Comscore Tracker

5 Tanda Nyata Kamu Ahli dalam Mengelola Keuangan, Suka Menabung!

Nyatanya, kamu gak pernah panik soal keuangan

Bicara soal pengelolaan keuangan tentunya cukup rumit dan gak semua orang bisa melakukannya. Justru, mengelola uang menjadi salah satu PR penting yang masih harus terus kita pelajari sampai kapanpun. Banyak orang yang susah sekali untuk meraih kesuksesan hanya karena cara mengelola keuangan yang kacau dan berantakan. 

Namun, ini tentu gak berlaku pada semua orang. Beberapa orang bahkan bisa mengatur keuangannya dengan baik dan memiliki perencanaan yang bagus soal uang yang dia miliki.

Nah, jika lima tanda berikut ini ada padamu, selamat ya. Itu artinya kamu ahli mengelola keuangan dengan baik. 

1. Selalu bisa menyisihkan pemasukan untuk ditabung

5 Tanda Nyata Kamu Ahli dalam Mengelola Keuangan, Suka Menabung!ilustrasi mengatur keuangan (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ketika mendapatkan gaji atau pemasukan, orang yang pandai mengelola keuangan pasti akan langsung menyisihkan beberapa persennya untuk ditabung. Orang seperti ini tahu betul bahwa menabung harus dilakukan di awal, bukannya menunggu sisa setelah dihabiskan untuk keperluan ini itu. 

Sebab, yang namanya menabung itu memang harus dipaksakan terlebih dahulu. Kalau gak, sampai kapanpun kita gak akan punya tabungan yang cukup. 

2. Selalu punya bagian dari pemasukan untuk dibagikan ke orang yang membutuhkan

5 Tanda Nyata Kamu Ahli dalam Mengelola Keuangan, Suka Menabung!ilustrasi orang berbagi (pexels.com/Timur Weber)

Pengelola keuangan yang baik juga akan tahu bahwa ada bagian milik orang lain dari penghasilan yang dia punya. Sehingga, gak ada ceritanya dia menggunakan semua uangnya untuk dirinya sendiri. Selalu ada beberapa persen yang siap dia berikan pada orang lain yang membutuhkan. 

Keinginan untuk berbagi ini gak datang dengan sendirinya. Dia percaya bahwa dari apa yang dia berikan itu, pasti akan kembali lagi padanya dalam bentuk yang lebih banyak. Meski mungkin gak selalu berupa uang. 

Baca Juga: 5 Metode Menabung untuk Anak Kos, Gak Bakal Bingung Saat Akhir Bulan

3. Gak pernah terlambat membayar cicilan jika ada

5 Tanda Nyata Kamu Ahli dalam Mengelola Keuangan, Suka Menabung!ilustrasi mengatur keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Seorang yang memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan gak akan pernah terlambat membayar cicilan. Jika dia memang punya kewajiban untuk membayar sesuatu, maka itu sudah dia perhitungan bahkan sejak dia memutuskan untuk mengambil cicilan tersebut. Gak ada yang luput dari perhitungannya sehingga dia selalu membayar tepat waktu. 

Bahkan, hingga waktu pelunasan pun, dia sudah memperhitungkannya dengan sebaik mungkin. Cicilan baginya adalah utang yang harus dibayar tepat waktu. 

4. Gak pernah panik ketika butuh dana darurat karena sudah punya tabungan khusus

5 Tanda Nyata Kamu Ahli dalam Mengelola Keuangan, Suka Menabung!ilustrasi orang bekerja (pexels.com/MART PRODUCTION)

Kejadian tak terduga seringkali menimpa tanpa disangka-sangka. Beberapa orang mungkin akan panik karena gak punya dana darurat dalam perhitungan mereka.

Berbeda halnya dengan kamu yang sudah bisa mengelola keuangan dengan baik. Dana darurat merupakan salah satu yang sudah kamu persiapkan. Kapanpun kejadian tak terduga itu terjadi, kamu gak akan panik karena gak punya uang.

Memiliki tabungan untuk dana darurat memang sepenting itu, guys. Pastikan kamu juga sudah memilikinya, ya. 

5. Gak gampang khilaf dengan membeli barang yang gak dibutuhkan

5 Tanda Nyata Kamu Ahli dalam Mengelola Keuangan, Suka Menabung!ilustrasi orang belanja (pexels.com/Artem Beliaikin)

Untuk orang dengan pengelolaan keuangan yang baik, membeli barang pun selalu dilakukan dengan perhitungan yang matang. Bukan pelit, ini justru menandakan kamu cukup bijak dalam mempertimbangkan apakah barang itu benar-benar dibutuhkan, diperlukan, atau hanya sekadar diinginkan belaka. 

Gak ada ceritanya kamu membeli suatu barang dan kemudian menyesal. Karena setiap melakukan pengeluaran untuk suatu barang, kamu sudah mempertimbangkan kegunaan barang tersebut. Apakah kamu juga begini? 

Pengelolaan keuangan yang baik adalah salah satu kelebihan yang harus dilatih terus- menerus. Agar ke depannya kamu bisa menjadi orang yang gak hanya tahu caranya menghasilkan uang, tapi juga bijak dalam menggunakannya. Alhasil, kamu pun jadi bisa sukses dan kaya raya. Mau kan? 

Baca Juga: 4 Penyebab Masalah Keuangan dalam Rumah Tangga, yuk Kenali!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya