Comscore Tracker

Biar Cepat Kaya, 5 Sumber Pendapatan Ini Bisa Kamu Miliki Sekaligus

Bisa menghasilkan uang secara pasif juga

Selama ini, masih banyak orang yang beranggapan bahwa pendapatan hanya berasal dari gaji. Padahal, kamu dapat menghasilkan uang lebih banyak dengan menggunakan beberapa sumber dalam satu waktu sekaligus. Cara ini pulalah yang digunakan oleh banyak orang untuk meraih kekayaan.

Berikut adalah beberapa aliran pendapatan yang bisa kamu miliki sekaligus untuk menghasilkan lebih banyak uang.

1. Gaji

Biar Cepat Kaya, 5 Sumber Pendapatan Ini Bisa Kamu Miliki Sekaligusunsplash.com/Icons8 Team

Ini merupakan bentuk arus pendapatan yang paling dasar, yang merupakan pendapatan yang kita peroleh sebagai imbalan atas waktu dan usaha kita, seperti gaji dari pekerjaan kita. Ini tidak harus selalu dari pekerjaan full-time. Bahkan, pekerjaan paruh waktu, atau pekerjaan sampingan, itu termasuk dalam kategori ini selama kamu mendapatkan uang darinya.

Dalam kebanyakan kasus, pekerjaan utama ini akan memberi zona yang nyaman. Sayangnya, zona nyaman ini akan menjadi musuh terbesar dan menjauhkan individu dari kehidupan yang luar biasa. Sebab, orang akan menghabiskan waktu maksimum dalam aliran pendapatan ini dan tidak fokus untuk mencari sumber pendapatan yang lain.

2. Keuntungan

Biar Cepat Kaya, 5 Sumber Pendapatan Ini Bisa Kamu Miliki Sekaliguspexels.com/Karolina Grabowska

Itu adalah uang yang diperoleh saat kamu membeli kemudian menjual properti atau aset yang berharga. Ini hampir seperti bisnis, bedanya, kamu memperjualbelikan aset berharga, seperti properti atau kendaraan, bukan produk berbiaya rendah.

Ini adalah tindakan berinvestasi pada barang dengan harga lebih rendah dengan maksud menjualnya dengan harga lebih tinggi. Bisa apa saja, seperti saham, kendaraan, perangko, barang antik, atau bahkan action figure, selama itu menghasilkan lebih banyak uang dari jual beli.

Baca Juga: Dear Millennial, Ini Tips Investasi di Pasar Modal agar Meraih Cuan

3. Residu

Biar Cepat Kaya, 5 Sumber Pendapatan Ini Bisa Kamu Miliki Sekaligusunsplash.com/Jason Leung

Tipe pendapatan ini adalah bentuk pendapatan pasif saat produk yang kamu buat terus menghasilkan uang untuk kamu. Dengan munculnya media digital saat ini, platform penghasil pendapatan jenis ini menjadi lebih mudah ditemukan. Kamu harus berusaha mencari ide yang terbaik lalu memulainya, kemudian membiarkan pundi-pundi rupiah terus mengalir ke rekeningmu.

Beberapa cara termudah dan terbaik untuk mendapatkan penghasilan residu adalah, menulis buku, artikel, menjual kursus, menjadi afiliasi, membuat saluran Youtube, dan meluncurkan podcast.

4. Sewa

Biar Cepat Kaya, 5 Sumber Pendapatan Ini Bisa Kamu Miliki Sekaliguspexels.com/Karolina Grabowska

Ini adalah uang yang kamu peroleh saat menyewakan aset yang kamu miliki, seperti rumah, atau bangunan. Tapi jangan salah, walaupun ini bisa dibilang masuk dalam pendapatan pasif, tapi sering kali sumber penghasilan ini menghasilkan lebih banyak uang daripada sumber pendapatan yang lain, bahkan gaji. Tergantung dari apa yang kamu sewakan dan lokasinya.

Salah satu kelemahan terbesar untuk menciptakan sumber pendapatan ini adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk membuat aset semacam itu cukup besar. Karena uang yang dibutuhkan sangat besar, kamu mungkin perlu bersabar sambil terus mengusahakan beberapa sumber pendapatan lainnya.

Kelemahan besar lainnya dari aset ini adalah likuiditasnya. Sulit untuk mencairkan aset ini dengan cepat pada saat dibutuhkan.

5. Dividen

Biar Cepat Kaya, 5 Sumber Pendapatan Ini Bisa Kamu Miliki Sekaliguspexels.com/pixabay

Ini merupakan sumber pendapatan pasif lainnya, seperti mendapatkan bunga tetapi lebih baik. Untuk mendapatkan sumber penghasilan ini, kamu perlu menjadi pemegang saham suatu perusahaan dan kamu akan memperoleh penghasilan berdasarkan jumlah yang kamu investasikan di dalamnya.

Dividen adalah uang yang kamu peroleh dari perusahaan publik karena membeli saham perusahaan mereka. Pada dasarnya, ini adalah keuntungan yang kamu dapatkan untuk berinvestasi di perusahaan melalui pialang.

 

Memiliki beberapa sumber pendapatan sekaligus bukan hanya dapat membuatmu cepat kaya, tetapi juga lebih menjamin keamanan finansial untuk menghadapi situasi yang tidak pasti. Jadi, jenis penghasilan yang mana saja nih yang sudah kamu miliki?

Baca Juga: 5 Hal Ini Menandakan Kamu Sudah Dewasa Secara Finansial 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya