Lewat Gerakan Recycle More, Bank DBS Ajak Kamu Peduli Lingkungan

Kamu bisa ikut berpartisipasi!

Jakarta, IDN Times - Dalam mendukung program bersih sampah 2025 yang digalakkan oleh Pemerintah, Bank DBS Indonesia membuat campaign Recycle More, Waste Less (RMWL). Campaign ini bertujuan untuk memberikan kesadaran peduli lingkungan khususnya kepada masyarakat Indonesia.

"Sebagai institusi perbankan kami ingin mendukung program pemerintah yaitu Indonesia bersih sampah 2025 dengan menginisiasi sebuah program peduli lingkungan yang berkelanjutan bernama Recycle More, Waste Less untuk memberikan kesadaran peduli lingkungan kepada masyarakat Indonesia," kata Executive Director, Head of Group Strategic and Marketing Communication Bank DBS Mona Monika di Jakarta, Jumat (19/7).

Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan para mitra yang bergerak di bidang lingkungan, antara lain WWF-Indonesia, Waste4Change, Cleanomic, Zero Waste Indonesia, Evoware, dan Weekend Workshop untuk dapat menggaet masyarakat, khususnya milennial, turut berpartisipasi dalam gerakan ini.

1. Yuk ikutan pledging

Lewat Gerakan Recycle More, Bank DBS Ajak Kamu Peduli LingkunganIDN Times / Auriga Agustina

Sejatinya, kegiatan ini sudah dilakukan sejak awal tahun. Fase pertama dilakukan pada April-Juni. Dalam gerakan RMWL ini, masyarakat dapat memberikan dukungan atau pledging dan akan dihargai Rp1000 setiap satu pledging.

Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk berpartisipasi:

  • Klik ‘Dukung Sekarang’ yang akan terhubung langsung dengan media sosial
    pendukung dalam bentuk pledging.
  • Caranya, pilih dan download template pledging pada microsite. Pertama, upload template ke media sosial yang dimiliki beserta caption pesan kebaikan yang tertera pada microsite dengan RecyclemoreWasteless dan #IndonesiaBersihSampah2025. Kedua, share ke tiga teman di media sosial.
  • Lalu, upload kreasi template pledging pada media sosial dengan ketentuan yang sama.

Mona mengatakan pledging yang terkumpul hingga saat ini sudah lebih dari 20.000, "target kita 100.000 pledging, tapi kalau lebih dari itu ya makin bagus kita makin banyak program," tutur Mona.

2. Dana yang dikumpulkan akan disalurkan ke SMA

Lewat Gerakan Recycle More, Bank DBS Ajak Kamu Peduli Lingkungandata.kemdikbud.go.id

Tak perlu khawatir, dana yang terkumpul akan disalurkan kepada sekolah khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA) mealalui mitra mereka waste4change.

Waste4change sendiri merupakan kegiatan sosial yang memberikan solusi pada sampah. Bukan tanpa alasan DBS menggandeng Waste4Change menjadi partner. DBS menilai Waste4change memiliki rekam jejak yang baik.

"Total uang yg terkumpul akan kita berikan kepada Waze4change, dia punya banyak program seperti keliling SMA. Nantinya mereka juga akan membuat komposternya, jadi sekolah itu punya komposternya sendiri, mulai dari edukasi hingga eksekusi,"ucapnya.

3. Wah, ada hadiah menarik nih untuk fase kedua

Lewat Gerakan Recycle More, Bank DBS Ajak Kamu Peduli LingkunganIDN Times / Auriga Agustina

Nah untuk melanjutkan fase pertama, pada 25 Juli hingga 2019, DBS meneruskan gerakan RMWL. Pada fase kedua ini, Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan beberapa retail chain seperti Mall Kota Kasablanka, Krispy Kreme, Cinema XXI & Premiere XXI dan All Fresh.

Setiap pengunjung yang datang ke toko retail tersebut dan belanja menggunakan kartu debit dan kredit digibank milik Bank DBS, akan mendapat hadiah menarik seperti stainless straw, sendok, dan garpu. Tapi, itu hanya berlaku untuk weekend saja.

Meski tak diketahui pasti, apakah program hadiah ini akan berlangsung hingga tahun depan atau tidak, Mona mengatakan edukasi sustainability akan terus berlanjut, "konten-konten online kita sampai kapan pun karena promoting dan implementing sustainability salah satu fokus dari kita, tapi program hadiah memang tahun ini, bisa terjadi lagi sih tapi liat aja nanti tahun depan," ucapnya.

Pada fase kedua ini, gerakan RMWL ini akan fokus kepada conscious consumption, sementara pada fase pertama fokus lebih kepada komunitas dan organisasi peduli lingkungan.

4. Ada layanan pengaduan untuk sampah ilegal

Lewat Gerakan Recycle More, Bank DBS Ajak Kamu Peduli LingkunganANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Tak hanya itu, DBS juga menyediakan layanan pengaduan untuk masyarakat yang menemukan adanya penumpukan sampah ilegal. Nantinya, aduan tersebut akan diteruskan kepada pemerintah daerah setempat.

"Kita bisa foto, lalu kita kirim, dan di upload ke web kita terus dikasih taging tempatnya di mana. Nanti Waze4change menampung laporan itu, dan akan meneruskan ke pemda setempat untuk terus diatasi," jelas Mona.

Hingga saat ini, menurutnya, sudah ada sejumlah laporan yang masuk. Mayoritas laporan berasal dari wilayah Jakarta.

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You