Comscore Tracker

5 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit agar Jauh dari Lilitan Utang

Supaya bisa hemat, Beb

Jakarta, IDN Times - Kartu kredit sudah menjadi bagian gaya hidup sebagian besar masyarakat. Dengan kartu kredit, kita bisa berbelanja apa pun tanpa harus memiliki uang dalam rekening.

Kenikmatan dan kemudahan yang ditawarkan kartu kredit seringkali membuat kita lupa diri dengan kondisi keuangan yang sebenarnya. Apalagi kadang kamu lupa, menggunakan kartu kredit itu sama saja dengan meminjam uang dari bank dan harus mengembalikannya dengan jangka waku yang ditentukan.

Nah, supaya gak buntung kemudian hari, IDN Times akan memberikan beberapa tips menggunakan kartu kredit dengan bijak. Simak, supaya aman dari jeratan utang ya!

1. Maksimal dua kartu kredit saja

5 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit agar Jauh dari Lilitan UtangIlustrasi belanja online (IDN Times/Arief Rahmat)

Kamu harus membatasi diri supaya tidak memiliki kartu kredit lebih dari dua. Kalau punya lebih dari dua, hasrat untuk berbelanja berlebihan jadi lebih tinggi. Akibatnya, utangmu jadi menumpuk. Hal ini juga akan mempersulit dirimu sendiri untuk membayarnya.

2. Aturlah batas limit kartu kredit sesuai kebutuhan

5 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit agar Jauh dari Lilitan UtangIlustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Setiap kartu kredit memiliki limit tertentu. Nah, kamu harus menentukan limit sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu. Aturlah kartu kreditmu dengan limit yang kecil dahulu, agar kamu tidak gampang boros dan pengeluaran bisa diatur dengan baik.

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Kamu Pahami sebelum Berbisnis dengan Kartu Kredit

3. Pikir sebelum berbelanja, jangan boros

5 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit agar Jauh dari Lilitan UtangSejumlah pengunjung terlihat berbelanja setelah Mal di Jakarta resmi dibuka kembali pada 15 Juni 2020 (IDN Times/Athif Aiman)

Sebagian orang doyan belanja. Apalagi banyaknya tawaran diskon menarik kalau kita berbelanja dengan kartu kredit. Supaya penggunaan kartu kredit tidak berlebihan, pikiran dulu secara matang sebelum belanja. Jangan berbelanja hanya karena keinginan semata, pikirkan tentang kegunaannya dan kebutuhanmu.

4. Periksalah tagihan dengan teliti

5 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit agar Jauh dari Lilitan UtangIlustrasi Keuangan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kalau sudah mendekati jangka waktu untuk membayar kartu kredit, kamu akan menerima tagihan bulanan di rumahmu. Periksalah tagihanmu dengan teliti, mungkin ada transaksi yang tidak pernah kamu lakukan. Jika itu terjadi, adukan komplain ke penerbit kartu kreditmu. Kamu pernah mengalaminya?

5. Manfaatkan point reward yang kamu dapatkan

5 Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit agar Jauh dari Lilitan UtangIlustrasi Belanja E-commerce (IDN Times/Arief Rahmat)

Point reward merupakan salah satu keuntungan dari kartu kredit. Setiap transaksi yang kamu lakukan selama belanja akan menambah poin dalam kartu kreditmu. Jumlah poin yang terkumpul bisa kamu tukarkan dengan barang atau promo yang menarik. Tentunya sesuai kebutuhan juga ya.

Itulah beberapa tips bijak menggunakan kartu kredit, biar kamu gak tekor karena terlena dalam memanfaatkannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Cara Cerdas Biar Gak Pakai Kartu Kredit Saat Liburan

Topic:

  • Birgitta Angie
  • Dewi Suci R.
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya