Comscore Tracker

Boleh Berutang jika Kamu Memenuhi 5 Syarat Berikut, Harus Mampu Bayar!

Jangan jadikan kebiasaan, ya!

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, terkadang penghasilan yang kita dapat atau tabungan yang kita miliki, gak cukup untuk itu. Seperti misalnya membeli rumah, membeli barang elektronik yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan, dan lain sebagainya. Jika sudah dalam kondisi seperti ini, mau gak mau berutang menjadi solusinya. 

Bagi sebagian orang, berutang mungkin adalah hal yang gak akan pernah mereka lakukan. Punya prinsip seperti ini sih boleh-boleh aja. Tapi jangan malah menghujat mereka yang gak punya pilihan lain ya. Sebenarnya, berutang itu gak dilarang kok. Yang terpenting, kamu punya lima syarat berikut nih. 

1. Utang ditujukan untuk aset atau modal

Boleh Berutang jika Kamu Memenuhi 5 Syarat Berikut, Harus Mampu Bayar!ilustrasi orang menghitung uang (pexels/Karolina Grabowska)

Yang pertama, pastikan bahwa kamu berutang untuk barang-barang yang bentuknya aset atau sebagai modal usaha. Intinya, utang tersebut akan menghasilkan sesuatu yang bernilai suatu saat nanti. Utang semacam ini gak akan membuat kamu merasa menyesal, malah justru akan mendatangkan keuntungan. 

2. Berutang bukan untuk memenuhi gaya hidup belaka

Boleh Berutang jika Kamu Memenuhi 5 Syarat Berikut, Harus Mampu Bayar!ilustrasi orang belanja (pexels/mentatdgt)

Pastikan bahwa kamu gak berutang untuk sekedar membeli barang-barang yang tujuannya untuk memenuhi gaya hidupmu belaka. Barang-barang seperti baju, makeup, sepatu, dan lain sebagainya ini gak akan berharga lagi ketika kamu sudah membelinya. Itu artinya, kamu sudah membuang uang demi gaya hidup dan rasa bangga yang gak ada nilainya. 

Baca Juga: 6 Alasan Harus Mendahulukan Bayar Utang daripada yang Lain

3. Memiliki kemampuan untuk membayar

Boleh Berutang jika Kamu Memenuhi 5 Syarat Berikut, Harus Mampu Bayar!ilustrasi orang menghitung uang (pexels/Karolina Grabowska)

Tentunya, syarat yang gak boleh kamu lewatkan adalah bahwa kamu memiliki kemampuan untuk membayar utang tersebut. Jangan sampai, saat memutuskan untuk berutang kamu gak mempertimbangkan kemampuanmu melunasinya. Ingat, utang itu akan terus ada dan menjadi kewajiban bagimu untuk membayarnya.

4. Memiliki batasan dalam berutang

Boleh Berutang jika Kamu Memenuhi 5 Syarat Berikut, Harus Mampu Bayar!ilustrasi orang berutang (pexels/Karolina Grabowska)

Sebelum memutuskan untuk berutang, kamu juga perlu mempertimbangkan batasan jumlah utang tersebut. Paling tidak, nilai yang harus kamu bayar perbulannya adalah 30% dari penghasilan. Agar, kamu gak menghabiskan semua pemasukanmu hanya untuk membayar utang aja. 

5. Jangan jadikan berutang sebagai kebiasaan

Boleh Berutang jika Kamu Memenuhi 5 Syarat Berikut, Harus Mampu Bayar!ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Karolina Grabowska)

Syarat yang terakhir adalah kamu wajib banget mencoret hal satu ini dari daftar kebiasaan yang ingin kamu lakukan terus menerus. Berutang memang bisa bikin ketagihan, lho. Jangan sampai ketika utang yang satu sudah lunas, kita malah jadi ingin berutang lagi. Apalagi jika sampai gali lobang tutup lobang. Aduh, amit-amit deh.

Berutang bukan sesuatu yang terlarang jika kamu punya aturan tegas untuk dirimu sendiri. Paling gak, lima syarat di atas harus kamu terapkan pada dirimu agar gak terlilit utang dengan cara yang keliru. Setuju gak? 

Baca Juga: Pertimbangkan dan Ketahui Bedanya: Utang Baik dan Utang Buruk

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya