Comscore Tracker

Hati-hati, Jangan Lakukan Transaksi dengan Kartu Debit di 5 Tempat Ini

Hati-hati ya!

Zaman memang makin hari makin canggih. Sekarang tentunya kita bisa melakukan transaksi non tunai dengan menggunakan kartu debit. Entah itu untuk membeli sesuatu, bayar makan bahkan membayar tagihan tertentu kini bisa menggunakan kartu debit. Sayangnya dari segi keamanan penggunaan kartu debit untuk transaksi ini kurang.

Bahkan tak jarang menimbulkan risiko kejahatan dan penipuan. Meski praktis, lebih baik tak menggunakan kartu debit di lima tempat ini ya!

1. Pom bensin

Hati-hati, Jangan Lakukan Transaksi dengan Kartu Debit di 5 Tempat Inilivemint.com/

Membayar bensin atau solar dengan menggunakan kartu debit memang mempermudah transaksi. Namun dari segi keamanan sangat kurang karena kartumu bisa dijiplak dengan mudah oleh oknum kejahatan. Bahkan mereka bisa mengetahui informasi yang ada dalam kartu debitmu termasuk berapa nominal yang ada di dalamnya. So, lebih baik bayar tunai saja kalau hanya membeli bahan bakar untuk kendaraan daripada berisiko.

2. Outdoor ATM

Hati-hati, Jangan Lakukan Transaksi dengan Kartu Debit di 5 Tempat Inibankrate.com/

Biasanya tentu kita menemukan mesin ATM yang terdapat dalam suatu ruangan. Namun kini kita pun banyak menemukan mesin ATM yang 'disimpan' di luar seperti di minimarket, swalayan ataupun toserba. Sayangnya mesin ATM yang disimpan di luar ini kurang aman karena kurang terpantau.

Bisa saja kartumu diretas dan nominal uang yang ada dalam kartumu diambil habis oleh oknum kejahatan. So, lebih baik berhati-hati untuk mengambil uang dalam mesin ATM ya!

Baca Juga: Punya Kartu Kredit Itu Untung atau Rugi Sih? Baca 3 Poin Ini Dulu Yuk

3. Resto

Hati-hati, Jangan Lakukan Transaksi dengan Kartu Debit di 5 Tempat Inicapitecbank.co.za

Tentunya kini kamu pun bisa dengan mudah membayar tagihan makan di resto tanpa perlu repot-repot mengeluarkan uang tunai. Namun kamu harus pilih-pilih mana resto yang memang aman dan mampu menjaga rahasia yang ada dalam kartu debitmu. Karena bisa saja informasi yang ada dalam kartumu diretas oleh mereka. Oleh sebab itu pastikan resto yang kamu pilih memang terpercaya sebelum memutuskan membayar dengan kartu debit.

4. Tempat yang memiliki self service

Hati-hati, Jangan Lakukan Transaksi dengan Kartu Debit di 5 Tempat Initelegraph.co.uk/

Tempat yang biasa memiliki self service adalah mesin tiket transportasi umum serta mesin parkir misalnya. Biasanya alat yang ada dalam self service langsung memindai kartu debitmu yang tentunya bukan gak mungkin alat tersebut mencatat informasi penting dan rahasia apa yang ada dibalik kartumu. Oleh sebab itu sebaiknya bayar tunai saja kalau hanya sekedar membayar parkir atau bayar tiket transportasi.

5. Transaksi online

Hati-hati, Jangan Lakukan Transaksi dengan Kartu Debit di 5 Tempat Initelegraph.co.uk/

Internet memang memudahkan kita bertransaksi tanpa perlu repot-repot mengeluarkan uang cash. Namun ada baiknya hati-hati saat berbelanja online dengan kartu debit karena dunia maya merupakan ladang yang subur bagi oknum kejahatan. Kartumu bisa saja diretas dan dikuras nominalnya oleh para oknum kejahatan itu. Lebih baik mencegah bukan daripada mengobati? Nah mulai saat ini berhati-hati ya demi kebaikan dirimu sendiri!

Baca Juga: Selain Cicilan, Ini 5 Biaya yang Harus Kamu Siapkan Kalau Kredit Mobil

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You