Comscore Tracker

Awal Pekan, Rupiah Ditutup Menguat Tipis terhadap Dolar

Menguat juga terhadap mata uang lainnya

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin (26/10/2020) ditutup menguat tipis terhadap dolar AS. Rupiah bertengker di posisi Rp14.659 per dolar AS atau naik 36 poin sebesar 0,24 persen.

"Rupiah bergerak tipis hari ini meski menguat. Penguatan rupiah mungkin didukung oleh net buy asing di Bursa Efek Indonesia yang mendorong penguatan IHSG," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Senin (26/20/2020) dilansir dari ANTARA.

1. Rupiah masih dibayangi stimulus AS

Awal Pekan, Rupiah Ditutup Menguat Tipis terhadap DolarDonald Trump bersama pendukungnya (Twitter.com/realDonaldTrump)

Kendati menguat, lanjut Ariston, kebuntuan negosiasi stimulus AS dan meningkatnya kasus penularan COVID-19 di dunia membayangi pergerakan mata uang Garuda hari ini. Kekhawatiran pasar terhadap kemungkinan terganggunya pemulihan ekonomi karena masih mandeknya negosiasi stimulus AS, mendorong pasar mencari aman di dolar AS.

"Stimulus fiskal AS yang belum jelas dan meningkatnya kasus COVID-19 di dunia, menahan penguatan rupiah tersebut," ujar Ariston.

Baca Juga: Rupiah Senin Pagi Stagnan karena Stimulus Amerika Serikat

2. Menguat tipis terhadap mata uang lainnya

Awal Pekan, Rupiah Ditutup Menguat Tipis terhadap DolarIlustrasi dolar Amerika (IDN Times/Mela Hapsari)

Selain dolar, rupiah juga menguat terhadap sejumlah mata uang lain, seperti dolar Australia, yuan Tiongkok, euro, pound, dan yen Jepang. Rupiah menguat menjadi 10.465 per dolar Australia; 2.189 per yuan Tiongkok, 17.331 per euro, 19.140 terhadap pound dan 139,77 per yen Jepang.

3. Rupiah dibuka stagnan

Awal Pekan, Rupiah Ditutup Menguat Tipis terhadap Dolarilustrasi uang (IDN Times/Umi Kalsum)

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin (26/10/2020) pagi bergerak stagnan. Stagnan rupiah disebabkan belum adanya titik temu paket stimulus lanjutan di Amerika Serikat.

Hingga pukul 10.15, rupiah berada pada level 14.665 per dolar AS. Dengan titik terendah pagi ini di level 14.650 per dolar dan titik tertinggi 14.695 per dolar.

Baca Juga: Sempat Dibuka Menguat, Rupiah Kini Tertekan Faktor Stimulus AS

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya