Comscore Tracker

4 Jenis Arisan Terpopuler di Indonesia, Kamu Ikut yang Mana?

Pahami juga ya risiko dan keuntungannya

Jakarta, IDN Times - Arisan bukan hal asing di masyarakat. Acara yang kerap dijadikan ajang silaturahmi ini sudah ada sejak beberapa puluh tahun lalu. Arisan bahkan tidak termakan oleh waktu. Selain jadi ajang silaturahmi, arisan juga menjadi salah satu metode untuk menyimpan uang dalam waktu tertentu. Bisa dibilang, arisan ini seperti menabung.

Dalam arisan, kamu diwajibkan menyetor sejumlah uang pada waktu yang ditentukan. Bisa harian, mingguan hingga bulanan. Nantinya, uang yang telah disebarkan tersebut akan dikumpulkan dengan peserta lainnya. Selanjutnya, akan ada pengocokan untuk menentukan siapa yang akan mendapatkannya.

Arisan juga kerap dijadikan alternatif bagi orang yang kesulitan menabung. Karena dengan cara tersebut, mau tidak mau dia harus menyetorkan uangnya.

Nah, tapi kamu tau gak kalo ada beberapa jenis arisan yang populer di Indonesia. Apa saja itu? Dikutip dari Lifepal.co.id, berikut IDN Times rangkum empat arisan populer di Indonesia.

1. Arisan biasa

4 Jenis Arisan Terpopuler di Indonesia, Kamu Ikut yang Mana?IDN Times/Reza Iqbal

Kalau arisan jenis ini sih udah legendaris banget di Indonesia. Sistemnya, para peserta arisan mengumpulkan uang di waktu yang sudah disepakati bersama.

Setelah itu, pada tanggal yang telah disepakati, semua anggota diharapkan untuk berkumpul untuk mengocok nama-nama peserta. Dalam kocokan tersebut terdapat seluruh nama peserta. Nama yang keluar, maka ia yang akan mendapatkan seluruh uang. Begitu seterusnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Tidak Terduga saat Kamu Rajin Ikut Arisan, Catat ya!

2. Arisan RT atau arisan keluarga

4 Jenis Arisan Terpopuler di Indonesia, Kamu Ikut yang Mana?generasizeru.com

Sistem arisan RT atau keluarga mirip dengan arisan biasa. Mengumpulkan uang di waktu yang telah ditentukan dan dikocok pada periode yang juga telah disepakati. Namun, arisan jenis ini biasanya digunakan untuk mempererat tali silaturahmi antar tetangga maupun keluarga. Biasanya, arisan ini bukan acara utama, melainkan adalah kegiatan berkumpulnya.

Tuan rumah biasanya adalah mereka yang telah mendapatkan arisan di periode sebelumnya. Mereka biasanya akan menggunakan uang arisan tersebut untuk menyediakan makanan dan minuman bagi tamu. Intinya, arisan ini sih untuk mempererat silaturahmi.

3. Arisan barang

4 Jenis Arisan Terpopuler di Indonesia, Kamu Ikut yang Mana?Ilustrasi Aset (IDN Times/Mardya Shakti)

Arisan jenis ini agak berbeda dengan arisan sebelumnya. Para peserta dalam arisan ini telah menyepakati barang apa yang akan dijadikan arisan. Bisa saja sembako, motor, atau mungkin mobil.

Semakin besar barang yang disepakati, maka uang yang disebutkan juga semakin besar. Peminat arisan ini lumayan banyak. Sebab mereka bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa terasa. Seru sih, jadi pulang-pulang bisa bawa setumpuk sembako atau barang yang bisa digunakan.

4. Arisan emas

4 Jenis Arisan Terpopuler di Indonesia, Kamu Ikut yang Mana?Ilustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Nah, arisan emas ini juga termasuk menguntungkan lho! Apalagi harga emas terus mengalami kenaikan. Hitung-hitung, kamu jadi investasi jangka panjang juga. Jadi, maksudnya di sini, kamu tetap menyetor uang untuk mendapatkan emas, bukan menyetor emas.

Salah satu lembaga yang menawarkan fasilitas ini adalah Pegadaian. Kamu gak perlu takut kena penipuan, karena dikelola langsung oleh Pegadaian, jadi sudah pasti aman. Bahkan para peserta juga mendapatkan sertifikat lho.

Acara ini baru bisa berjalan jika memiliki peserta minimal enam orang dan maksimal 36 orang. Tujuannya biar perputaran uang tidak terlalu lama. Karena diundi setiap bulan, jadi bisa selesai dalam waktu 36 bulan atau tiga tahun.

Sistemnya itu, setiap bulan seluruh peserta harus menyetorkan uang sebagai down payment (DP) untuk menebus emas. Jumlah setorannya itu bisa disetorkan dengan harga dan berat emas yang sudah disepakati di awal.

Jadi kamu tertarik ikut arisan yang mana nih? Jangan lupa ya sebelum ikut arisan, pahami dulu risikonya.

Baca Juga: 6 Efek Samping Arisan yang Perlu Kamu Waspadai Lebih Dini

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya