Comscore Tracker

Ini Lho 5 Manfaat Kamu Berinvestasi Sejak Dini, Yuk Mulai Sekarang!

Millenial dan gen-z wajib tahu

Kita tahu bahwa generasi millenial dan gen-z adalah generasi penerobos baru. Bahkan generasi ini digadang-gadang akan menjadi generasi terkaya di dunia. Mengapa begitu? Karena kaum millenial dan gen-z sendiri rajin berinvestasi untuk masa depan.

Nah, buat kalian yang belum berani berinvestasi, ini dia alasan kenapa sih kamu perlu berinvestasi sejak dini.

1. Tabungan jangka panjang

Ini Lho 5 Manfaat Kamu Berinvestasi Sejak Dini, Yuk Mulai Sekarang!Pixabay.com / Nattanan23

Investasi artinya kamu memulai tabungan jangka panjang. Kamu bisa menyusun rancangan keuangan mu jangka panjang. Perbedaan investasi dan tabungan itu agak berbeda ya. Jika investasi, kamu akan mendapatkan keuntungan dari tabunganmu itu.

2. Belajar bisnis sejak dini

Ini Lho 5 Manfaat Kamu Berinvestasi Sejak Dini, Yuk Mulai Sekarang!pixabay/rawpixel

Prinsip dasar yang digunakan pada investasi sama dengan bisnis seperti dalam menganalisis resiko, menangkap peluang, dan lainnya. Menariknya, investasi tidak hanya dapat membantu kamu untuk mengembangkan modal dan bisnis saja, namun juga dapat untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Baca Juga: 4 Situs Sewa Ruangan Ini Buat Suasana Kerja Jadi Beda 

3. Uang yang bekerja untuk kamu

Ini Lho 5 Manfaat Kamu Berinvestasi Sejak Dini, Yuk Mulai Sekarang!Pexels.com / Bruce Mars

Millenial dan gen-z umumnya masih mengembangkan pikiran kreatif nya sehingga mereka harus berfokus pada sesuatu yang mereka sukai seperti hobi, passion dan mimpi - mimpi mereka.

Nah, dengan kesibukan mu itu biarkan uang mu yang bekerja untuk kamu. Ketika menabung atau menahan uang mu, maka uang yang kamu simpan tidak akan bertambah nilainya. Tapi, jika berinvestasi maka dana yang kamu investasikan akan menghasilkan uang tambahan dari bunga yang dihasilkannya.

4. Membuat dan mewujudkan rancangan keuangan

Ini Lho 5 Manfaat Kamu Berinvestasi Sejak Dini, Yuk Mulai Sekarang!Pexels/Rawpixel.com

Saat kamu mulai berinvestasi, kamu dilarang asal investasi lho. Kamu harus membuat rancangan keuangan jangka panjang dan pendek terlebih dahulu. Misalnya kamu berencana dalam 5 tahun kedepan akan membeli rumah atau yang lainnya.

Nah, pada saat kamu mulai berinvestasi kamu harus fokus pada tujuan rancangan keuanganmu tadi. Kamu harus fokus untuk mewujudkannya dan yang paling penting, kamu harus konsisten ya.

5. Mempersiapkan dana pensiun

Ini Lho 5 Manfaat Kamu Berinvestasi Sejak Dini, Yuk Mulai Sekarang!Pexels.com / Mentatdgt

Mentang -mentang kamu masih muda, kamu gak perlu lah pikir masa tua nanti. Siapa yang masih berpikir begitu? Perbedaan kaum millenial dan gen-z dengan generasi sebelum nya adalah soal masa depan.

Generasi millennial dan gen-Z itu lebih mengedepankan masa depan mereka untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Jadi, siapa bilang mempersiapkan dana pensiun itu belum penting? Justru penting! Agar bisa dinikmati kamu bersama anak cucu mu kelak. Kebayang gak sih kalau di masa tua nanti kamu hanya tinggal menikmati hasil dari jerih lelahmu? Kamu bakal lebih menikmati hidup.

Jadi, kamu tertarik gak nih untuk belajar berinvestasi? Kalau kamu tertarik, kamu harus pilih-pilih jenis investasi yang paling cocok untukmu. Ingat, investasi itu untuk dirimu sendiri, jadi pilih yang terbaik ya.

Baca Juga: Ingin Kaya Saat Muda, Nih Tips Investasi untuk Millennials

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You