Comscore Tracker

Minim Modal, Ini 5 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Millennial

Lumayan lho penghasilannya

Generasi millennial merupakan sebutan bagi mereka yang lahir antara tahun 1980-an hingga 2000. Generasi yang terlahir di era yang serba teknologi ini, umumnya berpikiran terbuka dan kreatif dalam berkarya. 

Kaum millennials yang telah berkarier, biasanya juga memiliki minat untuk menjalankan bisnis sampingan agar dapat menunjang kebutuhan hidup mereka yang umumnya lebih konsumtif dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Nah, berikut ini ulasan 5 bisnis sampingan yang cocok untuk generasi millennial, yang tidak membutuhkan banyak modal. 

1. Buka online shop

Minim Modal, Ini 5 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Millennialitweb.co.za

Bisnis sampingan pertama yang cocok untuk generasi millennial adalah membuka online shop. Bisnis yang satu ini, dapat dijalankan secara fleksibel lho. Kamu bisa menjalankannya kapan saja dan di mana saja, dengan bermodalkan gadget seperti smartphone dan juga laptop. Selain itu, kamu tidak harus memiliki modal yang banyak untuk menjalankan bisnis ini, karena kamu tidak perlu menyewa tempat.

Nah, untuk mendukung kelancaran sistem pembayaran di toko onlinemu, sebaiknya gunakan fitur terbaru dari BCA mobile, yaitu BCA Keyboard. Dengan menggunakan BCA Keyboard, kamu bisa transaksi sambil chatting tanpa harus pindah aplikasi lho. Kamu bisa dengan mudah cek saldo, transfer, dan mutasi rekening tanpa harus pindah ke aplikasi mobile banking terlebih dahulu, dan hanya perlu mengaktifkan BCA Keyboard saja. Praktis bukan?  

Nah, agar bisa menggunakan BCA Keyboard, maka kamu harus mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Sebelum mengupdate aplikasi BCA mobile, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah memiliki rekening di BCA mobile. Jika kamu belum memiliki rekening di BCA mobile, maka kamu bisa membuka rekeningmu secara online via BCA mobile, yang tentunya lebih praktis dan hemat waktu dibandingkan dengan menabung di bank yang lebih ribet karena harus antre terlebih dahulu.
  2. 2. Setelah memiliki rekening di BCA mobile, update aplikasi BCA mobile dan klik aktivasi BCA Keyboard pada menu yang tertera di halaman pertama BCA mobile.
  3. Aktifkan BCA keyboard, dan pilih BCA Keyboard sebagai keyboard utama di smartphone-mu dan fitur BCA Keyboard sudah bisa kami gunakan untuk bertransaksi.

Nah, jika kamu ingin bertransaksi dengan customer atau supplier-mu, kamu hanya perlu membuka salah satu akun chat-mu dan klik logo BCA yang berbentuk cengkeh di BCA Keyboard, dan masukkan kode aksesmu untuk login. Setelah itu, pilih menu transaksi yang akan kamu gunakan, dan masukan nomor PIN m-BCA dan transaksi pun akan segera diproses. Mudah bukan caranya? 

Dengan menggunakan BCA Keyboard, maka akan meningkatkan efisiensi toko onlinemu, serta mengurangi risiko dari penipuan bukti transfer palsu yang sering dialami para pebisnis online. Yuk, #DibikinSimpel dengan BCA Keyboard dan #JoinGenerasiSimpel serta #JoinGenerasiSimpelIDN untuk memperluas jaringan toko onlinemu.

2. Jasa desain grafis

Minim Modal, Ini 5 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Millennialeveningskool.com

Di era yang modern ini, bisnis jasa desain grafis sedang berkembang pesat lho. Banyak individu yang menggunakan jasa desain grafis untuk membuka usahanya atau keperluan lainnya.

Modal minim dengan keuntungan besar merupakan alasan utama mengapa bisnis ini kian diminati banyak orang terutama generasi millennials. Selain itu, bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ini, sangat cocok untuk generasi millennials yang umumnya memiliki minat tinggi di bidang informatika.

Agar bisa sukses di bisnis ini, kamu harus mengasah kemampuanmu dalam mendesain, karena harga jual dari sebuah desain tergantung pada kemampuan yang dimiliki oleh desainernya lho. Selain mengasah skill, kamu juga harus memiliki portofolio yang menarik, agar calon klienmu tertarik dengan kualitas desainmu dan memutuskan untuk menggunakan jasamu. 

Baca Juga: 5 Bisnis yang Kelak Akan Tergilas Roda Zaman

3. Jastip (jasa titip)

Minim Modal, Ini 5 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Millennialmeridiano.klepierre.es

Nah, ini dia salah satu bisnis kekinian yang sedang tren dan cocok banget buat generasi millennial yang hobi travelling dan berbelanja yaitu jastip (jasa titip barang) atau personal shopper. Sistem bisnis ini sangat mudah dan santai lho, kamu hanya perlu berkeliling mall dan memfoto beberapa produk barang yang akan kamu jual, dan menguploadnya di akun media sosialmu.

Setelah selesai mengupload dan memberi keterangan tentang spesifikasi produk dan harga jualnya, kamu hanya tinggal menunggu orderan dari klien yang ingin memesan produk yang kamu pasarkan tersebut. Selain memasarkan lewat media sosial, kamu juga bisa menawarkan jastip pada teman-temanmu saat kamu akan travelling. Dengan begitu, kamu bisa berlibur namun tetap menghasilkan uang. 

Tarif jastip untuk barang-barang dalam negeri berkisar Rp10 ribu hingga Rp25 ribu, yang tentunya tergantung jaraknya. Semakin jauh jaraknya, tarif yang dikenakan juga akan semakin besar. Contohnya saja seperti pembelian barang dari luar negeri yang tarifnya bisa mencapai 20 persen dari harga produk.

Meski lebih mahal, harga tersebut masih lebih murah lho dibandingkan jika beli di dalam negeri. Oleh sebab itu, banyak orang yang menggunakan jastip untuk membeli barang-barang branded dari luar negeri.

4. Jasa fotografi

Minim Modal, Ini 5 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Millennialchinadaily.com.cn

Selain jastip, jasa fotografi juga cocok untuk dijadikan bisnis sampingan generasi millennial lho. Selain kerjanya yang fleksibel, modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak.

Dengan bermodal kamera yang kamu miliki, kamu bisa menghasilkan pendapatan hingga jutaan rupiah lho. Kamu bisa menawarkan jasamu melalui media sosial seperti Instagram, Twitter dan media sosial lainnya.

Selain menawarkan jasa melalui media sosial, kamu juga bisa menawarkan kerja sama dengan pemilik event organizer. Dengan bekerja sama dengan event organizer, maka klienmu akan lebih banyak dari sebelumnya.

5. Jual pulsa

Minim Modal, Ini 5 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Millennialmakeuseof.com

Kecanggihan teknologi membuat banyak orang tak bisa lepas dari gadget seperti smartphone. Kamu bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan membuka bisnis pulsa.

Sama halnya seperti 4 bisnis sampingan di atas, bisnis pulsa tidak membutuhkan  banyak modal lho. Bahkan hanya dengan modal Rp100 ribu kamu sudah bisa berjualan pulsa, meski hanya dalam skala kecil.

Setelah bisnis pulsamu laris, kamu bisa menambah modalmu, dan bisa berjualan pulsa dengan skala yang lebih besar. Bisnis pulsa merupakan salah satu bisnis minim modal yang menjanjikan, pasalnya orang-orang membutuhkan pulsa untuk telepon dan juga membeli kuota internet. 

Nah, itulah ulasan 5 bisnis sampingan dengan modal kecil yang cocok untuk generasi millennial. Dalam berbisnis, selalu ada untung dan ruginya. Namun, kamu dapat meminimalisir kerugianmu dengan tidak mengambil risiko yang besar saat baru mulai membuka usaha, contohnya saja seperti meminjam uang untuk modal usaha di rentenir atau di bank dengan bunga yang tinggi.

Bisnis yang masih awal, umumnya belum banyak mendapatkan keuntungan dan rentan mengalami  kerugian. Jika kamu meminjam uang di bank dan rentenir, tentu akan menjadi beban bagi dirimu karena harus membayar bunga yang tinggi, padahal bisnismu belum memiliki banyak keuntungan.

Sebagai calon pebisnis yang sukses, kamu harus bijak dalam mengambil pinjaman dan mengelola keuangan agar bisnismu dapat berjalan dengan lancar. Selamat berbisnis!

Baca Juga: Jangan Monoton, Ini 5 Tips Jitu Bikin Bisnis Sukses di Bidang Fashion!

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You