Comscore Tracker

Biar Cepat Kaya, 6 Tips Sukses Menabung untuk Orang yang Boros 

Asal ada niat dan konsisten, pasti berhasil!

Kesadaran akan pentingnya menyisihkan uang dan menabung semestinya dimiliki setiap orang sedini mungkin. Sebab, jika kamu sudah terlanjur memiliki kebiasaan boros, maka akan semakin sulit untuk mengatur pengeluaran dan mulai menabung.

Nah, buat kamu yang selama ini sering boros dan ingin berubah, kamu tidak perlu khawatir. Berikut ini ada tips jitu yang bisa dilakukan orang yang boros untuk memulai kebiasaan menabung. Simak baik-baik, ya!

1. Buat catatan pendapatan dan pengeluaran

Biar Cepat Kaya, 6 Tips Sukses Menabung untuk Orang yang Boros Unsplash.com/Green Cameleon

Salah satu masalah yang biasa dialami orang yang boros adalah tidak sadar ke mana uang mengalir. Untuk itu, sejak hari pertama gajian, pastikan kamu membuat catatan yang berisi pemasukan dan pengeluaranmu sehari-hari.

Hal ini akan membuatmu sadar apabila ada yang salah dengan pengeluaranmu selama ini, misalnya pengeluaran untuk nongkrong dan jajan yang ternyata sudah berlebihan, pengeluaran yang didominasi untuk berbelanja barang yang kurang penting, dan sebagainya. Dengan begitu, harapannya kamu bisa melakukan evaluasi dan mereduksi pengeluaran yang tidak penting.

2. Tentukan target yang masuk akal

Biar Cepat Kaya, 6 Tips Sukses Menabung untuk Orang yang Boros unsplash.com/Micheile Henderson

Untuk meningkatkan semangatmu dalam menabung, pastikan kamu memiliki target yang harus dicapai. Misalnya, tetapkan target bahwa selama satu tahun ini kamu akan mengumpulkan uang sejumlah Rp20 juta, akan membeli mobil dalam tiga tahun ke depan, memiliki tanah dan rumah di usiamu yang ke sekian tahun, atau berangkat haji pada tahun sekian.

Dengan begitu, kamu akan merasa memiliki tujuan dalam mengumpulkan uang. Kendati demikian, pastikan kamu menentukan target yang masuk akal. Sebab, jika tidak, bukan tidak mungkin kamu malah jadi malas menabung karena merasa gagal mencapai target yang telah kamu buat sendiri. Atau hidup terlalu pelit demi mencapai target yang tergolong berat.

3. Buka dua rekening dan salah satunya tanpa fasilitas ATM

Biar Cepat Kaya, 6 Tips Sukses Menabung untuk Orang yang Boros unsplash.com/Nick Pampoukidis

Buat catatan kebutuhanmu tiap bulannya, pastikan kamu membuat catatan yang benar-benar berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Misalnya, penghasilan bulananmu adalah Rp5 juta, dan pengeluaranmu adalah Rp2 juta. Dari situ, tiap kali kamu menerima gaji, langsung bagi gaji bulananmu menjadi 2 bagian.

Untuk kebutuhan sehari-hari, sisihkan Rp2,2 atau 2,5 juta di rekening dengan fasilitas ATM. Sedangkan sisanya, segera tabung dalam rekening yang tidak memiliki fasilitas ATM.

Dengan begitu, kamu tidak akan tergoda untuk mengambil tabungan yang tidak diberi fasilitas ATM.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Tetap Konsisten Menabung, Biar Gak Miskin di Hari Tua

4. Simpan dalam bentuk logam mulia

Biar Cepat Kaya, 6 Tips Sukses Menabung untuk Orang yang Boros Unsplash.com/Dmitry Demidko

Kalau kamu masih saja gemas dan tidak tahan untuk berbelanja ketika melihat nominal uang yang kamu miliki di rekening, maka sudah saatnya kamu beralih menyimpan harta dalam bentuk logam mulia, seperti emas. Sisakan uang di rekeningmu untuk bertahan hidup satu hingga tiga bulan ke depan agar kamu tidak tergoda untuk berbelanja, dan sisanya segera gunakan untuk membeli logam mulia.

Selain itu, dengan menyimpan harta dalam bentuk logam mulia sebenarnya kamu telah mengamankan nilai uangmu. Sebab, dari waktu ke waktu harga logam mulia semakin mahal

5. Hindari kebiasaan utang

Biar Cepat Kaya, 6 Tips Sukses Menabung untuk Orang yang Boros unsplash.com/Square

Saat kamu membeli barang dalam bentuk utang atau kredit, maka kamu akan dikenakan bunga yang membuat pengeluaranmu makin besar. Ditambah lagi sistem kredit ini kadang membuat kamu lebih mudah dalam mengeluarkan uang.

Untuk itu, hindari segala jenis utang, termasuk penggunaan kartu kredit yang membuat pengeluaranmu jadi tak terduga. Biasakanlah untuk membeli barang saat kamu sudah memiliki uang yang cukup.

6. Cari lingkungan yang mendukung

Biar Cepat Kaya, 6 Tips Sukses Menabung untuk Orang yang Boros unsplash.com/Priscilla Du Preez

Guna menjaga motivasimu dalam menabung, kamu butuh lingkungan yang mendukung. Maka dari itu, bergabunglah di grup-grup yang dapat mendukung target yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

Misalnya, grup penggemar logam mulia, tanah dan rumah, calon haji, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu akan selalu diingatkan oleh target yang sudah kamu tetapkan dan makin semangat untuk mencari uang dan menabung agar target tersebut cepat terealisasikan.

Itulah beberapa cara menabung yang bisa dilakukan oleh orang yang boros. Jangan tunda lagi dan segera praktikkan!

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Banyak Orang Susah Menabung

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya