Comscore Tracker

9 Hal Ini Bisa Selamatkan Isi Dompet Anak Kosan

Saatnya anak kos pandai mengatur keuangan

Lepas dari orang tua dan memulai hidup mandiri memang tak mudah. Kamu harus pandai-pandai mengatur keuangan sendiri. Kamu tak boleh sembrono menguras isi dompet saat awal bulan agar bisa bertahan hingga akhir bulan nanti.

Lantas, bagaimana caranya biar kamu bisa hemat? Sembilan langkah kecil ini secara tak sadar bisa menekan pengeluaranmu dan bikin keuanganmu aman.

1. Dibuang sayang, sekarang recehan harus diamankan di dompet koin.

9 Hal Ini Bisa Selamatkan Isi Dompet Anak Kosan heylittlespender.com

Mulai sekarang, kamu gak boleh lagi menyia-nyiakan uang receh. Rajin mengumpulkan uang kembalian berbentuk receh di dompet khusus koin bisa menyelamatkanmu. Recehan secara nominal memang tampak sedikit. Seperti kata pepatah, bila dikumpukan akan jadi bukit. Tidak percaya? Sekarang saatnya kamu buktikan.

2. Pakai sabun mandi secukupnya. Kalau bisa sih, sabun batang saja. Bukan pelit, tapi hemat.

9 Hal Ini Bisa Selamatkan Isi Dompet Anak Kosan york.coursestorm.com

Kamu sering tak sadar membuang-buang sabun. Apalagi kalau kamu pakai sabun cair. Diakui atau tidak, sabun cukup menguras pengeluaran. Coba hitung, berapa banyak rupiah yang kamu keluarkan untuk sekadar membeli sabun? Kalau bisa berhemat memakai sabun, pengeluaranmu pasti lebih ringan.

3. Cuci baju sepekan sekali. Ini cara efektif untuk menghemat deterjen.

9 Hal Ini Bisa Selamatkan Isi Dompet Anak Kosan wisegeek.com

Cuci bajumu sepekan sekali. Ini cara efektif untuk menghemat deterjen. Sebab, kalau mencuci setiap hari, deterjen yang dikeluarkan justru lebih banyak. Konsekuensinya, bebanmu di akhir pekan untuk mencuci baju lebih berat. Tapi tak apa. Hitung-hitung kegiatanmu di akhir pekan itu menjadi lebih produktif, kan?

4. Kamu tak harus makan daging setiap hari. Protein nabati biasanya jauh lebih murah lho.

9 Hal Ini Bisa Selamatkan Isi Dompet Anak Kosan peppercornsteak.ca

Aturlah waktumu untuk makan daging. Apalagi kalau kamu tidak memasaknya sendiri. Tak perlu setiap kali makan berlauk daging. Bila Senin makan daging, kamu tak perlu makan lauk yang sama saat Selasa. Di hari berikutnya, kamu bisa menyelinginya dengan tahu, tempe atau jamur. Cara ini cukup efektif menekan pengeluaranmu.

Baca Juga: Kamu Anak Kos? Pasti Ini 31 Hal yang Cuma Diketahui Temen Sekosmu!

5. Jangan malas bawa minum sendiri kalau makan di luar.

9 Hal Ini Bisa Selamatkan Isi Dompet Anak Kosan iquitsugar.com

Rajinlah membawa air mineral dalam botol kalau kamu berencana makan di luar. Sebab, uang yang digunakan untuk memesan minuman bisa kamu simpan dan digunakan untuk keperluan-keperluan lain. Lumayan, paling tidak kamu bisa menghemat 2.000-10.000 rupiah kalau kamu bawa minum sendiri.

6. Rajin mengumpulkan voucher diskon efektif mengamankan isi dompetmu di kemudian hari.

9 Hal Ini Bisa Selamatkan Isi Dompet Anak Kosan freepik.com

Kumpulkan voucher-voucher diskon yang kamu dapat dari seminar atau acara-acara lain. Siapa tahu voucher ini bakal berguna di kemudian hari. Bila kamu sedang butuh barang yang termuat dalam voucher diskon itu, gunakanlah.

Namun kamu juga harus bijak menyikapinya. Kalau kamu tak terlalu butuh, simpan saja voucher-mu. Tunggu sampai kamu benar-benar membutuhkan barang yang bisa dibeli dengan potongan harga menggunakan voucher itu.

7. Beli perdana internet ternyata lebih hemat daripada isi pulsa data.

9 Hal Ini Bisa Selamatkan Isi Dompet Anak Kosan computerbild.de

Beruntunglah kalau telepon selulermu dual sim. Sebab, kamu bisa memanfaatkan satu slot kartunya sebagai sumber data service network, yakni dengan kartu perdana Internet yang bisa kamu tanam-buang.

Belakangan, harga perdana Internet yang dijual di kios-kios ponsel lebih murah dibandingkan dengan pulsa data. Untuk itu, pandai-pandailah memilih kartu paket Internet dengan kuota yang menjanjikan. Hitunglah baik-baik perbandingannya. Dengan demikian, kamu bisa menghemat belasan hingga puluhan ribu rupiah.

8. Rajin nongkrong di tempat yang menyediakan layanan internet gratis.

9 Hal Ini Bisa Selamatkan Isi Dompet Anak Kosan jenningswire.com

Kebutuhan akan Internet saat ini memang makin banyak. Sebab, segala hal diakses lewat dunia maya. Seiring dengan hal tersebut, disadari atau tidak, kamu membutuhkan jumlah kuota Internet yang tak sedikit setiap bulannya. Lantas, bagaimana caramu menghemat paket data?

Sering-seringlah nongkrong di tempat yang menyediakan Wi-Fi gratis. Kalau kampusmu menyediakan layanan Internet gratis, rajin-rajinlah berada di sana. Selain dapat menghemat penggunaan paket data, kamu juga bisa bersosialisasi lebih lama dengan teman-temanmu.

9. Hadir ke pertunjukan seni gratis di akhir pekan bisa meredam hasratmu untuk nonton di bioskop.

9 Hal Ini Bisa Selamatkan Isi Dompet Anak Kosan concordia.ca

Bayangkan, kamu bisa meredam keinginan menonton di bioskop dengan mengalihkannya ke pertunjukan-pertunjukan gratis. Di mana biasanya pertunjukan gratis digelar? Rajin-rajinlah membuka laman resmi lembaga budaya. Lembaga itu biasanya rajin menggelar event-event tak berbayar.

Meski demikian, bukan berarti kamu dilarang ke bioskop. Aturlah waktu yang tepat untuk menonton film di studio berbayar itu. Paling tidak, kamu bisa menyambangi bioskop sebulan sekali atau dua bulan sekali. Selebihnya, redam keinginanmu. Bukankah datang ke pertunjukan gratis juga dapat memberimu hiburan?

Nah, sekarang kamu akan lebih pandai mengatur keuangan. Selamat menabung!

Baca Juga: Untuk Anak Kos: 15 Masakan Ini Mudah Dimasak dan Murah, Lho

Topic:

Berita Terkini Lainnya