Comscore Tracker

4 Keuntungan Menabung sejak Dini, Biar Gak Nyesel yuk!

Yuk, sisihkan uang kamu dari sekarang untuk menabung

Jakarta, IDN Times - Dari kecil kita sudah diajarkan untuk menabung. Berawal dari uang orang tua, perlahan-lahan kita mulai menabung menggunakan uang saku kita sendiri. Namun tidak sedikit dari kita yang kini mulai lupa kebiasaan menabung tersebut.

Apalagi setelah punya gaji atau penghasilan sendiri, kita jadi terlena untuk membeli banyak macam barang seperti makanan, fesyen, dan keinginan lainnya. Padahal kita juga perlu lho menyisihkan uang kita untuk ditabung. Berikut ini adalah empat keuntungan menabung sejak dini.

Baca Juga: 6 Keuntungan Menabung di Bank, Bisa Dapat Bunga hingga Hadiah!

1. Persiapan jika ada hal penting tidak terduga

4 Keuntungan Menabung sejak Dini, Biar Gak Nyesel yuk!Ilustrasi Kecelakaan Kendaraan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Idealnya, kita harus mempersiapkan dana darurat untuk hidup kita. Nah biasanya jumlah ideal dari dana darurat ini adalah 6 kali pengeluaran kamu per bulannya. Dengan dana darurat, kamu bisa mengantisipasi jika ada kebutuhan mendesak yang tidak terduga.

Alih-alih meminjam, lebih baik menggunakan dana darurat ini, bukan? Karena itu mulai menabung untuk mencapai 6 kali dana darurat dari sekarang yuk!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Menabung dari Sekarang, agar Bisa Senang-senang!

2. Awal dari kamu berinvestasi

4 Keuntungan Menabung sejak Dini, Biar Gak Nyesel yuk!Ilustrasi Diversifikasi Investasi (IDN Times/Shemi)

Banyak yang salah kaprah dengan berinvestasi dulu padahal belum punya tabungan dan dana darurat. Padahal menabung sejak dini merupakan fondasi awal sebelum berinvestasi.

Kalau kamu sudah mempersiapkan dana darurat, termasuk juga menghitung pengeluaran kamu per bulannya, kamu bisa berinvestasi dengan aman. Pastikan dana investasi yang kamu keluarkan bebas dari dana darurat dan kebutuhan bulanan tersebut atau istilahnya "dana dingin" atau "uang nganggur".

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menabung Demi Cerahnya Masa Depan Finansial

3. Menabung sejak dini untuk impian besar kamu

4 Keuntungan Menabung sejak Dini, Biar Gak Nyesel yuk!Ilustrasi Kredit Cicilan Rumah. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kalau kamu sudah membiasakan menabung sejak dini, kamu tidak akan kesulitan untuk mencapai impian besar kamu lho. Misalnya kamu ingin menikah atau membeli rumah, pasti dibutuhkan banyak uang, bukan?

Kamu gak bakal rugi menabung sejak dini meski kamu belum tahu kapan akan menikah atau membeli rumah.

4. Manajemen keuangan kamu makin baik

4 Keuntungan Menabung sejak Dini, Biar Gak Nyesel yuk!Ilustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Sadarkah kamu, ketika kamu menabung sejak dini, kamu sudah belajar manajemen keuangan yang baik, seperti berhemat. Kamu berhasil menyisihkan pendapatan kamu untuk kebutuhan, impian kamu, berinvestasi dan juga beramal.

Kamu tahu kapan harus mengeluarkan uang kamu dan untuk apa. Menabung sejak dini juga bisa membantu kamu mencegah berutang ke orang lain.

Sudahkah kamu menabung? Jika belum, yuk menabung dari sekarang, tidak ada kata terlambat!

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya