Comscore Tracker

3 Langkah Mudah Memilih Asuransi Online

Antiribet, guys!

Jakarta, IDN Times - Memilih asuransi kini tak perlu ribet bertemu agen. Apalagi di tengah pandemik seperti saat ini. Bermodal smartphone, kamu bisa membeli asuransi secara online kapan saja dan di mana saja.

Tapi, kamu juga harus cermat agar tidak salah pilih asuransi. Makin banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan pembelian polis secara online. Apa saja yang musti diperhatikan? Simak tips berikut, ya!

Baca Juga: Begini Cara Hitung Uang Pertanggungan pada Asuransi Jiwa

1. Cek reputasi perusahaan asuransi

3 Langkah Mudah Memilih Asuransi Onlineunsplash/Helloquence

Untuk memastikan kredibilitas perusahaan asuransi, kamu bisa cek rasio solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) perusahaan asuransi yang kamu pilih. RBC menunjukkan kesehatan keuangan. Apabila RBC suatu perusahaan asuransi kian besar, semakin sehat kondisi keuangan perusahaan tersebut.

OJK telah menetapkan rasio minimal untuk RBC perusahaan asuransi jiwa sebesar 120 persen. Pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK, ya. Ini untuk menjamin bahwa asuransi online yang akan kamu beli aman.

2. Kenali kebutuhan dan sesuaikan produk asuransi dengan kemampuan finansial

3 Langkah Mudah Memilih Asuransi Onlinefreepik.com

Membeli produk asuransi tidak sama dengan membeli produk-produk tangible (dapat dilihat, disentuh) contohnya seperti mobil, rumah dan lainnya. Pada dasarnya produk asuransi termasuk intangible (tidak dapat dilihat, disentuh), namun efeknya bisa dirasakan seumur hidup.

Oleh karena itu, pertimbangan awal yang dilakukan secara matang sangat menentukan. Kenali kebutuhanmu, lalu sesuaikan produk asuransi yang terjangkau dengan finansialmu.

Baca Juga: Asuransi Apa yang Cocok untuk Gen Z?

3. Lakukan riset sebelum membeli produk asuransi online

3 Langkah Mudah Memilih Asuransi OnlineIlustrasi Riset (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelum membeli asuransi online, lakukan riset beberapa produk. Dengan demikian, kamu bisa memperoleh produk asuransi yang sesuai kebutuhanmu. Perlu diketahui, premi yang ditawarkan asuransi online umumnya lebih terjangkau. Sebab, produk ini tidak membebankan komisi atau marketing fee untuk agen pemasar.

Selain itu, pilih asuransi online yang memungkinkan kamu bertransaksi lebih cepat. Saat mendaftarkan diri pada asuransi online, kamu cukup membaca detail informasi produk. Manfaatkan fitur kalkulator dengan mengisi usia dan manfaat atau uang pertanggungan (UP) yang ingin diperoleh untuk mengetahui ilustrasi premi.

Kamu tinggal mengisi formulir, lalu mengunggahnya secara online. Jika semua persyaratan telah dipenuhi, dalam 5 menit kamu telah terproteksi. Polis pun akan dikirim otomatis melalui email. Ini jauh lebih cepat ketimbang proses pembelian asuransi konvensional yang memakan waktu hitungan minggu.

Mudah kan? Yuk, mulai kenali proteksi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Kesehatan Kamu Ditolak

Topic:

  • Indiana Malia
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya