Comscore Tracker

Gaji Kamu Dipotong? Ini Cara Menyusun Anggaran Keuangan Keluargamu

Keluarga muda pasti sedang banyak-banyaknya kebutuhan

Jakarta, IDN Times - Saat ini, banyak karyawan yang mengalami pemotongan gaji di tengah pandemik COVID-19. Siapa pun yang mengalami hal ini tentu akan merasa tidak siap dan mungkin terkejut karena kondisi ini bukan sesuatu yang terrencana.

Apalagi jika kamu sudah memiliki keluarga. Bagaimana pun kebutuhan sehari-hari harus tetap dipenuhi. Usahakan jangan panik karena hidup masih terus berlanjut. Lebih baik, kamu segera atur langkah agar kondisi tidak menjadi semakin runyam. 

Jangan khawatir, IDN Times akan membantu kamu untuk menyusun anggaran keluargamu di tengah pemasukan yang berkurang ini. Siap-siap dengan perubahan ya!

1. Kendalikan pengeluaran

Gaji Kamu Dipotong? Ini Cara Menyusun Anggaran Keuangan KeluargamuIlustrasi belanja online (IDN Times/Arief Rahmat)

Belajarlah mengendalikan pengeluaran dengan cara menghamat biaya makan, belanja bulanan, air, dan listrik.
Sebaiknya kamu masak sendiri ketimbang beli makanan jadi. Kurangi penggunaan listrik dan air.

Selain akan menghemat banyak pos pengeluaran rutin, kamu juga tidak perlu melakukan kegiatan tersier dengan mengeluarkan biaya. Misalnya, biaya berlangganan nonton streaming, biaya transportasi, biaya traveling.

2. Siasati dengan otak atik pos anggaran bulanan

Gaji Kamu Dipotong? Ini Cara Menyusun Anggaran Keuangan KeluargamuIlustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Mengutip ilovelife.co.id, kamu bisa melakukan beberapa perubahan pengeluaran di beberapa pos anggaran. Contohnya untuk biaya internet, kamu bisa memperkecil biaya untuk kuota di mobile phone, ganti paket yang lebih murah atau setting pake data yang lebih hemat.

Kamu juga bisa memasang paket layanan dasar saja dan memfokuskan anggaran untuk berlangganan WiFi selama masa karantina. Saat di rumah saja, kamu tentu akan butuh lebih banyak kuota untuk bekerja. Akan boros kalau kamu menggunakan paket data di mobile phone.

Kamu juga bisa mengalokasikan  biaya tersier yang tidak mungkin digunakan di masa pandemik ini. Misalnya, biaya nonton bioskop, biaya travelling, dan biaya hangout di cafe atau karaoke yang bisa dipakai untuk menambah porsi dana darurat.

3. Coba membuat peluang baru

Gaji Kamu Dipotong? Ini Cara Menyusun Anggaran Keuangan KeluargamuIlustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Tidak ada salahnya mencoba menambah penghasilan dengan mencari pekerjaan baru atau melakukan bisnis atau pekerjaan sampingan.

Saat orang berkegiatan di rumah saja seperti sekarang ini, ada beberapa peluang usaha yang bisa kamu jajaki. Cari peluang kerja sampingan seperti misalnya berjualan online. Atau segala sesuatu yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet selagi kamu punya waktu lebih banyak di rumah. Bisa jadi sumber penghasilan tambahan lho. 

4. Cek dana darurat milikmu

Gaji Kamu Dipotong? Ini Cara Menyusun Anggaran Keuangan KeluargamuIlustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Kamu sebaiknya tidak berutang atau menambah utang baru. Lebih baik gunakan dana darurat untuk menyambung hidup sampai kondisi normal kembali. Karena itu, pastikan dana darurat cukup untuk memenuhi pengeluaran selama 6-9 kali dari penghasilan jika kamu sudah berkeluarga.

Pastikan menempatkannya di produk keuangan yang mudah dicairkan, seperti rekening tabungan, deposito, tabungan berjangka, atau emas. Jika ada tambahan masukan, segera alokasikan masuk ke dana darurat ini. 

Baca Juga: Menabung atau Investasi, Mana yang Harus Didahulukan? 

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya