Comscore Tracker

5 Jenis Investasi Syariah untuk Millennial, Halal dan Untung 

Bisa kamu lakukan dari sekarang!

Daripada menyimpan uang dalam bentuk tabungan di rumah atau ATM, saat ini generasi millennial sudah mulai sadar untuk menyimpan uang mereka dalam bentuk investasi. Karena selain sebagai tabungan, investasi juga memungkinkan pemilik dana mendapatkan keuntungan dari harta yang mereka simpan.

Sayangnya, banyak masyarakat muslim yang masih ragu-ragu untuk menginvestasikan uangnya dikarenakan khawatir akan keuntungan yang tidak halal.

Tapi jangan khawatir, sebab masih banyak jenis investasi berbasis syariah yang pastinya bebas riba, gharar (transaksi yang tidak transparan), dan maysir (spekulasi) yang cocok bagi umat Islam. Nah, buat kamu millennial yang tertarik menginvestasikan uangmu sesuai dengan syariat Islam. Berikut beberapa jenis investasi syariah yang bisa kamu coba.

1. Emas

5 Jenis Investasi Syariah untuk Millennial, Halal dan Untung silvercoins.ee

Emas merupakan salah satu bentuk investasi yang menjadi pilihan banyak masyarakat sejak lama. Harganya yang cenderung naik tiap tahunnya serta memiliki likuiditas tinggi membuat jenis investasi ini dinilai aman dan stabil. Terlebih saat ini kamu bisa membeli emas dengan cara mencicil, sehingga sangat cocok untuk para millennial yang masih kuliah atau baru memasuki dunia kerja.

MUI sendiri telah mengeluarkan fatwa soal jual beli emas secara kredit melalui Fatwa DSN MUI No. 77/DSN-MUI/VI/2010, yaitu hukumnya mubah, asalkan harga pelunasan sama dengan akad di awal serta emas tidak digunakan sebagai alat pembayaran dalam negara tersebut.

2. Properti

5 Jenis Investasi Syariah untuk Millennial, Halal dan Untung unsplash.com/Tierra Mallorca

Pertambahan jumlah penduduk tentunya disertai dengan kebutuhan akan tempat tinggal yang juga meningkat. Hal ini kemudian membuat harga properti seperti tanah dan bangunan juga turut meningkat dari tahun ke tahun.

Investasi tanah dan bangunan selain halal juga dapat memberikan keuntungan yang besar, baik untuk dijual kembali maupun disewakan. Oleh karena itu, jenis investasi ini bisa jadi pilihan yang bagus untuk para millennial.

Baca Juga: 5 Investasi Uang Paling ‘Sehat’ yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-an

3. Reksadana syariah

5 Jenis Investasi Syariah untuk Millennial, Halal dan Untung cdns.klimg.com

Investasi reksadana sangat cocok untuk millennial yang ingin berinvestasi dengan modal yang tidak besar. Reksadana syariah menjadi salah satu investasi yang halal lantaran sistem pengelolaan modal yang sangat transparan dan juga sistemnya yang bebas riba, maysir, dan gharar.

Selain itu, pada investasi reksadana syariah juga terdapat proses yang disebut cleansing guna memastikan modal yang dipakai terbebas dari hal-hal yang diharamkan seperti riba dan sebagainya.

4. Deposito syariah

5 Jenis Investasi Syariah untuk Millennial, Halal dan Untung mybanktracker.com

Kalau umumnya bank konvensional menawarkan deposito dengan bunga yang sudah pasti, bank syariah juga menawarkan investasi deposito dengan sistem yang sedikit berbeda. Pada bank syariah, sistem yang ditetapkan adalah bagi hasil sesuai kesepakatan bersama. Pada jenis deposito ini, uang yang kamu investasikan akan dikelola oleh pihak bank secara produktif yang pastinya sesuai dengan prinsip-prinsip syariat Islam dan saling menguntungkan kedua belah pihak.

5. Asuransi syariah

5 Jenis Investasi Syariah untuk Millennial, Halal dan Untung livemint.com

Jika pada asuransi konvensional uang yang kamu setor sepenuhnya menjadi milik perusahaan asuransi, sehingga menimbulkan transaksi dengan risiko. Lain halnya dengan asuransi syariah. Pada asuransi dengan sistem syariah, kamu tetap memiliki hak atas premi yang rutin kamu setorkan pada penyedia asuransi. Jadi selain halal, asuransi jenis ini juga menguntungkan.

Nah, itu tadi beberapa pilihan investasi syariah yang cocok untuk millennial. Kalau kamu, pilih yang mana?

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Perjalanan untuk Liburan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya