Comscore Tracker

Lupa Bawa Kartu ATM? Bikin Simpel Keperluanmu Pakai Fitur Cardless BCA

Cardless BCA layani 3 transaksi perbankan loh #DibikinSimpel

Akhir-akhir ini, millenial 'dihantam' dengan derasnya arus digitalisasi. Penggunaan gawai sebagai kebutuhan sehari-hari mempermudah berbagai aspek kehidupan para millenial. Semua hal diakses hanya melalui gawai dan genggaman tangan.

Salah satu aspek yang ikut terkena digitalisasi adalah transaksi finansial. Transaksi finansial masa kini pun mengarah ke layanan transaksi tanpa kartu (cardless). Tanpa perlu menggunakan kartu ATM fisik ataupun uang tunai, kini pengguna dapat menyelesaikan pembelanjaan, tarik tunai, dan transaksi finansial lainnya dengan mudah dan hemat waktu. Bahkan, sindrom cardless ini pun memunculkan istilah 'cardless society'.

Untuk itu, sebagai bentuk pembaruan layanan finansial dan mengakomodasi tren cardless, BCA kini telah merilis fitur handal yang dinamakan dengan Cardless. Fitur ini menjawab kebingungan dari kebanyakan para nasabah yang pernah tertinggal dompet atau kartu ATM/debit saat pergi ke bank ataupun ke mesin ATM untuk mengambil uang. Akibatnya, pengguna pun sering membatalkan transaksi perbankan hanya karena tidak terbawanya kartu ATM/debit.

Lalu, apa dan bagaimana menggunakan fitur Cardless dari BCA ini? Berikut adalah ulasannya untuk kamu.

1. Fitur Cardless BCA adalah penyempurnaan fitur 'Setor Tarik' dari versi BCA mobile sebelumnya

Lupa Bawa Kartu ATM? Bikin Simpel Keperluanmu Pakai Fitur Cardless BCAbca.co.id

Sebenarnya, BCA telah merilis tren cardless berupa setor tunai dan tarik tunai tanpa kartu. Namun, untuk pembaruan layanan finansial, pihak BCA melebur kedua transaksi tersebut dengan menambah layanan baru bernama 'Transaksi Cabang' dan dikenal dengan fitur 'Cardless' dalam versi terbaru saat ini.

Jadi, jika kamu ingin menikmati layanan cardless BCA ini, pastikan kamu telah meng-update aplikasi mobile BCA kamu ke versi terbaru ya.

2. Ingin ambil uang tapi lupa bawa kartu, kamu bisa manfaatkan fitur Cardless 'Tarik Tunai'

Lupa Bawa Kartu ATM? Bikin Simpel Keperluanmu Pakai Fitur Cardless BCAbca.co.id

Cardless di ATM ? Emang bisa ? Bisa dong. Dengan fitur Cardless BCA, kamu sudah tak perlu khawatir lagi jika ketinggalan kartu ATM/debit. Cardless menyediakan layanan ambil uang tanpa kartu dengan mudah, simpel, praktik dan hemat waktu. Kamu hanya perlu memasukkan nomor handphone BCA terdaftar di BCA mobile dan kode transaksi.

Bagaimana caranya? #DibikinSimpel aja dengan cara berikut.

  1. Pastikan kamu telah mengunduh versi terbaru mobile BCA.
  2. Buka menu 'Cardless', lalu pilih 'Tarik Tunai'.
  3. Pilih nominal uang yang akan ditarik atau isikan nominal lain pilihanmu, lalu masukkan PIN BCA mobile.
  4. Kamu akan memperoleh notifikasi berupa 6 digit kode transaksi dan batas waktu pemakaian kode. Informasi ini juga bisa kamu lihat di menu 'Inbox'.
  5. Cari ATM BCA terdekat. Satu hal yang harus kamu pastikan adalah pecahan mesin ATM BCA pilihanmu sesuai dengan nominal yang kamu tarik.
  6. Pilih menu 'Transaksi Tanpa Kartu'.
  7. Masukkan nomor handphone terdaftar dan 6 digit kode transaksi.
  8. Ambil uangmu dan transaksi selesai.

3. Kamu juga bisa transaksi perbankan lewat cabang BCA tanpa ATM dengan fitur Cardless

https://www.youtube.com/embed/rjBlkjJAUtA

Tak hanya tarik tunai, fitur Cardless juga meneydiakan layanan transaksi finansial melalui cabang BCA. Fitur ini menjadi pengganti otorisasi transaksi kartu yang biasa dilakukan teller bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi perbankan di kantor cabang BCA seperti tarik tunai, setor tunai dan lainnya..

Tahapannya mudah dan praktis, kamu hanya ikutin langkah berikut:

  1. Pastikan kamu telah mengunduh versi terbaru mobile BCA
  2. Buka menu 'Cardless', lalu pilih 'Cabang'
  3. Akan muncul notifikasi mengenai informasi transaksi tanpa kartu ATM BCA di kantor cabang BCA. Lalu, pilih OK
  4. Input PIN BCA mobile kamu
  5. Kamu akan memperoleh notifikasi berupa 6 digit kode transaksi dan batas waktu pemakaian kode. Informasi ini juga bisa kamu lihat di menu 'Inbox'
  6. Datang ke kantor cabang BCA, ambil nomor urut, isi formulir transaksi dan lanjutkan transaksi seperti biasa di teller bank
  7. Masukkan nomor handphone yang terdaftar di aplikasi BCA mobiledan 6 digit kode transaksi pada Pin Pad untuk menyelesaikan transaksi
  8. Transaksi selesai

Baca Juga: 6 Tips 'Rawat' PIN, OTP, dan CVC Biar Isi Rekening Gak Kecolongan

4. Gak cuma untuk ambil uang, fitur Cardless juga bisa kamu gunakan untuk layanan setor tunai

Lupa Bawa Kartu ATM? Bikin Simpel Keperluanmu Pakai Fitur Cardless BCAbca.co.id

Layanan ketiga dari fitur Cardless adalah setor tunai melalui ATM tanpa kartu. Dengan layanan ini kamu tak perlu melakukan transaksi setor tunai lewat kantor cabang yang harus antri maupun harus menggunakan kartu ATM di mesin ATM untuk setor tunai.

Tahapannya pun juga cukup mudah, sama seperti layanan cardless sebelumnya. Kamu bisa mengikuti cara berikut ini:

  1. Pastikan kamu telah mengunduh versi terbaru mobile BCA.
  2. Buka menu 'Cardless', lalu pilih 'Setor Tunai'.
  3. Pilih rekening tujuan setor kamu. Bisa rekening kamu sendiri ataupun rekening lainnya. Lalu, input PIN BCA mobile kamu.
  4. Kamu akan memperoleh notifikasi berupa 6 digit kode transaksi dan batas waktu pemakaian kode. Informasi ini juga bisa kamu lihat di menu 'Inbox'.
  5. Cari ATM BCA setor tarik terdekat. Pilih menu 'Transaksi Tanpa Kartu'.
  6. Masukkan nomor handphone terdaftar dan 6 digit kode transaksi.
  7. Setorkan uang di slot uang mesin ATM, pastikan jumlah yang tertera sesuai.
  8. Transaksi selesai.

5. Satu hal yang penting, tetap rahasiakan 6 digit kode transaksi Cardless kamu ya

Lupa Bawa Kartu ATM? Bikin Simpel Keperluanmu Pakai Fitur Cardless BCAbca.co.id

Meskipun layanan Cardless BCA memberikan pengalaman praktis, mudah, dan hemat waktu dalam bertransaksi finansial. Kamu tetap wajib merahasiakan 6 digit kode transaksi layanan Cardless BCA sekalipun pihak bank sendiri yang memintanya. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan transaksi finansialmu.

Semisal kamu melakukan transaksi cardless untuk orang terdekatmu yang berjauhan darimu misal keluarga, dan mengharuskan kamu memberikan kode transaksi, pastikan jika benar mereka memintanya.

6. Tak hanya praktis, fitur Cardless ini juga meminimalkan kasus kejahatan skimming

Lupa Bawa Kartu ATM? Bikin Simpel Keperluanmu Pakai Fitur Cardless BCAbesttechie.com

Layanan Cardless BCA tak hanya memberikan kemudahan transaksi perbankan. Layanan ini secara langsung juga meminimalkan kasus kejahatan skimming di mesin ATM terjadi pada nasabah. Karena frekuensi nasabah menggunakan kartu ATM dan mesin ATM menjadi berkurang.

Seperti yang kita ketahui, transaksi melalui mesin ATM tak selamanya aman, terlebih jika kamu adalah pengguna kartu ATM dengan teknologi magnetic stripe. Banyak para penipu digital yang melakukan aksi kejahatan skimming di mesin ATM. Para Penipu digital ini memasukkan alat skimmer ke mesin slot kartu ATM dan mencuri informasi data pada pita magnetik serta menyalinnya ke kartu dengan pita magnetik kosong.

Untuk itu dengan layanan Cardless ini, setidaknya kamu tak perlu was-was terkait hal tersebut. Penggunaan layanan Cardless pun juga dilengkapi kode transaksi layaknya PIN pada kartu ATM untuk otorisasi transaksi dan layanan cardless-mu.

Nah, itu dia tadi cari buat #JoinGenerasiSimpel #JoinGenerasiSimpelIDN dengan memanfaatkan layanan Cardless BCA yang mudah, praktis dan hemat waktu. Jadi, #DibikinSimpel aja keperluanmu bareng Cardless BCA.

Baca Juga: Jelajahi BCA Mobile Tanpa Ribet Pindah Aplikasi dengan BCA Keyboard

Dede Surya Pradipta Photo Verified Writer Dede Surya Pradipta

Pop news geek in superhero movie, comics, and series

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya