Comscore Tracker

Cara Pemasaran Ini Sederhana tapi Efektif Raup Untung, Mau Coba?

Banyak yang bilang ketinggalan zaman tapi paling efektif loh

Jakarta, IDN Times - Banyak orang mengatakan pemasaran langsung melalui email sudah mati. Dilansir Entrepreneur, kenyataannya penelitian telah membuktikan bahwa tingkat respons pelanggan melalui email langsung jauh lebih tinggi daripada semua gabungan bentuk iklan lainnya. Hal ini karena masyarakat semakin melek teknologi digital.

Pemasaran melalui email langsung punya keunggulan karena punya keakuratan data yang telah bertahan lama dan sudah ada sejak beberapa dekade lalu. Selain itu pemasaran melalui email langsung punya kesan bisnis yang sangat nyata dan nyata.

Nah berikut ini tiga cara memaksimalkan pemasaran melalui email langsung biar kamu makin untung.

1. Digitalisasi email yang akan makin memudahkan kamu

Cara Pemasaran Ini Sederhana tapi Efektif Raup Untung, Mau Coba?Ilustrasi Surel (E-mail) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Jika dilakukan dengan benar dan dengan integrasi teknologi yang tepat, pemasaran melalui email langsung dapat menciptakan pengalaman yang lebih berkesan bagi pelanggan ideal usaha kamu. Sebagai contoh, perusahaan PostcardMania yang bergerak di jasa pemasaran melalui email langsung.

Baru-baru ini, startup PostcardMania berintegrasi dengan perusahaan website asal Amerika Serikat, Zapier serta ratusan Customer Relationship Management (CRM) atau Manajemen hubungan pelanggan dan mengirim kartu pos yang ditargetkan ke saluran pemasaran mereka berdasarkan pemicu tertentu seperti tanggal atau musim.

Dengan integrasi tersebut memungkinkan kamu mengirim email ke konsumen atau pelanggan baru secara otomatis, mengirim informasi promosi atau diskon, mendorong penjualan hingga mendapatkan peluang upselling dari pelanggan.

Baca Juga: Duh! Banyak UMKM di Daerah yang Tidak Tahu Pemasaran melalui Digital

2. Integrasi kirim email langsung ke dalam kampanye pemasaran

Cara Pemasaran Ini Sederhana tapi Efektif Raup Untung, Mau Coba?Unsplash.com/Kon Karampelas

Usaha yang menggunakan pemasaran melalui email langsung sekarang dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran kamu.

Dengan menggunakan URL yang dipersonalisasi, QR code, atau bahkan kode SMS, membuat klien potensial terhubung dengan usaha kamu secara online dan meningkatkan tingkat respons. Integrasi ini membuat pelacakan prospek dan pendapatan menjadi proses yang sangat mudah dibandingkan dengan sebelumnya.

3. Pemasaran pakai email langsung bisa dapat data akurat pelanggan

Cara Pemasaran Ini Sederhana tapi Efektif Raup Untung, Mau Coba?Ilustrasi platform berita (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dengan cara ini kamu tidak hanya mendapatkan profil pelanggan kamu. Kamu juga bisa mendapat alamat IP, nama belakang, nama depan, lingkungan bahkan tanggal polis asuransi habis pelanggan kamu.

Sebuah usaha dapat memanfaatkan data ini untuk berbicara langsung kepada penerima atau pelanggan kamu satu per satu di setiap bagian surat. Teknologi ini disebut data variabel dan pasti bisa mendapatkan perhatian dari target pasar yang kamu tuju.

Baca Juga: Hadapi COVID-19, Bisnis Properti Ubah Pola Pemasaran ke Digital Marketing 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya