Comscore Tracker

5 Tips Bisa Beli Rumah Sendiri Walau Gaji Level Fresh Graduate

Punya rumah sendiri bukan lagi mimpi!

Salah satu impian para pekerja adalah bisa memiliki rumah dengan gaji bulanannya. Akan tetapi kalau pekerja masih di level fresh graduate, biasanya akan susah menggapai mimpi ini. Pasalnya, gaji level fresh graduate terkadang masih tidak terlalu besar atau dikisaran UMP. 

Namun, ada cara jitu buat yang kamu pengen punya rumah tapi dengan gaji level fresh graduate lho. Mau tahu? Simak di bawah ini ya.

1. Bikin tabungan khusus

5 Tips Bisa Beli Rumah Sendiri Walau Gaji Level Fresh GraduateUnsplash.com/Diane Helentjaris

Hal pertama yang bisa dilakukan agar impian beli rumah dengan gaji level fresh graduate bisa tercapai adalah dengan berkomitmen untuk menabung. Pisahkan tabungan ini dengan tabungan lainnya. Tujuannya sudah tentu agar uang tak digunakan untuk keperluan lainnya.

#DibikinSimpel aja, buka tabungan di BCA Mobile yang bikin kamu gak perlu capek-capek dan habiskan waktu ke kantor cabang. Berbekal smartphone, buka tabungan di mana saja dan tanggal merah sekalipun bisa!

Untuk membuka tabungan via BCA Mobile, kamu hanya perlu memastikan smartphone-mu udah sesuai dengan standar minimal yakni mengusung iOS 8 dan Android 4.4, pulsa yang cukup, sinyal stabil untuk video call dan kalau smartphone-mu dual sim card maka nonaktifkan salah satu terlebih dahulu.

Selain itu, siapkan foto eKTP lalu foto wajah dan tanda tangan. Tinggal tunggu di video call oleh petugas customer service dan beres deh. Gimana mudah kan kalau #JoinGenerasiSimpel dan #JoinGenerasiSimpelIDN?

2. Cari penghasilan tambahan

5 Tips Bisa Beli Rumah Sendiri Walau Gaji Level Fresh GraduateFoto hanya ilustrasi. (Unsplash.com/Sharon McCutcheon)

Selain mengandalkan gaji dari kantor, agar kamu bisa beli rumah sesegera mungkin adalah cari penghasilan tambahan. Gunakan waktu luang dan libur di weekend untuk mengerjakan hal-hal yang menghasilkan pundi-pundi, seperti berjualan online atau menjadi freelancer yang bayarannya biasa juga tak kecil lho.

3. Buang nafsu beli barang-barang gak penting

5 Tips Bisa Beli Rumah Sendiri Walau Gaji Level Fresh GraduateUnsplash.com/Artem Beliaikin

Biasa, fresh graduate yang baru dapat kerja akan terpengaruh untuk belanja-belanja karena merasa memiliki uang sendiri. Padahal hal ini gak baik lho. Alih-alih untung kamu malah bisa buntung. 

Agar bisa membeli rumah, ada baiknya kamu buang jauh nafsu belanjamu. Kalau diajak teman belanja dengan dalih ada diskonan, tolak. Pastikan dalam diri, kamu belanja karena butuh bukan pingin. Ingat, kamu ingin punya rumah sendiri kan? Tabung saja uangmu daripada belanja.

Baca Juga: 5 Cara Beli Rumah Sendiri Untuk Millennial, Sisihkan 30 Persen Gajimu

4. Mulai survey lokasi dan budget

5 Tips Bisa Beli Rumah Sendiri Walau Gaji Level Fresh GraduateUnsplash.com/Breno Assis

Agar semuanya pasti, kamu juga harus mulai survey lokasi dan memastikan budget rumah impianmu. Biasanya, rumah di pinggiran kota harganya akan jauh lebih terjangkau. Terlebih jika rumah yang kamu incar tergolong subsidi dari pemerintah, maka harganya bisa sangat terjangkau lho!

Kalau sudah survey dan menentukan budget maka akan lebih mudah untuk kamu menentukan sampai kapan mengumpulkan uang dan berapa besaran uang kamu sisihkan tiap bulan untuk menabung.

5. Terapkan hidup hemat di berbagai sisi

5 Tips Bisa Beli Rumah Sendiri Walau Gaji Level Fresh GraduateUnsplash.com/rupixen.com

Jika lokasi dan budget sudah dihitung, maka selanjutnya adalah praktikan gaya hidup hemat dalam hidupmu. Misal, pangkas biaya jajan dan makan dengan cara membawa bekal ke kantor dan mulai memasak. Lalu kamu juga bisa memangkas biaya transportasi ke kantor dengan cara naik kendaraan umum.

See, banyak cara kok bisa membeli rumah dengan gaji level fresh graduate. Gak ada alasan untuk gak bisa beli rumah!

Baca Juga: 5 Cara Beli Rumah Sendiri Untuk Millennial, Sisihkan 30 Persen Gajimu

Indra Prastha Photo Verified Writer Indra Prastha

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You