Comscore Tracker

Berbisnis Bikin Kita Lebih Dewasa, Ini 5 Penjelasan Logisnya

Karena kedewasaan bukan diukur berdasarkan jumlah usia

Berbisnis merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan sendiri yang mulai diminati anak muda usia 20an di zaman sekarang. Gak heran, banyak usaha-usaha terutama yang sifatnya online, dimiliki dan bahkan didirikan oleh para generasi millennial. Ada banyak banget manfaat yang diperoleh dari berbisnis, lho.

Gak cuma secara finansial, mental pun akan semakin tangguh dan pemikiranmu pun akan semakin dewasa. Bagaimana sih penjelasannya sehingga berbisnis bisa bikin dewasa? Ini dia penjelasan logisnya.

1. Dengan berbisnis kamu jadi tahu untung rugi, serta cara mengatur pengeluaran dan pemasukan

Berbisnis Bikin Kita Lebih Dewasa, Ini 5 Penjelasan Logisnyapexels/bruce mars

Bisnis tentu lekat banget sama urusan pengaturan keuangan. Dengan berbisnis, kamu akan secara langsung terjun dan praktik ke dunia ekonomi yang mana akan sangat kamu butuhkan bahkan di kehidupan sehari-hari. Dengan begini, kamu akan lebih menghargai uang walaupun jumlahnya sedikit.

2. Kesadaran akan pentingnya relasi dan kemampuan membaca karakter orang

Berbisnis Bikin Kita Lebih Dewasa, Ini 5 Penjelasan Logisnyapexels/rawpixel.com

Bisnis juga gak akan bisa dilakukan sendirian. Tentu kamu membutuhkan orang lain agar bisnismu bisa berjalan lancar. Nah, maka dari itu kamu akan mulai memiliki kesadaran akan pentingnya relasi dan kemampuan membaca karakter orang. Dua hal inilah yang akan semakin mendewasakanmu dalam bersikap dan memperlakukan orang lain.

Baca Juga: Sebelum Mulai Bisnis, Pastikan Kamu Lakukan 7 Tips Ini!

3. Sifat ramah dan supel harus dimiliki

Berbisnis Bikin Kita Lebih Dewasa, Ini 5 Penjelasan Logisnyapexels/rawpixel.com

Selain itu, kamu juga perlahan akan mulai menyadari bahwa sifat ramah dan jiwa supel yang pandai bergaul itu sangat diperlukan demi terjaganya komunikasi dengan pelanggan atau siapapun yang terhubung dan terkait dengan bisnismu.

Tentunya, sifat ini gak akan cuma kamu terapkan saat sedang berbisnis, dalam keseharianpun kamu akan jadi lebih ramah dan menghargai orang lain. Dewasa banget, kan?

4. Jiwa kepemimpinan pun akan terlatih

Berbisnis Bikin Kita Lebih Dewasa, Ini 5 Penjelasan Logisnyaunsplash/Dylan Gillis

Satu hal yang gak bisa diabaikan ketika membuka bisnis sendiri dan memimpin beberapa pegawai adalah jiwa kepemimpinanmu akan terlatih. Kamu mulai belajar bagaimana caranya agar pegawaimu merasa nyaman tapi juga tetap bekerja dengan efisien. Hal ini akan semakin terasah seiring berjalannya waktu.

5. Pandai membaca peluang, menghadapi masalah dan tekanan

Berbisnis Bikin Kita Lebih Dewasa, Ini 5 Penjelasan Logisnyapexels/Life Of Pix

Seorang pebisnis juga akan mulai belajar membaca peluang, menghadapi tekanan dan berbagai permasalahan yang muncul. Bukan gak mungkin kan kalau saat menekuni bisnis sendiri, kita akan dihadapkan dengan masalah-masalah dari yang kecil hingga yang besar. Nah, ini juga yang menjadi salah satu faktor pendewasaan diri.

Masih banyak lagi keuntungan lainnya yang kita dapat saat mulai berbisnis. Jadi, bisnis apa nih yang mau kamu tekuni, guys?

Baca Juga: Cerahnya Bisnis Mural, Omzet Bisa Mencapai Puluhan Juta 

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You