Comscore Tracker

Mau Investasi Safe Haven? Begini Cara Buka Rekening Emas di Pegadaian

Bisa offline atau online, sesukamu aja!

Jakarta, IDN Times - Invetasi merupakan suatu kegiatan yang harus kamu mulai dari sekarang agar kamu mendapat keuntungan optimal di kemudian hari. Ada berbagai macam jenis investasi yang bisa kamu miliki. Salah satu yang paling minim risikonya ialah investasi emas.

Kamu sudah tahu belum, berinvestasi emas tidak harus memiliki fisiknya lho. Kamu bisa berinvestasi emas melalui tabungan emas. Pegadaian adalah salah satu tempat yang menyediakan kebutuhan tersebut.

Lantas, bagaimana cara membuka rekening emas di Pegadaian? Simak artikel berikut ini. 

1. Cara membuka rekening emas via offline di Pegadaian

Mau Investasi Safe Haven? Begini Cara Buka Rekening Emas di PegadaianANTARA / Logo Pegadaian

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah datang Kantor Pegadaian atau Agen Pegadaian terdekat di kota kamu. Bawa fotokopi identitas diri seperti KTP atau Passpor yang masih berlaku. Kemudian, isi formulir pembukaan rekening tabungan emas.

Lalu, bayar biaya pembukaan rekening Rp10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000.

Baca Juga: Hore! Pegadaian Buka Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate Disabilitas

2. Cara membuka rekening emas di Pegadaian secara online

Mau Investasi Safe Haven? Begini Cara Buka Rekening Emas di PegadaianIlustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Pertama, unduh aplikasi Pegadaian Digital di Playstore atau Appstore. Lalu, isi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas. Jangan lupa, siapkan kartu identitas diri atau KTP/Paspor dalam bentuk file digital untuk dilampirkan.

Jika ingin mencetak buku tabungan emas, kamu harus datang ke outlet Pegadaian pembuka Tabungan Emas maksimal 6 bulan sejak pembukaan dari aplikasi Pegadaian atau agen Pegadaian.

3. Berikut proses pembelian emas

Mau Investasi Safe Haven? Begini Cara Buka Rekening Emas di PegadaianIlustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Mengutip cermati.com, proses pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0,01 gram sesuai dengan harga emas terkini. Apabila membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas kamu dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram.

Selanjutnya, apabila kamu menghendaki fisik emas batangan, kamu dapat melakukan order cetak dengan pecahan 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.

Untuk top up atau menabung, kamu bisa setor dana Anda melalui outlet Pegadaian atau ATM. Minimal saldo rekening tabungan emas di Pegadaian adalah 0,1 gram, dan untuk transaksi top up mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari.

Transaksi penjualan emas bisa dilakukan dengan di kantor cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan buku tabungan dan identitas diri yang asli. 

Baca Juga: Beli Emas di Ladara Gratis Emas Rp5.050 Buat 10 Ribu Pendaftar Pertama

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya