Comscore Tracker

Klaim Asuransi Jiwa Ribet? Baca Tips Ini untuk Menyederhanakannya

Gampang kok...

Sebenarnya asuransi bukanlah tempat untuk ganti rugi. Namun, asuransi merupakan tempat untuk berbagi rugi terhadap risiko yang mungkin akan dialami oleh seseorang. Salah satu jenis asuransi yang banyak diminati adalah asuransi jiwa. Setiap jenis asuransi memiliki cara klaim yang berbeda-beda. Meskipun ada beberapa syarat yang sama. Jika Anda tahu caranya, Anda bisa dengan cepat mencairkan dana asuransi Anda. Namun jika Anda tidak tau caranya, klaim asuransi akan menjadi berbelit-belit. Berikut ini adalah cara klaim asuransi jiwa dengan cepat yang bisa Anda lakukan :

Alasan pengajuan klaim harus jelas.

Klaim Asuransi Jiwa Ribet? Baca Tips Ini untuk Menyederhanakannyapanindai-ichilife asuransi jiwa

Di dalam asuransi ada pihak yang tertanggung. Sehingga jika orang yang Anda tanggung mengalami sakit kemudian meninggal dunia atau mengalami kecelakaan dan meninggal Anda berhak mengajukan klaim. Pihak asuransi hanya mau menerima pengajuan klaim jika pihak yang tertanggung meninggal akibat sebab alami.

Akta Kematian

Ada dokumen yang harus Anda siapkan ketika Anda akan mengajukan klaim. Salah satu dokumen itu adalah bukti kematian atau akta kematian. Pihak asuransi pun akan bertanya kepada Anda, beberapa hal yang berhubungan dengan pihak tertanggung misalnya nomor polis asuransi, status polis, kapan tertanggung meninggal dan lain-lain.

Isi Formulir

Cara klaim asuransi selanjutnya adalah Anda diwajibkan untuk mengisi formulir berisi bukti pernyataan klaim. Anda diwajibkan untuk mengisi formulir secara lengkap.

Sediakan dokumen pendukung.

Klaim Asuransi Jiwa Ribet? Baca Tips Ini untuk Menyederhanakannyamyceisonline.com

Tidak hanya akta kematian saja yang harus disiapkan, namun ada beberapa berkas atau dokumen pendukung yang harus Anda siapkan misalnya saja polis dan juga endorsement yang asli, surat berisi keterangan dokter berisi penyebab kematian dari pihak yang tertanggung, akta kematian dari pamong praja, surat bukti pemakaman dari dinas pemakaman dan yang terakhir adalah surat keterangan autopsi jenazah.

Perhitungan

Setelah semua sudah selesai, langkah selanjutnya adalah perusahan akan menganalisa kemudian melakukan perhitungan berapa jumlah dana yang harus dibayarkan kepada ahli waris.  Perusahaan asuransi baru akan mencairkan dana jika klaim dianggap benar dan juga sah. Jika sudah benar dan sah, pihak asuransi akan meminta no rekening Anda. Pencairan dana tersebut biasanya membutuhkan waktu yang lama terutama jika dana asuransi nilainya mencapai 1 miliar rupiah.

Bagi Anda yang menginginkan asuransi tanpa menggunakan klaim yang bertele-tele atau ribet. Ada beberapa product asuransi yang bisa Anda pilih dimana masing-masing asuransi itu memiliki keistimewaan atau keunggulan sendiri-sendiri. 

Hasan Joe Armstrong Photo Community Writer Hasan Joe Armstrong

Aku adalah seorang penulis dan ingin berbagi informasi untuk kalian semua. :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You