Comscore Tracker

5 Langkah Biar Kamu Gak Jadi Generasi Sandwich

Serba sudah atur keuangan dengan banyaknya tanggungan

Jakarta, IDN Times - Sandwich generation atau generasi sandwich pertama kali dikemukakan oleh pekerja sosial bernama Dorothy Miller pada 1981. Generasi ini bertanggung jawab mengurusi tanggungan finansial generasi di atas dan di bawahnya, sekaligus memenuhi kebutuhannya sendiri.

Generasi di atas generasi sandwich adalah orangtua dan mertua. Sedangkan generasi di bawah generasi sandwich adalah anak, adik, atau keponakan.

Lalu, bisakah kita menghindar agar tidak jadi generasi sandwich?

1. Pastikan kondisi keuanganmu sehat

5 Langkah Biar Kamu Gak Jadi Generasi SandwichIlustrasi uang (IDN Times/Mela Hapsari)

CMO dan Co-Founder Lifepal, Benny Fajarai mengatakan mulailah mempersiapkan diri secara keuangan saat sadar bahwa kita memiliki potensi menjadi sandwich generation. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memastikan agar kondisi keuangan dalam kondisi baik.

"Cash flow positif, tidak memiliki utang terlalu besar dan tidak produktif dan pastikan dana darurat itu ada dan siap untuk hal tidak diduga," ujarnya dalam Ngobrol Seru bareng IDN Times, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Mengenal Generasi Sandwich, Apakah Kamu Salah Satunya?

2. Disiplin menabung dan investasi dan jangan lupa persiapkan asuransi kesehatan

5 Langkah Biar Kamu Gak Jadi Generasi SandwichIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Ketika sudah mampu mengelola keuangan dengan baik, jangan lupa gunakan uang tersebut untuk ditabung dan diinvestasikan. Lakukan investasi sesuai kemampuan keuangan yang dimiliki. Selain itu, pelajari risiko dari investasi yang ingin dilakukan.

"Pastikan orang tua kita mempunyai asuransi kesehatan atau BPJS Kesehatan. Karena setelah usia 70 tahun asuransi swasta mungkin akan sulit mencari yang bisa meng-cover orang tua kita," jelas Benny.

3. Persiapkan asuransi jiwa dan dana pensiun

5 Langkah Biar Kamu Gak Jadi Generasi SandwichIlustrasi Singapura (IDN Times/Sunariyah)

Benny menambahkan agar para generasi sandwich mempersiapkan asuransi jiwa dan dana pensiun. Kedua hal tersebut akan sangat membantu generasi sandwich dalam jangka panjang.

"Kita harus pastikan jika kita tanggungan anak dan orang tua kita harus memili asuransi jiwa setidaknya cukup sampai anak kita hingga mapan nanti dan sampai orang tua meninggal dunia dan tidak lagi jadi tanggung jawab kita. Pastikan juga kita punya dana pensiun dan merencanakan diri menabung untuk dana pensiun itu sehingga bisa memutus rantai generasi sandwich ini," imbuh dia.

Baca Juga: Cara Atur Keuangan Generasi Sandwich supaya Goals Tetap Tercapai

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya