Comscore Tracker

Kamu yang Single, Mesti Mulai Lakukan 6 Hal Ini agar Siap Kaya

Manfaatkan belajar mengelola keuangan ya

Jakarta, IDN Times - Siapa yang tidak ingin banyak uang. Tapi mengelola keuangan itu memang jadi tantangan tersendiri. Banyak orang yang menilai kalau mereka baru akan serius mengatur keuangan jika nanti susah menikah.

Bukan rahasia, setelah memiliki pasangan dan apalagi anak, akan banyak alokasi keuangan yang berubah. Tentunya orang akan lebih memperhatikan cara mengatur keuangan di saat susah berkeluarga. Pasangan pun akan saling membantu dalam kontrol keuangan mereka. 

Tapi, apa iya mengatur keuangan hanya perlu dipelajari oleh orang yang berpasangan saja? Apa kamu yang jomlo tidak perlu cari tahu trik agar kantong lebih tebal?

Kamu yang masih single, jangan sedih karena tidak ada pasangan yang dapat membantu meminimalisasi pengeluaran kamu. Justru ini waktunya untuk kamu belajar mandiri, bagaimana mengatur keuangan hingga kamu bisa cepat kaya dibandingkan teman-teman sepantarmu.

Sambil menunggu pasangan kamu datang, yuk simak tips berikut ini!

1. Susun anggaran dan patuhi

Kamu yang Single, Mesti Mulai Lakukan 6 Hal Ini agar Siap KayaIlustrasi Keuangan (IDN Times/Arief Rahmat)

Jangan lupa catat semua pemasukan baik dari gaji tambahan maupun dana dari pemasukan lainnya seperti pendapatan lembur. Catat juga jumlah pengeluaran kamu ya! Ini sangat penting agar kamu bisa mengontrol pengeluaran.

Seperti yang dikutip melalui YouTube Finansialku, jika kamu sudah tahu berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran, nantinya kamu bisa mencatat berapa anggaran yang kamu perlukan untuk masing-masing pos kebutuhan.

Kalau pengeluaran lebih besar daripada pemasukan kamu harus berhemat, kalau pemasukan tersisa kamu bisa gunakan untuk pos dana dan investasi.

Baca Juga: Uang Sering Habis Sebelum Gajian? Coba 4 Metode Alokasi Gaji Ini!

2. Dana darurat

Kamu yang Single, Mesti Mulai Lakukan 6 Hal Ini agar Siap KayaIlustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Ingat ya, buat kamu yang masih single dana darurat menjadi hal yang sangat penting, karena kamu cuma bergantung pada diri sendiri. Kalau hilang pekerjaan kamu masih aman karena memiliki dana darurat, hingga kamu nanti memiliki pekerjaan lagi.

Dana darurat ini sebaiknya terpisah dari tabunganmu yang reguler. Kalau tabungan biasanya bisa kamu ambil sesuka hati, usahakan tetap disiplin menyimpan dana darurat dan tidak mengutak-atiknya kecuali dalam kondisi benar-benar darurat ya. 

3. Pikirkan dana pensiun

Kamu yang Single, Mesti Mulai Lakukan 6 Hal Ini agar Siap KayaIlustrasi PHK (IDN Times/Arief Rahmat)

Walaupun masih kejauhan, tetapi persiapan perlu dilakukan agar kamu tidak kewalahan menghadapi masa pensiun kamu. Apalagi jika kemungkinan terburuknya kamu masih sendiri.

Kamu juga bisa menabung program pensiun di samping ikut jaminan pensiun dari pemerintah. 

Baca Juga: 7 Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu Hemat, Gak Sulit Kok! 

4. Belajar mandiri agar hemat

Kamu yang Single, Mesti Mulai Lakukan 6 Hal Ini agar Siap KayaYoutube The Onsu Family

Mulailah belajar mandiri, mengatur segala kegiatan rumah tangga sendiri. Seperti misalnya memasak sendiri, mencuci baju sendiri bagi kamu yang ngekos jadi tidak perlu beli makanan atau ke laundry.

Ini akan membantu kamu untuk berhemat, sekaligus kamu bisa belajar mengatur rumah tangga kamu nanti.

5. Cari pemasukan tambahan

Kamu yang Single, Mesti Mulai Lakukan 6 Hal Ini agar Siap KayaIDNTimes/Holy Kartika

Selagi single, kamu memiliki banyak waktu yang tersisa dan bebas. Jadi manfaatkan energi kamu untuk mencari uang tambahan.

Misalnya kamu bisa saja membangun bisnis kecil-kecilan, atau mengerjakan hobi yang kamu suka dengan cara dibayar.

6. Investasi sebagian penghasilan

Kamu yang Single, Mesti Mulai Lakukan 6 Hal Ini agar Siap KayaIlustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Agar penghasilan kamu bisa berkembang, sebaiknya kamu mulai juga berinvestasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari membeli emas, saham, reksa dana, obligasi, hingga investasi tanah atau properti.

Pelajari jenis investasi apa yang berprofil risiko rendah dan cocok dengan kamu ya sebelum memilih! 

Jadi gak ada kata tunda-menunda ya untuk mulai mengatur langkah supaya bisa sejahtera di kemudian hari. Gak perlu tunggu punya pasangan untuk mulai disiplin mengatur keuangan ya guys. Yuk, mulai dari sekarang.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Jadi Pengatur Keuangan yang Baik

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya