Comscore Tracker

5 Hal Ini Menandakan Kamu Sudah Dewasa Secara Finansial 

Yuk, mulai belajar jadi menteri keuangan!

Memasuki usia 25 tahun ke atas mendorong kamu mulai menjadi sosok yang dewasa dalam segala hal, termasuk urusan keuangan. “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian; bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”. Pepatah tersebut pantas didapatkan untuk kamu yang sudah mulai belajar mengatur finansial secara bijak sejak usia dini. Berikut lima hal ini menandakan kamu sudah dewasa secara finansial.

1. Tidak mudah goyah dengan godaan diskon

5 Hal Ini Menandakan Kamu Sudah Dewasa Secara Finansial Shutterstock/bodnar.photo

Baik laki-laki maupun perempuan, memiliki godaan masing-masing untuk mengelola keuangannya. Nah, biasanya kaum laki-laki lebih mudah tergiur dengan diskon gadget yang baru saja launching

Kalau begini terus, uangnya akan habis dong? IDN Times sarankan, kamu belajar tanamkan prinsip “Stop turuti keinginan daripada kebutuhan”.

Baca Juga: 5 Sisi Positifnya Kalau Kamu Mandiri Secara Finansial, Penting!

2. Menjalani gaya hidup sehat dan minimalis

5 Hal Ini Menandakan Kamu Sudah Dewasa Secara Finansial Shutterstock/Africa Studio

Hidup sehat plus minimalis ternyata punya dampak positif untuk keuanganmu. Kok bisa? Kita ambil contoh saja, ketika kamu lebih senang memasak makanan sendiri daripada hobi order makanan online, lebih sehat dan irit mana? Tentu memasak sendiri, ‘kan?

Ketika kamu menyukai untuk memasak, keuntungannya adalah makan dari masakan yang tentu terbukti higienisnya dan tidak memakan banyak pengeluaran daripada kamu memesan makanan yang belum termasuk ongkirnya.

3. Rajin menyisihkan gaji untuk ditabung

5 Hal Ini Menandakan Kamu Sudah Dewasa Secara Finansial Shutterstock/Melimey

Dalam satu bulan, ada satu tanggal yang selalu kamu nantikan. Apalagi kalau bukan tanggal gajian. Salah satu cara yang menjaga finansial aman yakni sisihkan sebagian penghasilanmu untuk ditabung. Niat saja tidak cukup. Kamu juga perlu mempertimbangkan di mana tempat yang tepat untuk menabung.

Don’t worry be happy! Kamu bisa membuka tabungan cukup dari rumah saja melalui BRI Digital Saving atau di sini. Nantinya, kamu sebagai calon nasabah tidak perlu melakukan video call/video banking dengan pihak bank BRI. Calon nasabah hanya perlu menyiapkan KTP dan NPWP (jika punya) serta mengisi data diri. Mudah ‘kan?

Menariknya lagi, Bank BRI telah mempersiapkan ajang yang luar biasa untuk para nasabah setianya yaitu BritAma FSTVL. Ini bukan sekadar festival biasa, karena undian hadiahnya banyak sekali dipersembahkan khusus nasabah Bank BRI, seperti Toyota Vellfire, Toyota Rush, Toyota New Calya, Honda Scoopy Sporty, dan Samsung Galaxy S20 Ultra Cosmic. Pengundian hadiahnya ini akan dilaksanakan dua periode, periode pertama dilakukan pada bulan November 2020 dan periode kedua dilakukan pada bulan Februari 2021. Info selengkapnya, kamu bisa cek di sini ya.

Tertarik dengan hadiah-hadiah tadi? Untuk bisa bergabung menjadi bagian dalam undian BritAma FSTVL tersebut, nasabah harus memiliki dan menjaga rata-rata saldo bulanan minimal sebesar Rp10.000.000 selama periode program agar kamu pun juga mendapatkan BRI Poin.

Yuk, segera buka tabungan melalui BRI Digital Saving di mana saja dan kapan saja, serta dapatkan kesempatan memenangkan undian berhadiah BritAma FSTVL! Untuk info lainnya tentang BRI, kamu bisa follow Instagram-nya @bankbri_id

4. Sudah mulai membuat financial plan

5 Hal Ini Menandakan Kamu Sudah Dewasa Secara Finansial Shutterstock/Dragon Images

Yuk, jangan habiskan waktumu yang sudah kepala dua hanya untuk bersenang-senang saja. Sebab, sudah waktunya kamu membuat financial plan untuk masa depanmu. Jika kamu sudah memiliki pasangan, ajaklah dia untuk membicarakan bersama. Ini akan menjadi pengalaman seru karena diskusinya pun membahas masa depan. Kamu ingin masa depan yang seperti apa, jawabannya ada di keputusan kamu masing-masing lho, guys.

Nah, bagi kamu yang masih lajang, bukan berarti kamu jadi skip financial plan. Sembari menunggu jodoh dari Tuhan, perlahan-lahan menyusun rencanamu, dimulai dari sederhana dulu yakni investasi. Sudahkah memulainya?

5. Bangun bisnis kecil-kecilan, kenapa tidak?

5 Hal Ini Menandakan Kamu Sudah Dewasa Secara Finansial Shutterstock/asiandelight

Walaupun kamu sudah menjadi bagian dalam sebuah perusahaan, nggak ada salahnya kamu juga membangun bisnis kecil-kecilan untuk menambah penghasilan. Nggak perlu yang susah berbisnis itu! Coba deh, lihat barang-barang yang kamu punya dan masih bagus kualitasnya, kemudian jual lah di media sosial. Lumayan untungnya lho! Finansial kamu pun jadi semakin aman.

Siapa pun berhak menjadi menteri keuangan dalam hal finansialnya masing-masing. Tetapi, yang menentukan berhasil atau tidaknya kembali lagi kepada gaya hidupmu. Yuk, saling belajar lagi menjadi pribadi yang dewasa secara finansial! (CSC)

Baca Juga: Pelajaran Finansial dari 5 Drama Korea Hits, Wajib Ditiru! 

Topic:

  • Ester Ajeng
  • Cynthia Kirana Dewi
  • Anastasia Desire
  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya