Comscore Tracker

Mau Bisnis Lancar? Ini Hal yang Mesti Diberi ke Karyawan saat Pendemik

Salah satu kunci mempertahankan bisnis ada pada karyawan

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 telah menekan seluruh sektor usaha, mungkin termasuk usaha yang kamu miliki atau tempat kamu bekerja. Bagi kamu yang merintis usaha sendiri, sadarkah kamu, peran karyawan sangat penting untuk mempertahankan bisnis di tengah pandemik COVID-19.

Untuk itu, ada tiga tiga hal yang perlu dilakukan pengusaha terhadap karyawannya demi keberlangsungan bisnis di tengah pandemik COVID-19. Apa saja itu? Bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan, penting juga perlu simak ya. Apakah perusahaanmu sudah memberikan hal-hal ini?

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal, 5 Hal Ini Gak Boleh Dikorbankan Demi Pekerjaan

1. Perhatikan kesehatan keuangan karyawan

Mau Bisnis Lancar? Ini Hal yang Mesti Diberi ke Karyawan saat PendemikPexels/Grabowska

Lead Financial Trainer & Founder QM Financial Ligwina Hananto mengatakan keuangan karyawan ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Ketika keuangan karyawan dalam kondisi yang sehat, kinerja mereka akan jauh lebih efektif dan produktif.

Maka, menurutnya, penting bagi perusahaan untuk mempersiapkan karyawan untuk mengatur keuangan individu. Salah satu bentuk perhatian pelaku bisnis terhadap keuangan karyawan, kata Ligwina, adalah dengan menanyakan kepada mereka satu per satu.

"Setelah itu, ingatkanlah karyawan akan pentingnya dana darurat bagi keberlangsungan hidup di tengah pandemik COVID-19."

Baca Juga: Strategi Mengatur Keuangan agar Terhindar dari Godaan untuk Korupsi

2. Beri pekerjaan tambahan bagi karyawan asal sesuai job desk

Mau Bisnis Lancar? Ini Hal yang Mesti Diberi ke Karyawan saat PendemikIlustrasi pekerja (IDN Times/Dwi Agustiar)

Selanjutnya, adalah bagaimana agar perusahaan dan karyawan bisa saling bahu membahu dalam mencari cara menyiasati pandemik COVID-19. Pandemik ini tentunya akan berpengaruh banyak pada perusahaan. Bisa jadi diperlukan sejumlah perubahan.

Coba untuk memahami satu sama lain untuk bisa bertahan hidup. Ingatlah bahwa pandemik ini tidak hanya memengaruhi salah satu pihak saja. Untuk itu, menurut Ligwina, pemilik usaha dan karyawannya harus saling membantu.

Misalnya bagi karyawan, memberikan ide-ide menarik untuk inovasi perusahaan agar bertahan di tengah pandemik ini. Sementara dari sisi pengusaha, dapat memberikan pekerjaan tambahan namun tetap sesuai ranah atau job desk si karyawan.

3. Memberikan apresiasi kepada karyawan yang mendapat pekerjaan tambahan

Mau Bisnis Lancar? Ini Hal yang Mesti Diberi ke Karyawan saat PendemikPexels.com/cottonbro

Bagi pengusaha yang memang memberikan pekerjaan tambahan bagi karyawannya saat pandemik COVID-19, sebaiknya berikan apresiasi kepada mereka. Bentuk apresiasi itu misalnya dengan bonus. Meski begitu, tidak melulu harus berbentuk uang tunai, berilah apresiasi yang disesuaikan kemampuan dari perusahaan di kondisi ini.

" Misalnya di perusahaan saya, orang finance bisa aja bantu handle registrasi di event. Nah nanti perusahaan bisa berikan bonus atas kinerjanya. Jadi yang tadinya misalnya gaji pokoknya dia Rp7 juta, bisa saja nanti jadi Rp15 juta misalnya," papar Ligwina.

Baca Juga: Renungkan 5 Hal Ini Saat Rasa Bosan Bekerja Mulai Muncul 

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya