Comscore Tracker

Anti Foya-foya, 5 Alasan Kamu Harus Menabung Sejak Gaji Pertama

Jangan langsung dihabiskan untuk kesenangan pribadi, ya!

Bekerja lalu mendapatkan gaji merupakan impian semua orang. Memiliki jabatan bagus di kantor dengan gaji yang tinggi tentu tidak mudah didapatkan begitu saja. Kamu harus melalui banyak proses selama beberapa tahun demi mengejar karier yang cemerlang untuk masa depanmu.

Kebanyakan orang akan tergoda untuk menggunakan gaji demi memenuhi keinginan pribadi seperti membeli barang yang sejak lama diidamkan.

Tetapi sebenarnya ada keuntungan lebih yang bisa kamu dapat jika mau sedikit bersabar dan menabung penghasilan yang kamu dapat dari hasil kerjamu. Berikut ulasannya.

1. Biar bisa membeli barang yang benar-benar berguna di masa depanmu

Anti Foya-foya, 5 Alasan Kamu Harus Menabung Sejak Gaji PertamaPexels/E Photos

Dalam hidup, kamu harus memiliki target realistis yang ingin kamu capai. Misalnya ingin membeli rumah serta mobil pribadi setelah 5 tahun bekerja.

Tentu untuk mewujudkannya, kamu perlu memiliki banyak uang. Daripada kamu pergunakan uangmu untuk foya-foya, lebih baik menabung supaya uang yang terkumpul bisa segera digunakan untuk DP rumah atau mobil.

2. Punya tabungan banyak ketika menikah dan membina keluarga

Anti Foya-foya, 5 Alasan Kamu Harus Menabung Sejak Gaji PertamaPexels/Alexander Mila

Ini merupakan poin plus buat kamu jika ketika akan menikah kamu sudah memiliki banyak tabungan dari hasil jerih payahmu sendiri. Tabunganmu bisa kamu pergunakan untuk mewujudkan pernikahan impianmu, atau pergi ke tempat bulan madu yang kamu inginkan. Tentu gak enak banget kan kalau harus pinjam orang tua untuk bersenang-senang dengan pasanganmu kelak?

Baca Juga: 5 Peristiwa Ini Bisa Menimpa Kamu, Bila Tidak Menabung!

3. Persiapkan sedini mungkin anggaran untuk pendidikan anak-anakmu

Anti Foya-foya, 5 Alasan Kamu Harus Menabung Sejak Gaji PertamaPexels/Artem Beliaikim

Setelah berkeluarga, kamu dituntut untuk memenuhi semua kebutuhan secara mandiri dengan pasanganmu tanpa meminta bantuan kepada orang tua lagi. Di tengah era serba modern ini, tentu kamu ingin mempersiapkan anakmu untuk bisa menjadi orang yang sukses dan berpendidikan tinggi.

Oleh karena itu, mempunyai uang dan dana deposito yang khusus untuk pendidikan anakmu sepertinya merupakan ide bagus. Alih-alih uangmu hilang untuk hal yang gak penting, lebih baik kamu tabung demi masa depan anakmu kelak!

4. Membeli barang nggak penting hanya akan membuat uangmu hilang sia-sia

Anti Foya-foya, 5 Alasan Kamu Harus Menabung Sejak Gaji PertamaPexels/Pixabay

Kamu harus punya skala prioritas dalam hidup. Mana barang yang benar-benar kamu butuhkan, mana barang yang cuma sebatas keinginanmu. Misalnya kamu ingin membeli handphone merk terbaru yang berharga mahal.

Daripada menghabiskan banyak uang untuk memenuhi keinginanmu tersebut, lebih baik menggunakan handphone yang ada saja atau membeli handphone yang lebih murah. Sisa uangnya bisa kamu tabung untuk kebutuhan yang benar-benar penting.

5. Punya tabungan membuat hidupmu tenang karena bisa digunakan di saat darurat

Anti Foya-foya, 5 Alasan Kamu Harus Menabung Sejak Gaji PertamaPexels/Maitree Rimthong

Tidak selamanya badan kamu sehat, ada kalanya kamu akan sakit dan mungkin membutuhkan perawatan. Ketika saat genting seperti ini, kamu akan lebih tenang karena ada dana yang bisa kamu pergunakan. Tentu tidak enak bila kamu sudah bekerja tetapi masih meminjam uang kepada orang tua atau saudaramu.

Itulah 5 keuntungan kamu harus berhemat dan menabung sejak awal bekerja. Yuk, mulai menabung demi masa depanmu yang cerah!

Baca Juga: Pecah Gajimu Jadi 7 Bagian Agar Bisa Nabung Banyak Tiap Bulan

Afanin Photo Verified Writer Afanin

Family. Home. Pray.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You