Comscore Tracker

Baru Gajian, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Jadi Penggila Belanja

Jauhkan diri dari yang namanya hedon ya, gengs

Pergantian bulan, pertanda kalian sudah pada gajian kan guys? Nah, biasanya nih budaya konsumtif masyarakat Indonesia yang semakin tinggi apalagi sejak adanya aplikasi belanja online, bikin kita jadi pengen belanja, ya gak sih?

Sebelum kalian melakukan pengeluaran di awal bulan ini, ada beberapa hal nih yang harus direnungkan. Biar gak dibilang jadi shopaholic alias penggila belanja, yuk pertimbangkan dulu hal-hal berikut.

1. Jangan sampai besar pasak daripada tiang

Baru Gajian, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Jadi Penggila Belanjaunsplash/Jordan Rowland

Sejak kecil tentu kita sudah familiar banget dong sama pepatah satu ini kan? Bukan tanpa makna, pepatah satu ini cocok banget buat kalian yang sudah berpenghasilan dan mau mengeluarkan beberapa rupiah untuk belanja. Jangan sampai uang belanja yang kalian keluarkan ternyata lebih besar daripada penghasilan kalian ya, guys.

2. Pandai-pandailah membedakan mana keperluan dan mana keinginan sesaat

Baru Gajian, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Jadi Penggila Belanjaunsplash/rawpixel

Buat yang suka belanja nih, kalian harus cerdas dalam membedakan apakah barang yang ingin kalian beli itu masuk dalam daftar kebutuhan atau hanya keinginan sementara yang sebenarnya masih bisa ditunda atau bahkan gak kalian perlukan sama sekali. Membuat list kebutuhan primer bulanan bisa jadi solusi juga nih biar gak jadi penggila belanja.

Baca Juga: 7 Trik Ini Membantumu Jadi Mahasiswa yang Mandiri Secara Finansial

3. Ingat lagi keperluan mendesakmu yang lainnya

Baru Gajian, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Jadi Penggila Belanjaunsplash/Niels Steeman

Jika kalian sudah punya daftar kebutuhan primer, pasti akan lebih mudah untuk mengingat keperluan mendesak yang memang gak bisa ditunda. Dengan begini, kalian juga jadi gak gampang belanja barang-barang hanya karena "laper mata". Soalnya penyakit gila belanja ini agak berbahaya jika kalian gak aware sama isi dompet yang semakin menipis. 

4. Jangan jadi orang yang egois, sisihkan sebagian untuk yang membutuhkan

Baru Gajian, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Jadi Penggila Belanjaunsplash/Kat Yukawa

Nah, daripada belanja buat diri sendiri dan ujung-ujungnya hanya nambah-nambahin barang di rumah yang sudah banyak. Lebih baik, sisihkan uang kalian untuk berbagi kepada yang membutuhkan. Bersedekah seperti ini juga akan membuat kalian lebih bersyukur dan jadi tau betapa berharganya setiap rupiah yang kalian miliki.

5. Gaya hidup gak perlu tinggi, yang penting keperluan utama sudah terpenuhi

Baru Gajian, Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Jadi Penggila Belanjaunsplash/Artem Bali

Belanja jika hanya untuk memenuhi keinginan kalian belaka itu artinya kalian sedang menuruti nafsu untuk memiliki gaya hidup yang lebih tinggi. Buat apa beli tas branded jika hanya untuk pamer? Atau beli sepatu mahal jika yang kalian inginkan hanya pujian belaka? Ingat, masih banyak kebutuhan yang harus kalian penuhi. Daripada memiliki gaya hidup tinggi tapi kantong jebol, mending hidup sederhana tapi tabungan terisi kan?

Gimana, sudah siap untuk bikin list keperluan belanja bulan ini? Jangan boros ya, gengs.

Baca Juga: 8 Tips Jitu Mengatur Uang Jajan untuk Anak Kost, Gak Takut Tanggal Tua

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, full time daughter..,, you can kindly email me: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You