Comscore Tracker

Kamu Gamer yang Susah Menabung? Yuk, Lakukan 5 Tips Ini!

Supaya kamu bisa tetap main game sambil menabung

Memiliki hobi merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan. Akan tetapi, tak jarang hobi tersebut menguras banyak waktu, tenaga, bahkan uang. Nah, di antara banyak hobi yang ada, salah satu hobi yang dapat menguras uang cukup besar ialah bermain game.

Meskipun hobi yang satu ini termasuk hobi yang mahal, bukan berarti hanya jutawan yang bisa menjalani hobi ini. Menabung merupakan salah satu cara paling efektif bagi seorang gamer untuk memenuhi hasratnya. Namun, ternyata masih banyak gamer yang kesulitan untuk menabung, lho. Kamu salah satunya? Kalau ya, kita simak artikel berikut ini, yuk!

1. Cari dan susun target utama sebagai alasan kamu menabung

Kamu Gamer yang Susah Menabung? Yuk, Lakukan 5 Tips Ini!Pixabay.com/StartupStockPhotos

Kesulitan seorang gamer untuk menabung kadang terjadi karena mereka tidak punya target yang ingin dicapai. Kadang, muncul rasa malas untuk menyisihkan uang saku dan cenderung menjadi boros.

Jika itu masalah yang juga kamu alami, coba cari target utama agar kamu bisa semangat untuk menabung. Bayangkan saja, misalnya, kamu mulai menabung karena ingin merakit PC gaming dengan spesifikasi tertinggi atau ingin membeli game item termahal. Dijamin, jika kamu memiliki target yang dapat memotivasi dirimu seperti ini, keinginan untuk menabung pasti akan tumbuh.

2. Jika ingin membeli kebutuhan game, tentukan kapan dan berapa jumlah yang harus dikeluarkan

Kamu Gamer yang Susah Menabung? Yuk, Lakukan 5 Tips Ini!Unsplash.com/Sharon McCutcheon

Selanjutnya, jika sudah mulai menabung, biasanya masalah bagi seorang gamer ialah tabungannya yang sering ludes karena tidak bisa mengontrol pengeluarannya karena kebutuhan game.

Kalau sudah begitu, cara yang bisa kamu lakukan ialah membuat jadwal dan jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk membeli kebutuhan gaming.

Salah satu contohnya, kamu boleh menentukan untuk membeli segala kebutuhan gaming pada tiap awal bulan dengan besaran Rp100 ribu. Dengan begitu, tabunganmu tentu akan lebih tertata pengeluarannya. Kamu pun bisa tau ke mana larinya uang tabunganmu.

3. Pisahkan tabungan untuk kebutuhan game dengan tabungan untuk hal lain

Kamu Gamer yang Susah Menabung? Yuk, Lakukan 5 Tips Ini!Pixabay.com/wafr

Jika tabungan masih saja habis untuk membeli kebutuhan gaming, tetapi masih membutuhkannya untuk hal lain, cara yang bisa kamu lakukan ialah memisahkan tabungan untuk game dengan tabungan untuk kebutuhan lain.

Kamu bisa membagi jumlah tabungan yang kamu sisihkan tiap harinya. Jika dalam sehari kamu biasa menabung Rp50 ribu untuk seluruh tabungan, kamu bisa membaginya menjadi 25 ribu untuk kebutuhan gaming dan 25 ribu sisanya untuk kebutuhan lainnya. Dengan begitu, kamu sudah pasti tidak akan mengusik tabungan selain tabungan gaming.

4. Jangan langsung dihabiskan semua, cicil barang kebutuhan gaming kamu agar tabungan tidak langsung habis

Kamu Gamer yang Susah Menabung? Yuk, Lakukan 5 Tips Ini!Pixabay.com/schuldnerhilfe

Kalau kamu sudah mulai bisa rutin menabung, tantangan berikutnya ialah mencoba untuk tidak boros. Hal tersebut penting agar semangat menabungmu tidak hilang di tengah jalan.

Jika memang ingin melengkapi peralatan gaming atau membeli item yang membutuhkan biaya besar, jangan pakai semua tabunganmu jika jumlahnya pas-pasan. Cicil semuanya dimulai dari yang paling mudah diperoleh hingga nanti yang paling sulit. Dengan begitu, jumlah tabunganmu akan tersisa dan tidak akan langsung ludes pada pembelian pertama.

5. Jangan hanya mengandalkan uang saku, carilah sumber pendapatan yang lain!

Kamu Gamer yang Susah Menabung? Yuk, Lakukan 5 Tips Ini!Outletuggsale.com

Jika masalahmu ialah jumlah uang yang ditabung tiap harinya relatif kecil, kamu bisa memikirkan cara lain untuk mendapatkan uang selain uang saku.

Kalau kamu punya keahlian tertentu, coba gunakan keahlian tersebut untuk memperoleh uang, misalnya kamu memiliki keahlian untuk membuat konten gaming. Kamu bisa membuat konten dan menyebarkannya secara luas agar kamu bisa memperoleh uang lebih untuk menabung.

Nah, itu dia lima tips yang bisa seorang gamer terapkan untuk menabung. Dijamin deh, kalau kamu benar-benar menerapkan kelima hal di atas, tabunganmu tidak akan ludes setiap kali kamu ingin membeli peralatan game. Selamat menabung, ya!

Baca Juga: 5 Cara Supaya Bisa Menabung Setengah Gaji Sekaligus, Penasaran?

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Dreamer with unrealistic mind

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya