Comscore Tracker

Ingin Cepat Kaya? Ikuti 5 Tips Mengatur Keuangan ala Orang Jepang!

Yuk, terapin agar keuanganmu sehat!

Di kehidupan yang serba online ini, terkadang sulit untuk mengatur keuangan. Tanpa sadar, banyak orang berbelanja melebihi budget karena tergiur promo, cashback, dan segala macam strategi marketing yang menjebak. Ada baiknya untuk kembali ke cara tradisional dalam mengatur uang.

Kakeibo, seni mengatur uang ala orang Jepang dapat menjadi jawaban atas permasalahan keuangan yang sering dihadapi. Masyarakat Jepang, dengan standar hidup yang tinggi, dapat mengatur dan menabung lebih dari 35 persen dari pendapatan yang diterima. Lalu, bagaimana rahasia orang Jepang dalam mengatur keuangan personal mereka? Bersiap catat tips berikut ya!

1. Siapkan jurnal untuk mencatat pendapatan, tabungan, dan pengeluaran

Ingin Cepat Kaya? Ikuti 5 Tips Mengatur Keuangan ala Orang Jepang!stylist.co.uk

Walaupun Jepang termasuk ke dalam golongan negara maju, masyarakat Jepang tetap menggunakan jurnal untuk melacak pemasukan dan pengeluaran mereka. Penelitian menunjukkan bahwa mencatat akan memudahkan kita dalam mengingat hal yang ditulis. Dengan mencatat rencana keuangan, maka akan lebih mudah untuk mengingat dan menjadi lebih disiplin akan rencana yang telah dibuat.

Metode kakeibo membutuhkan 2 jurnal untuk mencatat rencana finansial. Jurnal pertama digunakan untuk mencatat rencana pengeluaran, pemasukan, dan tabungan. Jurnal kedua digunakan untuk mencatat pengeluaran sehari-hari. Jurnal pengeluaran ini dibawa ke mana pun dan kapan pun sehingga tidak akan lupa untuk mencatat setiap uang yang keluar dari dompet.

2. Hitunglah pendapatan per bulan

Ingin Cepat Kaya? Ikuti 5 Tips Mengatur Keuangan ala Orang Jepang!Pexels/AlexnderMills

Pertama-tama, hitunglah berapa uang yang diterima setiap bulannya. Pendapatan ini dapat dibagi menjadi pendapatan pasti seperti gaji dan pembayaran di muka, dan pendapatan tidak pasti seperti pembayaran piutang dan penghasilan dari menjual barang.

Saat awal bulan, hitunglah terlebih dahulu pendapatan yang pasti diterima. Pendapatan tidak pasti dapat dicatat dengan warna pulpen yang berbeda saat kamu sudah menerima uangnya.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Baru Saja Merantau

3. Buat target berapa banyak yang ingin ditabung

Ingin Cepat Kaya? Ikuti 5 Tips Mengatur Keuangan ala Orang Jepang!Pexels/MaitreeRimthong

Tahap ini adalah tahap terpenting dari metode kakeibo. Jika ingin cepat memiliki barang impian atau tabungan yang banyak, tentukanlah berapa banyak yang ingin ditabung dalam sebulan. Dengan menentukan target, kamu dapat menentukan sisa pendapatan yang bisa dibelanjakan, sehingga kamu tahu batas dan tidak gelap mata ketika memegang uang.

4. Buatlah batas pengeluaran per bulan

Ingin Cepat Kaya? Ikuti 5 Tips Mengatur Keuangan ala Orang Jepang!Pexels/energepic.com

Kurangi pendapatan dengan jumlah yang ingin ditabung, kemudian kurangi lagi sisa uang tadi dengan pengeluaran pasti, seperti uang sewa rumah, cicilan, dan lain lain. Setelah itu didapatkanlah sisa uang yang dapat dibelanjakan. Tentukanlah batas pengeluaran dari sisa uang tadi ke dalam 4 kategori:

  1. Biaya hidup seperti belanja bahan makanan, obat-obatan, baju, e-tol, dan lain lain
  2. Pendidikan seperti biaya les, kursus, buku, dan lain lain
  3. Hiburan seperti hangout bersama teman, tiket nonton, biaya liburan, kosmetik, dan lain lain
  4. Yang lain lain yang tidak termasuk ke dalam 3 kategori di atas.

5. Evaluasi rencanamu di akhir bulan

Ingin Cepat Kaya? Ikuti 5 Tips Mengatur Keuangan ala Orang Jepang!Pexels/AcharapornKamornboonyarush

Setelah 1 bulan berlalu, evaluasi bagaimana rencana sebulan ini berjalan. Cari tau beberapa hal berikut;

  • Apakah target menabung tercapai?
  • Kategori apa yang menjadi pengeluaran terbesar?
  • Apakah mungkin untuk menekan pengeluaran di kategori tersebut?

Dengan mengetahui 3 hal ini, kamu dapat merencanakan budget dengan lebih akurat di bulan berikutnya.

Itulah 5 langkah untuk mengikuti metode kakeibo. Jurnal kakeibo sendiri banyak dijual di pasaran, tetapi, tidak masalah kalau menggunakan buku kosong untuk mencatat semua rencana keuangan. Kunci dari metode ini adalah disiplin dan self control. Jadi, sudah siapkah kamu untuk menerapkan metode ini?

Baca Juga: Rahasia Umur Panjang Orang Jepang, Mengintip 8 Fakta Gaya Hidup Mereka

Aviliani Vini Photo Writer Aviliani Vini

Hello there! I'm Avi and currently studying economics at Universitas Padjadjaran and still learning how to write properly.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya