Comscore Tracker

5 Tips Menabung Paling Efisien Buat Millennials

Semuanya #DibikinSimpel aja!

Generasi millennials sekarang sudah memasuki dunia kerja. Sayangnya, seiring semakin banyaknya tren, kadang millennials jadi kesulitan mengatur keuangan hingga lupa menabung. Duh, kalau sudah begini bisa bahaya buat masa depan.

Makanya, menabung pun butuh strategi khusus biar kamu tetap bisa hidup tenang. Berikut tips simpel menabung yang efektif dan efisien buat generasi millennials.

1. Sisihkan 50 persen gajimu untuk ditabung

5 Tips Menabung Paling Efisien Buat MillennialsUnsplash/Nick Pampoukidis

Duh, kok banyak banget? Tentu saja. Kamu harus menabung lebih banyak daripada uang untuk keperluan harian atau bulanan karena tabungan itu sifatnya jangka panjang. Semakin banyak uang yang kamu tabung, kebutuhanmu di masa depan akan semakin aman, deh!

Ingat, 50 persen itu sebenarnya takaran minimal lho. Sebisa mungkin kamu menabung lebih dari itu, tapi kembali lagi pada gaya hidupmu. Yang jelas, kamu sangat wajib menyisihkan setengah dari penghasilanmu untuk disimpan.

2. Bikin rekening terpisah buat tabunganmu

5 Tips Menabung Paling Efisien Buat MillennialsPexels/bruce mars

Ini sangat penting, agar uang bulanan dan tabunganmu gak tercampur jadi satu sehingga kamu gak bingung bagaimana mengaturnya. Jangan pernah merasa repot karena hal ini memang sangat perlu. Bayangkan kalau semuanya dijadikan dalam satu nomor rekening tabungan, kamu bisa saja lebih gak bisa mengontrol menggunakannya karena merasa punya banyak uang.

Oleh karenanya, mulai sekarang, bukalah rekening baru khusus buat tabunganmu. Bebas mau di bank lain atau bank yang sama dengan rekening gajimu. Kalau kamu punya rekening BCA dan sudah mengaktifkan BCA Mobile, kamu bisa memanfaatkan fitur Buka Rekening di aplikasi tersebut lho!

3. Gak perlu ke bank, kamu bisa manfaatkan fitur Buka Rekening BCA di aplikasi BCA Mobile

5 Tips Menabung Paling Efisien Buat MillennialsUnsplash/freestocks

Bener banget! Dengan memanfaatkan fitur di aplikasi BCA Mobile, kamu jadi bisa buka tabungan di BCA Mobile, bisa di mana saja, bahkan saat tanggal merah sekalipun! Jadi kamu gak perlu ke bank dulu, deh!

Sebagai generasi yang udah #JoinGenerasiSimpel, kamu harus bisa membiasakan segala keperluan untuk #DibikinSimpel, termasuk bikin rekening baru. Caranya pun mudah banget. Pertama, pastikan smartphone-mu minimal menggunakan iOS 8 atau Android 4.4. Selain itu juga harus bisa melakukan video call selama minimal 5-10 menit karena hal ini akan dibutuhkan saat proses verifikasi data dengan CSO nanti.

Sesudah itu, siapkan data-datanya berikut:

  • WNI dan memiliki e-KTP. Selain e-KTP, pembukaan rekening tidak dapat dilakukan.
  • Alamat e-mail pribadi.
  • Foto e-KTP dan tanda tangan, pastikan kualitasnya baik (gambar fokus, pencahayaan terang dan mengikuti kotak yang tersedia / tidak terpotong).
  • Foto wajah, pastikan kualitasnya baik (gambar harus fokus, pencahayaan terang, wajah tidak terhalang benda apapun dan mengikuti lingkaran yang tersedia)
  • Jika hasilnya kurang sempurna, saat video call CSO akan meminta foto ulang.

Sesudah itu kamu harus melakukan verifikasi data pada CSO. Ikuti tahap-tahapnya lalu rekeningmu sudah jadi, deh! Yuk, segera #JoinGenerasiSimpelIDN!

Baca Juga: 5 Masalah Klasik yang Gak Kamu Alami Saat Buka Tabungan di BCA Mobile

4. Kamu harus punya rencana tabunganmu itu akan dipakai untuk apa saja

5 Tips Menabung Paling Efisien Buat MillennialsUnsplash/Jasmine Coro

Setidaknya kamu punya 1 tujuan khusus tabunganmu itu akan digunakan untuk apa, tergantung kebutuhanmu, ya! Pula, kalau kamu punya banyak sekali impian, berarti kamu harus memilah berapa persen tabungan akan digunakan untuk tujuan A, berapa yang B, C, D, dan seterusnya. Ini agar kamu bisa mengelola uang tabungan dengan efektif sehingga kamu gak akan kaget saat tiba-tiba uangnya menipis.

5. Jangan pernah ambil uang tabungan untuk keperluan harianmu!

5 Tips Menabung Paling Efisien Buat MillennialsUnsplash/rawpixel

Kamu harus disiplin saat menabung. Jangan pernah ambil jatah tabungan untuk keperluan harianmu karena sekalinya kamu seperti itu, bisa malah jadi kebiasaan buruk kemudian berdampak pada tabunganmu lho!

Maka, biar gak kekurangan uang bulanan, kamu harus bisa mengelolanya dengan baik. Jangan sampai luput fokus saat menabung. Ingat, masa depanmu masih panjang! Kalau mau jadi kaya, ya harus rajin menabung dan berhemat.

Baca Juga: 5 Risiko Jika Kamu Tidak Punya Rekening Tabungan

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya