Comscore Tracker

5 Trik Unik Kelola Uang Biar Lebih Hemat, Cewek Wajib Kuasai!

Hemat pangkal kaya

Dompet memang seperti benda ajaib yang bisa menampung berbagai macam benda penting yang kita perlukan. Mulai dari uang kertas, uang receh, kartu debit, kartu kredit, kartu identitas, sampai nota-nota belanja yang sudah setahun pun ada di dalam dompet kita. Menurut situs Woman's Day dengan mengatur isi dompet bisa membantu penghematan. Wah, kok bisa?

Yuk, lakukan trik di bawah ini supaya hidupmu lebih hemat hanya dengan mengatur isi dompetmu!

1. Bawa uang pecahan besar

5 Trik Unik Kelola Uang Biar Lebih Hemat, Cewek Wajib Kuasai!indonesia-ottawa.org

Menurut penelitian yang dilakukan University of Maryland, di Amerika Serikat, seseorang biasanya berpikir dua kali ketika harus membeli sesuatu dengan uang pecahan besar. Misalnya, ketika kamu ingin membeli ikat rambut yang harganya Rp13 ribu, sementara uang yang ada di dompetmu Rp100 ribu. Karena gak rela uang Rp100 ribu pecah (yang akhirnya nanti cepat habis), kemungkinan besar kamu akan mengurungkan niat untuk membeli ikat rambut tersebut.

2. Pisahkan uang logam

5 Trik Unik Kelola Uang Biar Lebih Hemat, Cewek Wajib Kuasai!pxhere.com

Sebelum beraktivitas di pagi hari, biasakan untuk menghitung uang yang ada di dompetmu, termasuk uang receh. Tujuannya adalah supaya mempermudah kamu melakukan transaksi, seperti membayar tiket kereta, makan siang, dan lain sebagainya. 

Pisahkan uang logam dari uang kertas dengan cara menyimpannya di dompet terpisah yang dikhususkan untuk menyimpan uang logam saja. Kalau sudah begitu, dompetmu gak akan terlihat bengkak, berat dan sulit ditutup. Kamu juga jadi lebih mudah mencari kalau membutuhkan uang recehan.

3. Pakai dompet tipis

5 Trik Unik Kelola Uang Biar Lebih Hemat, Cewek Wajib Kuasai!pxhere.com

Kamu pernah mikir-mikir buat beli dompet baru yang sedikit slot kartunya? Coba deh! Cara ini akan membantumu mengurangi jumlah kartu yang selalu dibawa dalam dompet. Kamu pun bisa lebih hemat. Apalagi kalau dompet tipismu mulai terlihat bengkak. Ini bisa menjadi alarm untukmu supaya segera mengevaluasi lagi isi dompet.

Baca Juga: 5 Tips Hemat biar Selalu Punya Uang untuk Traveling, Tak Lagi Wacana!

4. Jangan taruh nomor PIN di dompet

5 Trik Unik Kelola Uang Biar Lebih Hemat, Cewek Wajib Kuasai!fluentin3months.com

Keuanganmu bisa langsung ludes kalau kamu sembarangan menyimpan nomor pin rahasia. Oleh karena itu, hindari menyimpan nomor pin kartu ATM, kartu kredit dan kartu penting lainnya di dalam dompet. 

Kenapa? Kalau dompetmu hilang, si pencuri tentu saja bisa tahu nomor PIN tersebut dan mengambil semua uangmu. Kalau memang mau dicatat, sebaiknya catatlah di atas secarik kertas dan simpan di rumahmu, di tempat tersembunyi.

5. Susun uang kertas

5 Trik Unik Kelola Uang Biar Lebih Hemat, Cewek Wajib Kuasai!unsplash.com/@seteales

Gimana caranya menyusun uang kertas dalam dompetmu supaya gak bercampur-campur seperti sambal lado? Coba deh, atur uang kertas dalam dompet di posisi sama. Lalu urutkan dari pecahan kecil sampai ke pecahan besar. Cara ini akan memudahkanmu untuk mengetahui berapa banyak uang di dalam dompet dan sudah berapa banyak uang yang kamu habiskan dalam sehari.

Ladies, itulah beberapa trik mengatur isi dompetmu demi penghematan. Paling tidak, seminggu sekali bersihkan dompetmu. Kamu bisa mengeluarkan nota-nota belanja, menata kembali uang kertas, mengeluarkan uang recehan yang nyasar di dompet, dan lain sebagainya.

Ketahuilah, dompet yang bersih dan rapi adalah cerminan pribadi yang teratur.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Menghemat Uang Saat Traveling ke Luar Negeri

Iffah Zehra Photo Community Writer Iffah Zehra

Creative Writer. Novelist. A Student. IG: @iffahzehra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You