Comscore Tracker

5 Nasihat Penting Kelola Keuangan di Tahun Pertama Pernikahan

Penting buat pengantin baru nih!

Manisnya awal-awal pernikahan jangan sampai bikin terlena. Banyak tantangan yang menanti dan harus disiapkan sedini mungkin, terutama urusan finansial. Mengelola keuangan rumah tangga itu gampang-gampang susah, lho.

Kamu bakal dihadapkan dengan kebutuhan dua orang, kepentingan kegiatan sosial di lingkungan tempat tinggal, dan anggaran lain yang dulu gak ada saat masih melajang. Biar gak bingung, yuk simak lima nasihat penting dalam mengelola keuangan di tahun pertama pernikahan.

1. Jujur dan terbuka soal kondisi finansial

5 Nasihat Penting Kelola Keuangan di Tahun Pertama Pernikahanpexels/jobwell

Terbuka soal kondisi keuangan masing-masing sangat penting untuk memulai tahapan hidup yang baru. Bahkan kalau bisa, urusan ini sudah dibahas sejak sebelum mempersiapkan pernikahan.

Jika kamu dan pasangan sama-sama bekerja, terbuka saja sejak awal tentang nominal penghasilan, termasuk tanggungan dan cicilan yang belum diselesaikan. Keterbukaan ini sangat penting untuk menyusun anggaran bersama ke depannya.

2. Sepakati pengeluaran utama

5 Nasihat Penting Kelola Keuangan di Tahun Pertama Pernikahanfreepik/yanalya

Kalau sudah didapat angka pemasukan rutin bulanan, saatnya merancang pengeluaran bersama. Catat kebutuhan rutin masing-masing sejak sebelum menikah, seperti perawatan tubuh, pulsa, anggaran transportasi, hingga bujet hiburan.

Nah, data ini bisa dijadikan modal untuk menyusun anggaran pengeluaran baru. Pilih mana saja yang harus diprioritaskan, namun jangan lupa tetap menganggarkan bujet hiburan pribadi.

Menikah bukan berarti gak bisa lagi hangout bareng teman dekat atau melakukan hobi, kan? Bujet hiburan pribadi termasuk anggaran penting yang sering dilewatkan banyak pasangan, nih.

3. Jangan lupakan anggaran kencan

5 Nasihat Penting Kelola Keuangan di Tahun Pertama Pernikahanfreepik/prostooleh

Ada satu lagi anggaran yang jarang digubris pasangan baru menikah, yaitu anggaran kencan. Masa sudah menikah masih butuh kencan, sih?

Eits, jangan salah, tetap berkencan atau menghadirkan keseruan seperti saat pacaran adalah cara termudah merawat keharmonisan hubungan. Justru hidup bersama setiap hari lebih rawan terserang jenuh dan bosan, makanya sesekali butuh selingan seru.

Baca Juga: 5 Lifestyle Hack Agar Keuanganmu Tetap Aman, Nabung Jadi Lancar Deh!

4. Selalu sisihkan dana darurat

5 Nasihat Penting Kelola Keuangan di Tahun Pertama PernikahanPexels/Pixabay

Dana darurat juga termasuk anggaran wajib, lho. Apalagi setelah menikah kamu gak lagi memikirkan kepentingan diri sendiri. Jika mendadak pasanganmu ada kebutuhan darurat, dana cadangan ini akan sangat membantu.

5. Pisahkan rekening tabungan

5 Nasihat Penting Kelola Keuangan di Tahun Pertama PernikahanInstagram.com/goodlifebca

Harus diakui masih banyak orang yang merasa sulit menabung. Memiliki rekening lain untuk memisahkan dana cadangan bisa dicoba, nih. Anggaran dana darurat juga bisa disimpan di sini agar gak terpakai untuk kebutuhan lainnya.

Membuka rekening tabungan baru bisa #DibikinSimpel, bisa di mana saja bahkan saat tanggal merah sekalipun. Kemudahan ini bakal kamu dapat jika membuka tabungan di BCA mobile.

Kamu hanya perlu menyiapkan data diri berupa e-KTP dan koneksi internet yang stabil untuk proses verifikasi dengan video call. Gak perlu datang langsung ke kantor cabang BCA tredekat, kamu bisa membuka rekening baru dengan lebih praktis.

Yuk, #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN!

Baca Juga: 5 Cara Atasi Masalah Keuangan Melalui BCA Keyboard

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You