Comscore Tracker

5 Tips Praktis dan Aman Belanja Kebutuhan Puasa Ramadan Saat Pandemik

Tetap perhatikan physical distancing!

Menjalani puasa Ramadan di saat pandemik memang tidak mudah. Kebutuhan belanja yang meningkat juga harus diimbangi dengan physical distancing. Berikut tips belanja kebutuhan Ramadan yang aman dan praktis selama pandemik melanda. Simak baik-baik ya!

1. Bikin list kebutuhan belanja

5 Tips Praktis dan Aman Belanja Kebutuhan Puasa Ramadan Saat Pandemikwikimedia.org/commons

Sebelum belanja, sebaik kalian membuat daftar kebutuhan terlebih dahulu. Utamakan yang prioritas dan penting, jangan terlalu berlebihan dalam belanja karena situasi pandemik saat ini penuh ketidak pastian. Hindari sikap boros, buat daftar yang sungguh kalian butuhkan.

2. Susunlah anggaran sesuai kebutuhan

5 Tips Praktis dan Aman Belanja Kebutuhan Puasa Ramadan Saat Pandemikpexels.com/gustavo-fring

Setelah membuat daftar belanja, berikutnya kalian lebih baik menetapkan alokasi anggaran yang sesuai kebutuhan. Lakukan hal ini dengan disiplin, hindari tambahan belanja berlebih dari daftar yang telah dibuat justru tidak kalian butuhkan. Lakukan evaluasi setelah belanja.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Saat Pandemik untuk yang Single dan Tinggal Sendiri

3. Belanja secara online

5 Tips Praktis dan Aman Belanja Kebutuhan Puasa Ramadan Saat Pandemikflickr.com/N05

Belanja online selain praktis, juga dapat menjaga keamanan diri kita dari risiko terinfeksi virus. Kalian juga bisa merencanakan kebutuhan belanja dengan bijak dan lebih baik, sehingga terhindar dari panic buying. Selain itu, belanja secara online juga dapat menghemat waktu.

4. Batasi orang yang ikut pergi belanja

5 Tips Praktis dan Aman Belanja Kebutuhan Puasa Ramadan Saat Pandemikpixabay.com/Anrita1705

Untuk beberapa kebutuhan memang tidak selalu tersedia secara online. Kondisi demikian memaksa kita harus pergi ke pasar atau supermarket secara langsung. Jika kalian harus pergi belanja keluar, sebaiknya batasi orang yang ikut untuk minimalkan risiko infeksi virus.

5. Jaga jarak dan siapkan peralatan

5 Tips Praktis dan Aman Belanja Kebutuhan Puasa Ramadan Saat Pandemikpexels.com/shvetsa

Ketika kondisi mengharuskan kita pergi belanja keluar, jangan sampai terlewat untuk mempersiapkan peralatan seperti masker dan hand sanitizer. Selain itu kalian juga harus tetap menjaga jarak selama belanja. Ketika sampai rumah, jangan lupa bersihkan belanjaan.

Berikut beberapa tips aman dan praktis untuk belanja kebutuhan Ramadan di saat pandemik COVID-19. Semoga bermanfaat untuk kalian terapkan sehari-hari selama bulan Ramadan.

Baca Juga: Ini 5 Tips Belanja Untuk Para Ibu di Bulan Ramadan, Biar Gak Boros

Begras Satria Photo Verified Writer Begras Satria

Pencari makna dalam belantara kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya