Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk Seputar Keuangan yang Bikin Kamu Menderita

Harus diubah demi kesehatan finansial masa depan

Tidak dapat disangkal bahwa uang merupakan salah satu hal yang paling penting dalam hidup, sebab segalanya membutuhkan uang. Sayangnya, banyak dari kita yang memiliki kebiasaan keuangan yang buruk sejak lama. Akibatnya, apapun yang berurusan dengan uang sering kali membuat kita pusing.

Walaupun begitu, tidak ada kata terlambat untuk mengubah caramu memanajemen keuangan. Jadi, yang harus kamu lakukan adalah menghentikan kebiasaan keuangan yang buruk ini dan kemudian mulailah menciptakan beberapa kebiasaan baik yang membantu kamu mengontrol keuangan dan hidup lebih tenang.

Inilah beberapa kebiasaan buruk soal keuangan yang perlu kamu atasi.

1. Hidup di luar kemampuan

5 Kebiasaan Buruk Seputar Keuangan yang Bikin Kamu Menderitapexels.com/mentatdgt

Salah satu kebiasaan finansial yang buruk yang harus kamu hentikan sesegera mungkin adalah menghabiskan uang lebih dari yang kamu hasilkan setiap bulannya. Mengandalkan kartu kredit untuk mendanai gaya hidup bisa membuat kamu berada dalam masalah utang yang serius.

Ada banyak kebiasaan yang bisa menyebabkan pengeluaran berlebihan. Misalnya, keinginan untuk bersaing dengan orang lain, ingin terlihat mewah, gaya hidup yang berlebihan, dan masih banyak lagi. Manfaatkan kesempatan ini untuk melihat baik-baik kondisi keuanganmu dan mencari tahu pengeluaran mana yang bisa kamu kurangi.

2. Tidak melacak pengeluaran

5 Kebiasaan Buruk Seputar Keuangan yang Bikin Kamu Menderitapexels.com/Karolina Grabowska

Tidak memperhatikan apa yang kamu lakukan dengan uang bisa memicu perilaku berbelanja berlebihan. Pembelian dalam jumlah kecil dapat terakumulasi dari waktu ke waktu sehingga membuat kamu kekurangan uang di akhir bulan.

Untuk mengatasi masalah ini, berjanjilah pada diri sendiri untuk melacak pengeluaran dengan lebih baik sekecil apapun itu. Dengan cara ini, kamu mungkin akan terkejut dengan ke mana perginya uangmu.

Baca Juga: Dear Freelancer, Ini Tips Keuangan Penting agar Terhindar dari Utang

3. Tidak memiliki dana darurat

5 Kebiasaan Buruk Seputar Keuangan yang Bikin Kamu Menderitaunsplash.com/Micheile Henderson

Pengeluaran darurat selalu muncul di saat yang tidak kamu duga. Dan jika kamu tidak terbiasa mengumpulkan uang untuk dana darurat, biaya tersebut dapat memengaruhi keuanganmu ke depannya.

Kurangnya dana darurat dapat membuat kamu berada dalam situasi keuangan yang sulit. Misalnya, mengharuskan kamu berutang di bank dengan jumlah yang cukup banyak ditambah dengan beban bunga yang harus kamu bayarkan. Atau menggadaikan barang-barang berharga yang juga menambahkan beban yang harus dibayarkan tiap bulannya.

Untuk memudahkan kamu menyimpan dana darurat, buat rekening terpisah dengan kebutuhan sehari-hari. Jumlah uang yang harus kamu simpan dalam dana darurat kemungkinan besar berbeda dengan jumlah yang harus disimpan oleh orang lain. Akan tetapi, yang terpenting untuk saat ini adalah menyesuaikannya dengan penghasilanmu.

4. Tidak berpegang pada anggaran keuangan

5 Kebiasaan Buruk Seputar Keuangan yang Bikin Kamu Menderitapexels.com/pixabay

Tidak berpegang pada rencana anggaran yang kamu miliki atau bahkan tidak membuatnya sama artinya dengan menghilangkan kunci untuk mengontrol keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Anggaran mendorong keputusan keuangan dan berfungsi sebagai petunjuk yang mengarahkan kamu ke arah yang benar.

Menghentikan kebiasaan buruk ini tidaklah rumit, cukup buat anggaran dan berkomitmen untuk mengikutinya. Yang jelas, hal ini mencakup penghasilanmu, kebutuhan dasar, limit untuk pengeluaran yang tidak pokok, dan simpanan.

5. Menimbun uang dan tidak pernah bersenang-senang

5 Kebiasaan Buruk Seputar Keuangan yang Bikin Kamu Menderitaunsplash.com/Jason Leung

Berutang dan menghabiskan terlalu banyak uang memang merupakan kebiasaan yang tidak baik. Tapi sebaliknya, takut mengeluarkan uang untuk hal apa pun juga bukan merupakan hal yang bagus.

Bekerja keras hanya untuk menimbun uang akan membuat kamu berada dalam penderitaan, stres, tidak bahagia, kehilangan semangat kerja, dan memengaruhi kesehatan. Untuk itu, kamu perlu bersikap lebih baik pada dirimu sendiri. Ringankan beban diri sendiri dengan menikmati uang hasil kerja.

Dalam hal menghentikan kebiasaan buruk tentang keuangan, yang paling sederhana adalah menurunkan pengeluaranmu hingga ke dasar, hidup sesuai kemampuan, hindari utang, dan simpan uang untuk masa depan. Jika kamu dapat konsisten dengan hal ini, maka kondisi keuanganmu akan menjadi lebih baik.

Baca Juga: Apa Itu KDRT Keuangan? Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya