Comscore Tracker

Jangan Terkecoh! Ini 10 Trik Supermarket yang Bikin Kalap Belanja

Jadi boros deh, kamu korbannya?

Berapa kali kamu ke supermarket dalam satu bulan? Mungkin bahkan jari-jari tanganmu tak cukup untuk menghitungnya. Tempat yang nyaman dan bersih, membuat banyak orang memilih supermarket sebagai tempat untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Dan sudah berapa kalikah kamu membeli barang-barang yang tak ada dalam daftar awal saat kamu masuk ke super market? Niatnya beli A dan B, tapi saat keluar dari supermarket kamu malah membeli A,B,C,D,E dan bahkan barang-barang yang tidak berfaedah sama sekali.

Sadar nggak sih, supermarket itu bukan hanya sebagai tempat belanja namun juga sebagai tempat yang penuh dengan rintangan psikologis? Karena begitu banyak trik yang digunakan agar kamu tergoda menghabiskan lebih banyak uang dengan belanja lebih dari yang dibutuhkan. 

Oleh karena itu, kamu harus tahu trik apa saja yang mereka gunakan sehingga kamu dapat 'mempersenjatai' dirimu agar tak tergoda dan malah kalap belanja ini-itu. Yuk pelajari apa saja trik yang sering mereka gunakan!

1. Kereta belanja yang lebar sehingga dapat membawa banyak barang

Jangan Terkecoh! Ini 10 Trik Supermarket yang Bikin Kalap Belanjathelocal.de

Saat masuk ke supermarket, hal pertama yang kita lakukan adalah mencari kereta ataupun keranjang barang agar mudah membawa hasil belanjaan nantinya. Beberapa supermarket menyediakan kereta dengan berbagai macam ukuran, namun ada pula supermarket yang hanya menyediakan satu ukuran kereta yaitu yang paling besar.

Dan hal ini juga merupakan trik pemasaran lho! Semakin besar kereta belanja yang kamu bawa, semakin besar pula keinginanmu untuk membuatnya penuh dengan barang-barang. Konsultan pemasaran dan penulis, Martin Lidstrom mengatakan "Ukuran gerobak yang besar dapat membuat pelanggan membeli barang 19 persen lebih banyak".

2. Musik yang selalu menggema di semua supermarket

Jangan Terkecoh! Ini 10 Trik Supermarket yang Bikin Kalap Belanjapixfeeds.com

Musik dapat mempengaruhi mood seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa musik yang keras membuat orang bersemangat dan mendorong seseorang untuk bergerak cepat. Dan tentunya pemilik supermarket tak menginginkan itu. Karena jika seseorang bergerak dengan cepat ia hanya akan melihat sekilas pada barang lain yang tak ada dalam daftar belanjaannya, sehingga ia tidak tergoda untuk membeli yang lain.

Berbeda dengan musik lambat yang dapat membuat seseorang menjadi rileksdan akhirnya secara perlahan menyusuri setiap rak yang ada di supermarket. Dan tentu saja persentase ia membeli barang yang tak ada dalam daftar semakin meningkat.

3. Mengubah letak produk secara berkala

Jangan Terkecoh! Ini 10 Trik Supermarket yang Bikin Kalap Belanjacouriermail.com.au

Pernah mengalami kebingungan karena letak barang di supermarket langganan mendadak berubah? Meski tak selalu, namun terkadang ini juga merupakan trik pemasaran lho!

Dengan mengubah posisi produk secara berkala membuat pelanggan yang telah hafal dengan letak produk yang ingin dibelinya, terpaksa harus memutari seluruh bagian rak toko untuk mencari barang yang ia inginkan.

Dan tentu saja hal ini membuka peluang seseorang untuk membeli produk-produk lainnya yang mereka lewati saat mencari produk yang mereka inginkan semakin membesar.

4. Letak barang sesuai dengan usia dan ukuran tubuh

Jangan Terkecoh! Ini 10 Trik Supermarket yang Bikin Kalap Belanjasupermarketnews.com

Kalian pasti sadar, saat berbelanja ke supermarket kamu tak mungkin melihat produk yang menarik minat anak kecil seperti permen, makanan, dan yang lainnya di tempatkan di luar jangkauan anak-anak.

Dan kamu juga tak mungkin menemukan benda-benda favorit remaja dan orang dewasa berada di bagian paling bawah rak. Hal ini memang disengaja, untuk menarik perhatian pelanggan sesuai dengan umur dan ukuran tubuh mereka sehingga pelanggan tergiur untuk membeli produk tersebut.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Belanja di Pasar Tradisional

5. Beli banyak berarti harga lebih murah?

Jangan Terkecoh! Ini 10 Trik Supermarket yang Bikin Kalap Belanjascontent-frx5-1.cdninstagram.com

Saat berbelanja di supermarket, akan selalu ada produk yang sedang promo dengan menawarkan harga lebih murah jika membeli beberapa banyak dari produk tersebut. Dan kamu terkecoh dengan hal itu. Memang tak semua namun kebanyakan saat kamu menghitungnya dengan cermat kamu akan mendapati bahwa harganya sama saja.

Apalagi jika kamu membandingkannya dengan membeli di toko kelontong yang bukan supermarket. Harganya akan sama saja, malah kadang tetap lebih mahal di supermarket dibanding toko lainnya.

6. Tulisan diskon atau sale yang sengaja dibuat besar dan mencolok

Jangan Terkecoh! Ini 10 Trik Supermarket yang Bikin Kalap Belanjascoopnest.com

Siapasih yang tak tergiur saat melihat ada tulisan diskon di sebuah produk? Semua pasti langsung mendekat untuk melihat harga barang yang telah di diskon tersebut. Apalagi jika ada tulisan harga awal yang dicoret dan menunjukkan bahwa harga setelah dan sebelum didiskon memiliki selisih yang cukup besar.

Pasti semua tangan pelanggan langsung gatal ingin mencomot produk tersebut. Bahkan ketika produk itu tak ada di daftar belanja awal saat mereka memasuki supermarket. Siapa nih yang sering mengalaminya?

7. Memisahkan letak barang yang saling berhubungan

Jangan Terkecoh! Ini 10 Trik Supermarket yang Bikin Kalap Belanjastayathomemum.com.au

Beberapa supermarket menerapkan trik memisahkan rak barang yang saling berhubungan. Misalnya perlatan mandi, kamu akan menemukan berbagai jenis sabun di rak pertama. Namun untuk menemukan shampoo, sikat gigi, dan odol kamu harus berputar-putar disekitar rak itu terlebih dahulu untuk dapat memperoleh seluruh perlengkapan mandi yang kamu butuhkan.

8. Jalur kasir yang sempit

Jangan Terkecoh! Ini 10 Trik Supermarket yang Bikin Kalap Belanjacanadajobseekers.com

Sebagian orang terkadang mulai sadar bahwa yang dibelinya adalah barang yang tidak bermanfaat saat ia tengah mengantri untuk membayar dikasir. Dan untuk mengantisipasi pelanggan yang berputar arah untuk meletakkan kembali produk yang telah dipilihnya, supermarket membuat jalur di kasir berukuran sempit. 

Sehingga membuat seseorang susah ataupun tidak bisa berbalik meninggalkan kasir. Dan akhirnya mereka harus pasrah tak bisa mengembalikan barang yang baru mereka sadari tidak bermanfaat itu.

9. Penawaran diskon dengan waktu yang terbatas

Jangan Terkecoh! Ini 10 Trik Supermarket yang Bikin Kalap Belanjaaspensnacks.com

Pernah melihat diskon yang terbatas oleh waktu yang sangat sebentar? Ini adalah salah satu trik yang di gunakan supermarket untuk membuat seseorang memiliki pemikiran 'harus beli produk itu sekarang, karena belum tentu kapan produk itu akan di diskon lagi'. 

Pikiran untuk membeli produk tersebut sesegera mungkin pun tak dapat terelakkan. Dan akhirnya kalian akan membeli barang diskon terbatas itu meski dirumah stok kalian akan barang tersebut masih ada ataupun banyak.

10. Pemanis di akhir perjalanan

Jangan Terkecoh! Ini 10 Trik Supermarket yang Bikin Kalap Belanjatheconversation.com

Hampir semua supermarket meletakkan coklat dan permen di bagian kasir mereka. Hal ini sengaja dilakukan untuk membuat pelanggan tergiur akan hal yang manis tersebut.  Apalagi saat di kasir kamu akan menunggu cukup lama sebelum akhirnya berhasil membayar seluruh belanjaanmu.

Sehingga benda-benda manis itu akan mulai menggoda imanmu dan merayumu untuk membawa mereka pulang bersamamu. Karena setelah selesai berputar-putar di dalam supermarket kamu merasa makan yang manis-mannis akan menghilangkan rasa lelahmu.

Nah, itu dia 10 trik yang dilakukan supermarket agar membuat dirimu secara tak sadar membelanjakan lebih banyak uang dibanding rencana awal. Ada yang sering jadi korban? Kamu korban trik nomer berapa dari daftar di atas?

Baca Juga: 6 Manfaat Luar Biasa Ketika Kamu Lebih Memilih Belanja Offline

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You