Comscore Tracker

Agar Tidak Boros, Ini 5 Tips Ampuh Mencegah Impulsive Buying

Jangan sampai kamu kalap belanja, ya!

Belakangan ini, banyak sekali marketplace dan online shop berlomba-lomba menggaet para pelanggan dengan bermacam tawaran promo. Diskon, cashback, gratis ongkir, dan promo-promo menarik lainnya diluncurkan secara gila-gilaan. Akibatnya, tak sedikit orang terhipnotis hingga impulsive buying.

Impulsive buying merupakan suatu kecenderungan seseorang untuk membeli barang secara tiba-tiba atau tanpa direncanakan. Apabila dilakukan terus-menerus, tanpa sadar hal ini akan berefek buruk bagi kondisi keuanganmu.

Untuk mencegah kebiasaan impulsive buying, berikut adalah lima tips yang dapat kamu gunakan agar tidak boros. Apa saja, ya?

1. Alokasikan dana ke berbagai pos kebutuhan

Agar Tidak Boros, Ini 5 Tips Ampuh Mencegah Impulsive Buyingpexels.com/Karolina Grabowska

Jika kamu baru saja memperoleh dana atau penghasilan, segera pastikan bahwa dana yang kamu miliki sudah dibagi ke berbagai pos kebutuhan. Alokasikan uangmu ke dalam pos dana darurat, pos pengeluaran rutin, pos investasi, pos zakat atau sumbangan, pos gaya hidup, dan pos lainnya yang kamu anggap perlu.

Dengan memecah dana menjadi beberapa pos, maka kamu tidak lagi memiliki uang nganggur yang bisa memicu kamu menjadi impulsive buying. Kamu akan cenderung menggunakan uangmu sesuai dengan alokasi yang telah kamu rancang.

2. Tekankan gaya hidup minimalis

Agar Tidak Boros, Ini 5 Tips Ampuh Mencegah Impulsive Buyingpexels.com/Francesco Paggiaro

Menerapkan gaya hidup minimalis dapat membantu kamu terhindar dari impulsive buying. Sebab, gaya hidup jenis ini menekankan kamu untuk memiliki sedikit barang namun dengan kualitas yang unggul.

Kalau beralih menjadi minimalis, kamu hanya perlu membeli barang ketika barang yang dimiliki sudah tidak layak untuk dipakai. Jadi, kamu tidak punya alasan untuk membeli barang-barang yang memang belum waktunya untuk dibeli.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sudah Bekerja dan Hidup Mapan

3. Selalu merencanakan barang-barang kebutuhan yang perlu dibeli

Agar Tidak Boros, Ini 5 Tips Ampuh Mencegah Impulsive Buyingunsplash.com/David Ballew

Untuk menghindari impulsive buying, kamu juga perlu mencatat barang-barang kebutuhan yang perlu dibeli dalam daftar belanja. Sebaiknya catat kebutuhan belanja dalam satu bulan.

Tahanlah nafsumu untuk membeli barang lain di luar daftar belanja kamu, terlebih jika itu hanya karena promo. Jika kamu tegas, dijamin kamu bisa terhindar dari yang namanya impulsive buying.

4. Jangan menyimpan banyak uang di e-wallet

Agar Tidak Boros, Ini 5 Tips Ampuh Mencegah Impulsive BuyingUnsplash.com/Alejandro Escamilla

Bagi kamu yang menyimpan banyak uang di e-wallet, pernah merasa kalau kamu jadi semakin sering belanja? Hal ini karena kita merasa bahwa uang yang ada di e-wallet harus segera dihabiskan.

Untuk menghindari impulsive buying, lebih baik jangan mengisi saldo e-wallet terlalu banyak. Gunakan e-wallet hanya ketika kamu benar-benar ingin membeli kebutuhan dengan promo. 

5. Jangan terlalu sering membuka online shop

Agar Tidak Boros, Ini 5 Tips Ampuh Mencegah Impulsive BuyingPexels.com/cottonbro

Tips terakhir adalah, hindari membuka aplikasi maupun situs online shop terlalu sering. Memang niat awal hanya untuk melihat-lihat, namun ujungnya kamu bisa tergiur dengan promo-promo menarik yang bermunculan.

Oleh karena itu, tahan diri untuk tidak membuka aplikasi atau situs online shop terlalu sering. Sebaiknya, alihkan waktu luangmu untuk hal yang lebih produktif ketimbang scrolling online shop yang efeknya justru menggerogoti uang kamu.

 

Nah, itulah lima tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa terhindar dari impulsive buying. Yuk, belanja seperlunya demi kesehatan dompetmu. 

Baca Juga: 5 Langkah Menerapkan Kakeibo, Seni Mengatur Keuangan ala Jepang Kuno

Dianti A Photo Verified Writer Dianti A

Umbi bertumbuh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya