Comscore Tracker

Awas Penipuan, Inilah 5 Tips Aman Menggunakan Kartu Debit

Kamu harus tahu nih!

Dalam era yang serba teknologi sekarang, orang kebanyakan lebih memilih menyimpan uang di Bank ketimbang menyimpannya di rumah. Dengan menyimpan uang di Bank, uang yang kamu simpan bisa kamu tarik kapan saja menggunakan kartu debit. Tak hanya itu, kartu debit ini juga memiliki fungsi yang lain seperti untuk pembayaran, transfer dan lainnya.

Namun tak selamanya penggunaan kartu debit itu aman, penyalahgunaan kartu debit sering kali terjadi. Nah, di bawah ini adalah 5 tips aman dalam penggunaan kartu debit.

1. Hindari menggunakan kartu debit secara online

Awas Penipuan, Inilah 5 Tips Aman Menggunakan Kartu Debitfinancialexpress.com

Lebih aman menggunakan kartu kredit untuk belanja online. Jaga keamanan data Pribadi kamu, hindarilah penggunaan kartu debit untuk berbelanja online. Jika kamu menggunakan kartu debit, kamu memberi calon peretas akses ke informasi rekening bank. Risiko dari penggunaan kartu debit secara online adalah penipu mungkin memutuskan untuk menggunakan nomor kartu debit kamu atau menghapus akun kamu.

2. Berhati-hatilah dalam menggunakan mesin ATM yang terlihat mencurigakan

Awas Penipuan, Inilah 5 Tips Aman Menggunakan Kartu Debitthesavvybackpacker.com

ATM yang tidak ada di bank mungkin sebaiknya dihindari karena beberapa alasan. Untuk satu hal, ATM ini biasanya menelan biaya untuk sekali transaksi. Untuk yang lain, peretas dapat merusak ATM untuk mencuri kartu debit dan nomor kartu. Mungkin lebih mudah bagi pencuri untuk merusak ATM di lokasi terpencil dan ATM yang sudah terlihat agak rusak.

Jika kamu harus menggunakan ATM yang terletak dilaur Bank dan ATM itu membuat permintaan aneh, seperti meminta PIN kamu dua kali, kamu harus segera mengakhiri transaksi kamu di ATM ini.

Baca Juga: Buka Tabungan Tanpa Beban di BCA Mobile, Simpel dan Praktis!

3. Lindungi PIN kamu

Awas Penipuan, Inilah 5 Tips Aman Menggunakan Kartu Debitbca.co.id

Apakah kamu menggunakan ATM, membayar di register atau menggunakan handheld card machine, ada baiknya untuk menutupi PIN kamu. Kamu mungkin merasa sedikit canggung melakukannya tetapi ini adalah cara sederhana untuk melindungi PIN dari siapa saja yang mungkin ingin mengaksesnya.

Beberapa pencuri memasang kamera tersembunyi untuk keperluan merekam orang memasukkan PIN mereka. Bahkan jika tidak ada orang di sekitar, kamu harus tetap bijaksana untuk tetap menutup tombol saat memasukkan PIN. Hal ini adalah salah satu langkah dalam keamanan bertransaksi. #AwasModus

4. Bagikan rencana penerbangan dengan Bank

Awas Penipuan, Inilah 5 Tips Aman Menggunakan Kartu Debitbca.co.id

Sebelum kamu bepergian, sebaiknya beri tahu bank dimana tempat kamu menyimpan uang. Dengan begitu, kartu kamu tidak akan ditutup ataupun diblokir ketika kamu mencoba menggunakannya. Jika bank tahu bahwa kamu sedang berada di luar negeri, bank secara otomatis akan menolak upaya penipuan yang dilakukan di kota asal kamu.

5. Cek aktivitas kartu debit secara berkala

Awas Penipuan, Inilah 5 Tips Aman Menggunakan Kartu Debitinstagram.com/goodlifebca

Dengan penipuan kartu debit, kamu memiliki 60 hari dari transaksi penipuan untuk memberi tahu bank. Jika sudah lebih dari 60 hari, bank mungkin tidak akan menanggung kerugian kamu. Jika kamu melihat adanya tuduhan penipuan pada laporan akun Anda tetapi kartu dan PIN kamu belum dicuri, beri tahu bank segera.

Nah itulah 5 tips aman dalam penggunaan kartu debit. Gimana, gampang banget kan tipsnya untuk diterapkan? Buat kamu nih kaum millenials yang menggunakan kartu debit, gabung yuk di  #JoinGenerasiSimpel #JoinGenerasiSimpelIDN.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Masalah Keuangan Melalui BCA Keyboard

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Night Hunter. Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You