Comscore Tracker

4 Peluang Usaha Paling Menjanjikan di 2021

Selalu ada peluang kalau kamu cermat menganalisanya!

Jakarta, IDN Times - Menjalankan bisnis di tengah situasi pandemik COVID-19 memang gampang-gampang susah. Kamu harus menentukan bisnis yang ingin dijalankan, lalu mempelajari peluang usahanya.

Tetapi, jangan khawatir, guys. Selalu ada peluang kalau kamu cermat menganalisanya. Berikut 5 peluang usaha menjanjikan di 2021 ini, semoga menginspirasi, ya!

Baca Juga: Bisnis Berbasis ESG Justru Untungkan Pelaku Usaha, Kenapa?

1. Manfaatkan kemampuanmu dengan membuka kursus online

4 Peluang Usaha Paling Menjanjikan di 2021Ilustrasi belanja online (IDN Times/Arief Rahmat)

Kamu punya keahlian di bidang tertentu, atau ada bakat terpendam? Jangan sia-siakan. Mulailah bisnis kursus online sebagai sampingan dari pekerjaan utama, misalnya mengajar kursus membuat kue. Kamu bisa persiapkan tutorialnya, lalu unggah di platform YouTube yang hanya bisa diakses oleh peserta.

Hanya bermodal kuota internet, kamu bisa menjalankan bisnis tersebut. Jangan lupa, lakukan promosi di media sosial yang kamu punya.

2. Sewakan saja mobilmu

4 Peluang Usaha Paling Menjanjikan di 2021Ilustrasi mobil (IDN Times/Umi Kalsum)

Di tengah pandemik seperti saat ini, orang akan merasa lebih aman bepergian dengan kendaraan pribadi alih-alih memakai transportasi umum. Kalau kamu punya mobil dan tidak berniat menggunakannya ke mana pun, sewakan saja melalui marketplace.

Kamu bisa sewakan untuk harian dengan tarif per jam. Tapi banyak juga lho yang mencari sewa mobil jangka panjang, terutama untuk dipakai jadi taksi online. Tetapi, hati-hati, ya. Pastikan penyewa adalah orang yang bertanggung jawab. Dan buatlah kontrak sewa yang rinci dan mengikat secara hukum. 

3. Gak pake modal, jadi dropshipper saja

4 Peluang Usaha Paling Menjanjikan di 2021Ilustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Kalau kamu gak punya modal, bisnis jadi dropshipper adalah langkah yang tepat. Bila ditekuni, penghasilannya tidak main-main lho.

Model bisnis dropship ini mirip dengan reselling, jadi hasil keuntungannya berasal dari selisih harga yang kamu terima dari pembeli untuk membeli produk dari penjual. Enaknya menjadi dropshipper adalah kamu tidak perlu punya gudang sendiri. Sebab, penjuallah yang akan mengirimkan barang ke konsumen. 

Baca Juga: Sulit Andalkan Bioskop, Industri Film Disarankan Ubah Model Bisnis

4. Buka jasa pembuatan website

4 Peluang Usaha Paling Menjanjikan di 2021Ilustrasi bekerja di rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Kalau kamu seorang web developer, tidak ada salahnya loh menekuni bisnis ini. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Kalau kamu pandai promosi, tentu keuntungannya menjanjikan.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kerjasama dengan pihak lain. Sebuah website akan membutuhkan domain dan hosting agar bisa online. Jadi, kamu juga bisa sekaligus menjadi reseller hosting dan domain.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengubah Hobi Menjadi Peluang Usaha, Layak Dicoba! 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya