Comscore Tracker

Makin Marak, Inilah 6 Tips Untuk Menghindari Skimming di ATM

Hati-hati loh data pribadi kamu diincar oleh orang jahat

Skimming adalah jenis penipuan di mana perangkat skimming, biasanya skimmer dan keypad overlay atau kamera lubang jarum dimasukkan ke mesin ATM dengan menempatkannya di atas masing-masing slot kartu dan keypad. Semakin mirip maka semakin baik kerjanya. Tujuan dari penggunaan benda ini adalah untuk menyalin data dari strip magnetik dan PIN sehingga penjahat dapat membuat pemalsuan kartu tersebut.

Jika kamu merasa ada yang jenggal dengan mesin ATM yang akan kamu gunakan, ada baiknya jangan kamu gunakan. Hal ini bertujuan untuk keamanan bertranskasi dan juga jaga keamanan data pribadi kamu. #AwasModus kejahatan skimming ini sangat marak saat ini. Berikut adalah 6 tips agar terhindar dari skimming yang sangat marak belakangan ini.

1. Tarik Pembaca Kartu terlebih dahulu untuk Menghindari Skimming

Makin Marak, Inilah 6 Tips Untuk Menghindari Skimming di ATMengadget.com

Penipu yang melakukan aksinya melalui ATM menciptakan perangkat yang terlihat sangat profesional yang sangat mirip dengan mesin yang sebenarnya. Sebelum memasukkan kartu kamu ke pembaca kartu, ikuti langkah-langkah ini terlebih dahulu:

  1. Cari apa pun yang terlihat mencurigakan seperti pita, tanda lem atau goresan pada pembaca kartu.
  2. Tarik pembaca kartu untuk melihat untuk mengetahui apakah pembaca kartu itu longgar.

2. Keypad ATM terasa kenyal, kamu patut curiga

Makin Marak, Inilah 6 Tips Untuk Menghindari Skimming di ATMpixabay.com

Setelah menarik pembaca kartu, tempat berikutnya yang harus diperiksa adalah keypad. Pencuri akan menempatkan keypad duplikat di atas keypad asli. Jika kamu mengetikkan pin dan rasanya seperti keypad akan jatuh atau tombolnya kenyal, scammer mungkin merekam setiap ketukan tombol dengan sinyal Bluetooth atau wi-fi secara real time. Ketika kamu meragukan integritas keypad, segera hentikan memasukkan pin dan periksa keyboard dan mencari ATM yang lain.

3. Apakah ada sesuatu yang aneh pada Receipt Slot?

Makin Marak, Inilah 6 Tips Untuk Menghindari Skimming di ATMimgur.com

Modus pada pembaca kartu dan duplikat keypad adalah dua cara penipuan ATM yang paling umum, pencuri kartu masih dapat menggunakan taktik yang sangat sederhana yang tidak akan diketahui oleh pengguna ATM biasa.

Salah satu penipuan ini adalah dengan menempatkan pemindai ke dalam slot tanda terima. Mesin ATM tidak mudah dibuka karena alasan yang jelas dan itu berarti pencuri perlu membobol mesin tersebut. Mereka biasanya akan melakukan ini ke slot tanda terima dan menempatkan pemindai di dalamnya.

ATM masih berfungsi seperti biasa, tetapi mencatat setiap detail dalam proses. Kebanyakan orang hanya melihat slot kartu dan berbagai tombol keypad mungkin tidak terdapat kerusakan, namun ketika pengguna ATM menerima kwitansi dan semua mesin ATM telah menerima semua informasi sensitif kamu.

Baca Juga: 6 Tips 'Rawat' PIN, OTP, dan CVC Biar Isi Rekening Gak Kecolongan

4. Ada kamera tersembunyi, gunanya apa ya?

Makin Marak, Inilah 6 Tips Untuk Menghindari Skimming di ATMthehackernews.com

Skimmer bahkan tidak perlu masuk ke mesin ATM untuk mencuri nomor PIN target. Dengan memasang kamera nirkabel yang sangat kecil, kamera itu disembunyikan di mana saja dan kamu tidak akan melihat kamera kecil itu. Lihat di atas layar dan ke sisi layar atau touchpad apakah ada bentuk kotak yang tidak biasa yang bisa dilihat dari tombol ATM.

Kasing ATM biasanya memiliki permukaan yang rata dan hanya tombol serta pembaca kartu yang menonjol keluar. Semua kabel dan komponen komputer lainnya ditempatkan di dalam casing ATM untuk memberikan permukaan yang rata dan halus. Kotak itu mungkin terbuat dari logam, plastik atau bahkan disamarkan sebagai wadah berisi amplop atau brosur.

Jika kamu melihat kotak atau sesuatu yang biasanya tidak ada di ATM, gerakkan jari kamu di sepanjang sudut kotak untuk mencari lubang kecil. Jika kamu menemukan lubang, kemungkinan besar itu adalah sebuah kamera yang miring untuk melihat tombol mana yang akan kamu tekan pada tombol ATM.

5. Wasapada terhadap orang asing

Makin Marak, Inilah 6 Tips Untuk Menghindari Skimming di ATMlovemoney.com

Meskipun modus ini sebenarnya sudah usang karena kamera nirkabel sangat kecil, namun modus ini masih dapat terjadi. Alih-alih meletakkan pembaca kartu duplikat pada mesin ATM, skimmer menempatkan grabber yang tidak akan melepaskan kartu kamu sampai kamu mengetikkan nomor pin yang benar.

Skimmer muncul sebagai pengamat yang menunggu di belakang kamu dalam antrean untuk menggunakan mesin ATM setelah kamu selesai. Karena kartu kamu macet, mereka mungkin bersedia membantu kamu mendapatkan kembali kartu dengan menyuruh kamu untuk mengetikkan pin beberapa kali lagi. The grabber mencatat informasi kartu sang target dan menghafal nomor pin yang kamu ketikkan.

6. Kunjungi ATM yang paling banyak digunakan

Makin Marak, Inilah 6 Tips Untuk Menghindari Skimming di ATMabcnews.com

Penipuan ATM lebih cenderung terjadi di ATM yang sepi. Misalnya, ATM di sebuah SPBU mungkin akan lebih aman daripada ATM di jalan di mana scammer dapat dengan cepat memasang skimmer pada malam hari ketika tidak ada orang di luar.

Ketika kamu tidak dapat menggunakan mesin ATM di dalam toko, bank atau hotel, kamu mungkin juga memilih untuk mengunjungi lokasi ATM dengan beberapa mesin ATM didalamnya daripada hanya satu mesin ATM. Dengan beberapa mesin ATM di samping satu sama lain, kamu dapat dengan cepat menemukan potensi tanda-tanda gangguan dengan membandingkan ATM kamu dengan yang lain.

Nah itulah 6 tips agar terhindar dari dari kejahatan yang bernama skimming. Generasi millenials harus tahu tips ini agar terhindar dari kejahatan dengan cara gabung di #JoinGenerasiSimpel #JoinGenerasiSimpelIDN.

Baca Juga: Hilang Kartu ATM? Mulai Go Cardless Pakai Fitur Terbaru BCA Mobile!

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya