Comscore Tracker

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Menggabungkan Keuangan dengan Pasangan

Supaya sama-sama nyaman

Dalam hal keuangan, tiap orang memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam menggunakan uangnya. Namun, meskipun aktivitas mengelola keuangan mungkin bersifat pribadi, itu tidak selalu merupakan pengejaran individu. Seringkali, pernikahan dapat menciptakan situasi di mana dua orang harus menggabungkan keuangan.

Apapun yang berkaitan dengan uang bisa sangat sensitif dan menggabungkan keuangan membutuhkan pertimbangan agar dapat membuat kedua belah pihak merasa nyaman. Jadi, apa yang harus dipertimbangkan sebelum menggabungkan keuangan dengan pasangan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Apakah kamu merasa nyaman dengan situasi keuangan satu sama lain

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Menggabungkan Keuangan dengan Pasanganpexels.com/Karolina Grabowska

Bagi beberapa orang, mengungkapkan detail kehidupan finansial kepada orang lain dapat membuat individu merasa rentan. Sehingga, percakapan tentang uang pada awalnya menjadi sulit.

Mungkin pasangan masih memiliki utang pinjaman dan kamu memiliki tabungan di rekening. Atau sebaliknya, kamu merasa tidak nyaman karena kamu masih memiliki utang sedangkan pasangan memiliki tabungan. Atau misalnya, kalian berdua memiliki tujuan finansial jangka panjang yang berbeda.

Karenanya, penting untuk memastikan kalian berdua bisa mengikuti rencana satu sama lain. Meskipun kamu dan pasangan tidak memiliki tujuan yang persis sama, penting untuk memastikan rencana tersebut kompatibel dan dapat diterima satu sama lain. Pada akhirnya, kalian berdua hanya perlu membangun kepercayaan agar merasa nyaman dengan gambaran baru yang terbentuk saat kamu mulai menggabungkan penghasilan.

2. Pahami manfaat dan kekurangannya

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Menggabungkan Keuangan dengan Pasanganpexels.com/Karolina Grabowska

Mungkin saat ini kamu merasa tidak yakin untuk menggabungkan keuangan dengan pasangan. Karenanya, kamu perlu memahami pro dan kontra dari menggabungkan keuangan dengan pasangan.

Keuntungan terbesar yang kalian dapat mungkin adalah kenyamanan. Karena, dengan memiliki akun bersama berarti kalian berdua memiliki akses ke semua uang di akun tersebut setiap saat. Hal ini dapat membuat aktivitas berbelanja kebutuhan rumah tangga menjadi mudah dan terbuka.

Kamu juga tidak perlu lagi mendiskusikan siapa yang akan membayar, atau bagaimana membagi tagihan. Sedangkan kekurangannya, masing-masing jadi bisa mengakses uang tersebut sesuka hati tak peduli berapapun penghasilannya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Literasi Keuangan yang Baik untuk Jangka Panjang

3. Apakah kalian punya gaya pengelolaan uang yang kompatibel

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Menggabungkan Keuangan dengan Pasanganpexels.com/Karolina Grabowska

Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah tipe masing-masing saat menggunakan uang. Misalnya, salah satu pihak adalah penabung dan yang lainnya pemboros, hal ini mungkin bisa menjadi pemicu konflik. 

Bagaimanapun juga, keuangan pribadi sangat pribadi. Jadi, kita semua memiliki kebiasaan dan teknik masing-masing dalam mengelola keuangan. Memiliki gaya mengelola finansial yang berbeda adalah hal yang sangat normal, dan poin penting yang perlu diperhatikan adalah apakah kedua gaya finansial tersebut dapat hidup berdampingan dengan cara yang sesuai untuk kedua belah pihak.

4. Mengapa kamu ingin menggabungkan keuangan?

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Menggabungkan Keuangan dengan Pasanganpexels.com/Karolina Grabowska

Meskipun sepele, tapi tidak banyak orang yang memikirkan alasan untuk menggabungkan keuangan dan langsung membahas bagaimana menggabungkan keuangan. Padahal, memahami alasan ini dapat membantu kamu mendapatkan kerangka berpikir yang benar dan dapat mempermudah prosesnya.

Coba pikirkan baik-baik, apakah kamu ingin menggabungkan keuangan karena kamu merasa ini adalah suatu keharusan? Atau karena di keluargamu terbiasa melakukannya? Atau agar segala hal tentang uang menjadi terbuka? Pikirkan baik-baik semua alasan mengapa kamu ingin melakukannya.

5. Pertimbangkan untuk tidak menggabungkan semuanya sekaligus

Pertimbangkan 5 Hal Ini sebelum Menggabungkan Keuangan dengan PasanganUnsplash.com/Alexander Mils

Membayangkan harus menggabungkan finansial bisa sangat menakutkan bagi sebagian orang. Tapi, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuka akun bersama dan mulai berbagi tagihan dalam jumlah tertentu yang telah disepakati tiap bulannya, dan masing-masing dari kalian tetap memiliki hak untuk menggunakan uang masing-masing untuk kebutuhan pribadi.

Bahkan, mungkin bukan ide yang baik untuk langsung menggabungkan keuangan satu sama lain secara keseluruhan, terutama jika satu orang memiliki riwayat utang yang lebih banyak atau penghasilan yang berbeda jauh. Intinya, masalah penggabungan finansial ini bisa dimodifikasi seusia dengan kenyamanan dan kesepakatan masing-masing.

Akhir kata, sangatlah bijaksana untuk mengevaluasi banyak hal untuk memastikan kamu dan pasangan merasa nyaman dengan keputusan yang diambil. Jadi, gunakan kerja sama tim untuk mencapai kesepakatan dalam hal finansial.

Baca Juga: Kapan Kamu Perlu Evaluasi Keuangan Keluargamu? Kenali 5 Kondisinya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya