pada satu waktu. Akan tetapi, dia juga bisa menjadi boros pada hari lain. Inilah yang menyebabkan orang tersebut menjadi cenderung enggan untuk menabung.

4. Belum memiliki penghasilan

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Banyak Orang Susah MenabungPixabay.com/joelfotos

Salah satu kesalahan yang masih saja dilakukan berbagai kalangan adalah baru akan mencoba menabung setelah memiliki penghasilan sendiri. Hal tersebut kemudian membuat mereka merasa enggan menabung ketika diberikan uang jajan, entah dari orang tua maupun kerabat.

Padahal pandangan ini justru keliru, lho. Ada baiknya untuk kamu yang masih berpandangan seperti ini agar segera berubah.

Mulai menabung sedini justru malah akan membantu dalam mengatur uang di masa depan. Jadi, mulailah menabung dari uang jajan yang diberikan kepadamu, ya!

5. Tidak punya target untuk dicapai lewat tabungan

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Banyak Orang Susah MenabungPixabay.com/TeroVesalainen

Buat anak sekolahan atau kuliahan, menabung selalu menjadi solusi untuk memenuhi keinginan mereka pada sesuatu. Ketika mereka menentukan tujuan dalam menabung, mereka akan rela mengurangi segala kebutuhannya demi dapat menabung untuk tujuannya itu.

Nah, buat orang yang sudah bergaji, bisa saja kesulitan dalam menabung terjadi karena tidak memiliki tujuan tertentu yang spesifik. Buat kamu yang juga seperti itu, lebih baik cepat-cepat mencari tujuan untuk menabung deh.

Itu dia 5 alasan yang dapat membuat seseorang menjadi susah menabung. Apakah kamu mengalami hal yang sama? Jika ya, segera ubah ya agar kamu segera memiliki jumlah tabungan yang memadai.

Baca Juga: 3 Zodiak yang Akan Dapat Kejutan Besar di 2020, Keuangan, Karir, Cinta

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Animal Lovers and Smartphone Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya