Comscore Tracker

Jangan Salah Langkah, Hindari 5 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Ini!

Ngikutin trend gak akan ada akhirnya!

Mengelola keuangan adalah sebuah keahlian yang perlu dilatih sejak dini, lho. Agar, ketika sudah bisa memiliki penghasilan sendiri, kita gak kebingungan dan mengambil jalan yang salah. Pasalnya, ini akan memberi dampak pada masa depan kita juga nantinya.

Meski kesadaran untuk mengatur keuangan dengan baik pastinya sudah dimiliki banyak orang, namun masih banyak yang hanya menjadikannya sebagai wacana belaka. Ujung-ujungnya, ketika uang mendarat di tangan, kita tetap menggunakannya tanpa perencanaan yang jelas dan semuanya pun jadi ambyar. Duh, jangan sampai deh.

Nah, biar pengelolaan keuangan kita bisa berjalan dengan lancar, yuk hindari lima kesalahan berikut. Selamat mencoba ya, guys.

1. Gak punya tabungan masa depan

Jangan Salah Langkah, Hindari 5 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Ini!pexels/Artem Bali

Kesalahan pertama yang harus dihindari adalah gak menyisihkan pemasukan untuk tabungan masa depan. Kesalahan satu ini bisa bikin kita menyesal di kemudian hari, lho. Sebab, kita gak pernah tau apa yang terjadi di masa depan dan kejadian apa yang menanti kita. Siapa tau pemasukan kita gak lagi selancar sekarang namun kita tetap perlu pegangan untuk bertahan.

Belum lagi, tabungan itu harusnya terdiri dari tiga tabungan untuk keperluan yang berbeda. Yaitu, tabungan untuk membeli barang yang kita inginkan dalam waktu dekat, tabungan untuk situasi darurat, serta tabungan untuk masa depan yang waktunya belum kita ketahui. Makanya, jangan malas menabung ya.

2. Sibuk membeli barang yang sedang trend

Jangan Salah Langkah, Hindari 5 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Ini!unsplash/freestocks.org

Maraknya penggunaan media sosial bisa berdampak banget nih pada perekonomian dan kondisi finansial seseorang. Pasalnya, jika gak pandai menahan diri, kita akan terus menerus berusaha mengikuti trend hanya untuk mendapat pengakuan dari orang lain. Padahal, ini merupakan sebuah pemborosan yang gak perlu dan kebiasaan keliru yang perlu untuk dihentikan.

Baca Juga: 5 Cara Menentukan Tujuan Keuangan, Impian Lebih Mudah Tercapai

3. Terlalu sering nongkrong di tempat mahal

Jangan Salah Langkah, Hindari 5 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Ini!pexels/Andrea Piacquadio

Siapa nih di sini yang suka banget nongkrong di cafe? Entah itu murah atau mahal, sebenarnya pengeluaran untuk nongkrong bisa banget dipangkas jika kita bisa mengelola keuangan dengan baik. Ditambah lagi, kita perlu tau nih seberapa banyak pengeluaran gak perlu yang pada dasarnya bisa dihindari jika kita gak sering-sering nongkrong di cafe.

4. Pamer dan eksis di media sosial tanpa menyesuaikan isi kantong

Jangan Salah Langkah, Hindari 5 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Ini!pexels/ready made

Senang pamer barang atau kegiatan keren kita di media sosial nyatanya juga berdampak pada kondisi keuangan kita, lho. Jika selalu tergoda untuk upload foto makanan enak, misalnya, kita jadi sering banget makan di luar dan lupa untuk berhemat. Apalagi, jika kita selalu ingin pamer kegiatan liburan seru bareng orang terkasih. Duh, biayanya berapa tuh kalau sering pergi liburan?

5. Gak berinvestasi dalam bentuk apapun

Jangan Salah Langkah, Hindari 5 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Ini!unsplash/rupixen.com

Kesalahan mengelola keuangan yang terakhir adalah ketika kita gak berinvestasi dalam bentuk apapun. Ada banyak cara untuk berinvestasi yang bisa kita pelajari, lho. Dari yang sederhana seperti membeli emas atau saham, hingga investasi bentuk lain yang mungkin lebih rumit. Semuanya bisa kita lakukan jika memang mau, kok. Daripada uangnya terus menerus habis gak berbekas, kan?

Keliru dalam mengatur keuangan akan menjadikan kita orang yang boros dan ceroboh. Lebih parah lagi jika kita merasa gak ada yang salah dan terus melakukan kesalahan yang sama secara berulang-ulang. Hayo, buat kalian yang masih melakukan lima kesalahan di atas, segera sadar dan ganti dengan kebiasaan baik ya. Setuju?

Baca Juga: 5 Tips Atur Keuangan Buatmu yang Berpenghasilan Rp5 Juta per Bulan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya