Comscore Tracker

Cara Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam Duit

Niat membantu boleh, tapi jangan sampe kamu yang dirugikan

Jakarta, IDN Times - Meminjamkan duit ke teman itu sebenarnya bukanlah hal yang buruk. Sebaliknya justru menambah pahala karena kamu nolongin orang yang kesusahan. Tapi yang bikin dilema tuh kalau ada teman yang hobinya utang melulu, tapi pas ditagih langsung pura-pura amnesia. Duh, pastinya kesal, kan? 

Nah, buat kamu yang punya tipe teman seperti itu, nggak perlu khawatir. Dilansir dari laman Finansialku, berikut cara cerdas menghadapi teman yang suka meminjam uang.

Baca Juga: Deretan Tips Simpel Agar Hidupmu Tak Dihantui Utang!

1. Jangan Ragu Kasih Peringatan

Cara Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam DuitIlustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Kadang kita suka merasa tidak enak untuk memperingatkan teman yang meminjam uang. Kamu pasti merasa takut bisa merusak pertemanan kan? Padahal, kamu perlu melakukannya. Tidak perlu merasa tidak enak. Kalau dia sadar dan tau diri, dia pasti nggak akan baper saat kamu beri peringatan soal pinjamannya.

Ingat, kamu kan juga butuh uang. Jangan lupa untuk dikomunikasikan secara baik-baik terkait utang yang dia miliki kepadamu. 

2. Minta Jaminan, Kenapa Tidak?

Cara Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam DuitIlustrasi Aset (IDN Times/Mardya Shakti)

Baca Juga: Penting! Ini Bedanya Utang Baik dan Utang Buruk

Kamu bisa minta jaminan kepada teman atau saudara kamu yang meminjam. Bentuknya beragam, bisa berupa barang berharga yang ia miliki seperti BKPB kendaraan atau surat berharga lainnya.

Jika kamu meminjamkan uang ke teman atau saudara yang tidak dekat denganmu. Kemukakan alasan kenapa kamu minta jaminan secara baik ya.

3. Datang Langsung ke Tempat Tinggalnya

Cara Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam DuitIlustrasi utang (IDN Times/Arief Rahmat)

Jika kamu sudah memberinya peringatan dan menagih melalui pesan atau telepon namun tidak ada jawaban, ada baiknya kamu mendatanginya secara langsung.

Saat datang, pastikan kamu tetap menunjukkan sikap baik dan tegas, ya. Kamu juga bisa mengajak orang ketiga untuk membantu menyelesaikan masalah ini.

Jika kamu merasa dirugikan dengan nominal yang besar, kamu bisa mempertimbangkan Ketua RT, RW, hingga polisi untuk melakukan mediasi terkait masalah utangmu.

Baca Juga: Hidup Bebas dari Jeratan Utang? Ini Tipsnya!

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya