Comscore Tracker

Melirik Bisnis Jasa Bodyguard bagi Pesepeda, Segini Tarifnya

Kamu perlu dikawal? Kontak deh Tim Garda Kawal Gowes~

Jakarta, IDN Times - Maraknya aksi pembegalan terhadap pesepeda membuat asosiasi driver ojek online, Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) melihat celah pasar. Mereka pun berinisiatif menyediakan jasa pengawalan, tentunya dengan imbalan.

Ketua Presidium Nasional Garda, Igun Wicaksono, mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan jasa pengawalan tersebut sejak November ini. Mereka menamakannya Tim Garda Kawal Gowes.

"Momentum pada saat banyak temen-temen sepeda jadi korban begal. Apalagi militer jadi korban begal juga. dari situ kita melihat kita harus ikut berandil untuk mengamankan pesepeda," kata Igun saat dihubungi IDN Times, Sabtu (28/11/2020).

1. Cara order dan besaran tarifnya

Melirik Bisnis Jasa Bodyguard bagi Pesepeda, Segini TarifnyaIlustrasi Hari Sepeda Dunia 3 Juni (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Igun menuturkan, pesepeda yang berminat untuk dikawal dapat menghubungi dirinya di nomor 08170674142. Nantinya, setiap 10 sepeda akan mendapat pengawalan dari tiga orang dengan dua motor.

"Tarifnya Rp750 ribu per jam. Satu tim (pengawalan) tiga orang. Terdiri dari tiga orang dan dua sepeda motor. Satu boncengan satu lagi tidak," jelas dia.

Selain itu, pesepeda juga nantinya akan dikawal oleh orang-orang pilihan yang berpengalaman. "Untuk menjadi Tim Garda Kawal Goes, kita lakukan seleksi yang paham bidang-bidang security pengamanan maupun bela diri, khususnya bela diri. Semua tim memiliki bekal bela diri," tambah dia.

Baca Juga: Mau Beli Mountain Bike? Cek Harga Sepeda Pivot dan Sederet Merek Ini

2. Ada ketentuan yang harus dipatuhi penyewa jasa

Melirik Bisnis Jasa Bodyguard bagi Pesepeda, Segini TarifnyaJalur sepeda Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Minggu (21/6/2020) (IDN Times/Uni Lubis)

Terkait risiko, ada beberapa hal yang harus dipahami oleh penyewa jasa pengawalan. Sejak awal, prosedur itu akan dibahas terlebih dahulu. "Kita sampaikan saat briefing sebelum menentukan rute bersepeda ke mana saja," ucap dia.

Apabila nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan--seperti pembegalan di jalan--akibat dari kelalaian pesepeda, kerugian bisa ditanggung oleh penyewa jasa. Sebaliknya, bila terjadi aksi pembegalan dan penyewa telah sesuai instruksi, segala risiko merupakan tanggung jawab Tim Kawal Gowes.

"Kalau tidak ikut (instruksi), contoh kita instruksi agar tidak menjauh dari rombongan, ternyata menerima telpon atau berswafoto tidak fokus dan menjauh, lalu terjadi misalnya pembegalan misalnya, pasti kita akan beri perlawanan terhadap begal tapi kerugian tidak ditanggung," kata dia.

3. Layanan pengawalan bersepeda baru tersedia di Jabodetabek

Melirik Bisnis Jasa Bodyguard bagi Pesepeda, Segini TarifnyaIDN Times/istimewa

Layanan pengawalan pesepeda ini, lanjut Igun, saat ini baru tersedia di wilayah Jabodetabek saja. Pihaknya belum bisa memastikan apakah wilayah lain juga akan bisa menikmati layanan tersebut dalam waktu dekat.

"JDan biasanya ke hubungin nomor saya atau melalui, e-commerce, Blibli.com, Garda Kawal Goes," kata dia. Dia pun belum memastikan apakah usaha ini akan diteruskan jika pandemik sudah usai dan kondisi sudah kondusif nanti. "Kita kan tidak permanen ya. Liat situasi juga," sambungnya.

Itulah ulasan lengkap seputar cara order, kontak dan tarif jasa Bodyguard yang bisa kamu gunakan untuk mencegah maraknya pembegalan terhadap pesepeda.

 

Baca Juga: Tips Pilih Sadel Sepeda Agar Gowes Lebih Nyaman dan Menyenangkan

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Anata Siregar
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya